Type to search

SEO

4 Trend Konten SEO yang Diprediksi Mewarnai 2020

Mengintip Trend SEO Konten 2020

Dalam hitungan hari kita akan memasuki tahun 2020. Saatnya untuk mengevaluasi strategi bisnis yang kita jalankan sepanjang 2019 dan membuat rencana untuk yang akan datang.

Jika strategi Anda untuk tahun mendatang belum siap, maka artikel ini akan menjadi salah satu referensi Anda dalam merencanakan strategi pemasaran online. Terutama dalam strategi membuat konten SEO.

Strategi Konten SEO yang Efektif 2020

Konten adalah bagian vital dalam SEO yang tidak boleh Anda lewatkan. Sudah tepat memang menginvestasikan waktu dan energi Anda untuk SEO On-Page dan Off-Page. Namun, konten SEO tetap harus menjadi prioritas penting Anda.

Kira- kira tren konten SEO apa saja di tahun 2020 nanti? 

1. Optimasi Pencarian Suara

Penggunaan pencarian dengan bantuan suara meningkat setiap hari. Tahun 2020 diprediksi akan lebih banyak orang yang berbicara dengan perangkat mereka. Dan sebagai timbal balik, akan lebih banyak perangkat yang berbicara balik kepada mereka.

Fakta ini adalah salah satu pertimbangan mengapa Anda tidak boleh mengabaikan pencarian suara di tahun 2020 dan tahun- tahun berikutnya.

Artikel Menarik Lainnya :   Mana yang Lebih Efektif untuk Mengembangkan Bisnis, Iklan atau SEO?

Cara kerja pencarian suara :

Anda mengajukan pertanyaan kepada perangkat Anda dan perangkat Anda membacakan kembali hasil organik pertama untuk Anda. Hasil pencarian yang dibacakan ini disebut juga sebagai cuplikan unggulan, yang muncul di atas hasil- hasil organik lainnya.

Secara singkat, bicara soal pencarian suara, jika Anda tidak mempunyai snipet unggulan, maka Anda tidak akan mendapatkannya. Memang, ini bukan posisi yang mudah untuk didapatkan semua webmaster.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan :

  • Pastikan situs web Anda ramah seluler
  • Gunakan heading tag H2 & H3 atau pertanyaan dalam konten Anda, jangan lupa gunakan format daftar
  • Berikan jawaban singkat dan to-the-point singkat untuk setiap pertanyaan, tidak lebih dari 90 kata
  • Yang tak kalah pentingnya, sebelum Anda mulai menulis, perhatikan fitur cuplikan untuk kata kunci yang Anda targetkan

Idealnya, semua konten SEO Anda di tahun 2020 harus dibentuk dalam format ramah cuplikan. Dengan begitu, Anda mungkin saja mendapatkan posisi unggulan yang didambakan banyak webmaster.

2. Membuat Konten untuk Manusia

Peraturan penting yang harus Anda ingat sampai kapanpun : sebelum Anda mencoba membuat mesin pencari terkesan, berusahalah untuk membuat audiens manusia Anda terkesan lebih dulu. Mereka lah calon konsumen dan pembaca Anda sesungguhnya.

Terlebih setelah Google mengumumkan pembaruan BERT pada Oktober tahun ini. BERT adalah kepanjangan dari “Bidirectional Encoder Representations from Transformers”. BERT merupakan teknik pra-pelatihan bahasa berbasis jaringan saraf atau NLP.

Kedengarannya ribet?
Jangan terjebak dengan istilah rumit ini. Maksud Google sangat sederhana yaitu mereka ingin menafsirkan maksud pengguna di balik setiap permintaan pencarian. Alih- alih hanya menafsirkan setiap kata dalam kueri secara terpisah, algoritma akan melihat arti dari seluruh frasa.

Dengan pembaruan BERT, hasil pencarian Google disebut menjadi jauh lebih relevan untuk pengguna mereka.

Untuk webmaster, ini berarti Anda membutuhkan konten yang sangat terfokus dan sangat tertarget. Anda perlu membuat konten yang berbeda untuk semua persona pembeli Anda dan untuk semua tahapan dalam perjalanan pembeli masing- masing.

Pastikan juga pembaca Anda menikmati konten Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Cara Efektif Mengoptimasi SEO pada Artikel di Blog

3. Long-tail Keywords adalah Teman Anda

Dengan trend voice search, peningkatan internet seluler dan algoritma BERT, peran long-tail keywords akan semakin terasa.

Google telah belajar lebih baik dalam memahami cara manusia bicara, sehingga pelan- pelan permintaan pencarian dengan kata kunci yang terdengar seperti robot akan berkurang.

Dengan begitu, alih- alih kata kunci ‘tempat ngopi terbaik Jakarta, pengguna mungkin akan menggunakan voice search : “Dimana tempat ngopi terbaik di Jakarta?”

Kemudian Anda akan mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan lokasi dan riwayat pencarian.

Artinya, mulai sekarang Anda harus lebih jeli dalam menggunakan long-tail keyword. Kabar baiknya, long-tail keyword masih cukup mudah diperingkatkan. Saat memilih dengan bijak, mereka akan mempunyai ROI yang lebih baik daripada kata kunci pendek.

Kesimpulannya, long-tail keyword sangat baik untuk SEO dan ROI Anda di tahun 2020 nanti.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Cara Efektif Menggunakan Social Profile untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

4. Kualitas Konten Lebih Penting dari Apapun

Google baru- baru ini memperbarui Pedoman Penilai Kualitas miliknya dengan kembali menegaskan bahwa kualitas masih merupakan faktor paling penting.

Apa artinya ini bagi webmaster?
Menerbitkan konten berkualitas? Tentu ini sudah pasti. Namun seperti apa sebenarnya konten berkualitas itu?

Pertama- tama, konten ini harus mengikuti peraturan E-A-T, yaitu Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness. Artinya konten Anda harus dibuat dengan sangat ahli, meyakinkan, up-to-date, dan terpercaya.

Untuk mencapai level E-A-T ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

Konten yang Mendalam

Untuk membuktikan keahlian Anda dalam mengupas sebuah topik, Anda harus menulis konten ANda secara mendalam. Ini bukan hanya menyangkut jumlah kata saja, namun juga mencakup semua aspek masalah.

Tambahkan Bio Penulis

Tambahkan bio terperinci untuk semua penulis di situs web Anda. Bio ini adalah bukti bahwa konten ini ditulis oleh seseorang yang punya otoritas dalam topik dan sosok ini dapat dipercaya keahliannya dalam menulis di bidangnya.

Tanpa Klaim Berlebihan

Bicara tentang kepercayaan, hindari untuk membuat klaim berlebihan. Buatlah klaim sewajarnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Anda bisa membuat tautan ke situs web yang relevan (dengan DA tinggi), laporan penelitian, atau mencantumkan statistik yang membuktikan klaim Anda benar. 

Kesimpulan

Konten SEO 2020 adalah tentang dorongan untuk menciptakan konten untuk manusia. Google terus berupaya mengoptimalkan algoritma mereka agar selar dengan cara manusia berpikir, bertindak, dan mencari.

Saat konten Anda benar- benar membantu orang, Anda akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Jadi, sebelum melakukan riset kata kunci, luangkanlah waktu untuk memikirkan bagaimana keahlian Anda bisa memberikan manfaat yang diharapkan oleh pembaca Anda.

Referensi : Sitepronews.com

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

Tinggalkan balasan

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of