Type to search

Hack

Cara Video Call 50 Orang WhatsApp & Instagram via Messenger Rooms

Cara Video Call 50 Orang di WhatsApp, Instagram, dan Facebook

Facebook tidak ingin ketinggalan dengan Zoom yang menjadi aplikasi populer untuk video call. Setelah sebelumnya memastikan WhatsApp bisa digunakan untuk video call 8 orang, kini pengguna bisa melakukan video call bersama 50 orang dalam satu panggilan.

Bagaimana caranya? Dan apa yang membuat aplikasi ini menjadi istimewa? Panda akan mengupasnya di artikel ini ya.

Apa itu Messenger Rooms?

Messenger Rooms adalah layanan dari Facebook yang memungkinkan pengguna melakukan video call hingga 50 orang secara gratis dan tanpa batasan waktu. Rooms bisa dibuat langsung dari Messenger atau Facebook dan fitur ini sudah digulirkan secara global mulai dari 15 Mei 2020 lalu.

Dengan menggunakan Rooms, pengguna bisa membagikan tautan bergabung kepada peserta yang diinginkan. Bahkan pengguna tidak harus mempunyai akun Facebook untuk bisa bergabung ke dalam Rooms ini.

Selain kemudahan untuk bergabung ke dalam grup panggilan video, pengguna juga bisa mengusir orang dari Rooms dan mengunci Rooms jika tidak menginginkan orang lain untuk bergabung.

Kelebihan Messenger Rooms

Sebagai layanan yang digadang- gadang sebagai sesuatu yang siap menjadi besar, Messenger Rooms dibekali dengan beberapa kelebihan berikut ini :

1. Terintegrasi dengan Layanan Facebook Group

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop/ PC

Messenger Rooms terintegrasi dengan Instagram dan WhatsApp. Dengan begitu, aplikasi ini akan menjadi cara termudah untuk berkomunikasi melalui video konferensi.

2. Filter AR (Augmented Reality)

Aplikasi ini memungkinkan pengguna memakai filter augmented reality. Messenger Rooms juga menyediakan opsi background 360 derajat yang bisa menimbulkan efek 3D.

3. Kontrol Privasi yang Kuat

Menurut The Verge, semua panggilan Messenger Rooms tidak terenkripsi secara end-to-end seperti halnya WhatsApp. Meski begitu, Facebook mengklaim bahwa pihaknya tidak akan melihat atau mendengar percakapan yang dilakukan penggunanya.

Zuckerberg bahkan meyakinkan bahwa Messenger Rooms dirancang dengan kontrol privasi yang kuat.

Cara Menggunakan Messenger Rooms untuk Video Call 50 Orang

Berikut ini adalah cara menggunakan Messenger Rooms untuk Video Call 50 orang :

  1. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi seluler Facebook dan Messenger di smartphone lewat Apple Store atau Google Play Store. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Messenger Desktop dari Microsoft Store atau Mac App.
  2. Buka aplikasi Messenger dan tap “People” yang berada di kanan bawah layar. Klik ‘Create Room’ dan pilih orang- orang yang ingin kamu ajak bergabung.’
  3. Kamu juga bisa mengajak orang bergabung melalui tautan link. Pastikan jumlah peserta maksimal 50 orang ya.
  4. Peserta tidak harus mempunyai akun Facebook. Melalui link tautan, mereka langsung bisa bergabung ke video conference.

Cara Video Call 50 Orang di Instagram, dan Facebook

Selain diakses lewat aplikasi Messenger Rooms secara langsung, pengguna juga bisa video call 50 orang lewat Facebook, dan WhatsApp.

Berikut ini adalah caranya :

  1. Masuk ke akun Facebook, tab icon Messenger, lalu klik icon gambar video untuk membuat Rooms.
  2. Untuk Instagram, masuk ke icon pesawat kertas ‘Direct Message’ yang berada di kanan atas, lalu tekan ikon kamera’ dan buat Rooms.
  3. Pilih ‘Create Room as [Nama Anda]’.
  4. Pilih orang- orang yang akan diundang ke dalam grup video call.
  5. Kamu juga bisa memilih ‘Send Link’ untuk membagikan tautan kepada orang lain agar bisa bergabung.
  6. Saat memilih ‘Join Room’, sistem otomatis akan menutup Instagram dan meluncurkan video di Facebook Messenger.

Cara Video Call 50 Orang di WhatsApp

Saat itu fitur Messenger Rooms masih dalam tahap uji coba untuk bisa dihubungkan dengan aplikasi WhatsApp. Fitur yang disebut dengan Messenger Rooms shortcut ini sendiri baru bisa digunakan pada WhatsApp versi Beta saat ini.

Untuk pengguna Android dapat digunakan  di WhatsApp beta 2.20.163. Sementara pengguna iOS bisa menjumpai fitur ini dalam pembaruan WhatsApp 2.20.52.6. Untuk pengguna iOS, fitur ini baru bisa digunakan di negara- negara dan pengguna tertentu.

Untuk pengguna WhatsApp yang sudah bisa menjajal fitur ini, Anda bisa memeriksa di lembar obrolan. Jika terdapat ikon Room yang menggantikan kamera, berarti Anda sudah bisa menggunakan video call group WhatsApp hingga 50 orang.

Untuk menggunakannya, ketuk icon Room, dan WhatsApp akan mengarahkan Anda untuk membuka ‘Room’ baru atau bergabung dengan sebuah ‘Room’.

Untuk saat ini belum diketahui kapan Messenger Rooms bisa digunakan sepenuhnya untuk pengguna WhatsApp. Namun seharusnya pengguna tidak akan menunggu terlalu lama.

Cara WhatsApp Video Call 50 Orang

Meski pengembangan Messenger Rooms ini sendiri terinspirasi dari besarnya Zoom, tapi sebenarnya Rooms berbeda tujuan dengan Zoom, Google Meet atau Skype, dimana ketiga aplikasi ini ditujukan untuk kalangan profesional.

Sedangkan Messenger Rooms lebih digunakan untuk tujuan berbasis sosial.

Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x