Type to search

Sains & Technology

Waktu Paling Lelet untuk Akses Internet 4G di Indonesia

Akses kecepatan internet

Baru- baru ini, OpenSignal, seubah perusahaan asal Inggris yang kerap melakukan riset terkait jangkauan internet di banyak negara mengungkap temuan terbarunya terkait kecepatan 4G di 77 negara, termasuk di Indonesia. Hasil riset ini menampilkan jam- jam tersibuk jaringan internet yang mengakibatkan koneksinya menjadi super lemot.

Di Indonesia, pukul 21.00 menjadi rentang waktu dimana akses internet terasa paling lambat. Kecepatan internet di jam tersebut hanya mencapai 5.7 Mbps. Kecepatan ini sendiri berada di bawah kecepatan internet Thailand dimana jam internet paling sibuknya dapat dijangkau dengan kecepatan 6.0 Mbps. Hasil lainnya dari riset ini adalah rata- rata kecepatan internet di Indonesia berada di angka 8.6 Mbps.

Bukan hanya di Indonesia saja, ternyata petang memang menjadi jam- jam yang sibuk untuk permintaan akses internet secara global. Dari data OpenSignal, rentang waktu pukul 20.00 hingga 23.00 di banyak negara adalah waktu yang paling lambat untuk hal akses internet.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Cara Mematikan Laptop yang Tidak Bisa di-Shut Down

Akses Konten Video dan Hiburan Lainnya

Faktor lain yang menyebabkan lambatnya akses internet ini adalah karena di jam- jam ini orang mengakses konten hiburan seperti video untuk melepas penat usai bekerja dari pagi hingga sore hari. Akibatnya, terjadi ketimpangan antara tingginya permintaan internet dan lemahnya kecepatan internet.

Bukan hanya waktu terlelet untuk akses internet saja, OpenSignal juga mengungkap waktu dimana akses internet sedang berada tinggi- tingginya. Secara global, kecepatan tertinggi ini ada di jam 3 pagi dengan kecepatan akses hingga 22.1 Mbps.

Di setiap negara sendiri kecepatan akses bisa berbeda- beda. Misalnya saja di Indonesia, kecepatan internet 4F maksimal di angka 18.5 Mbps.

Untuk urusan peringkat rata- rata kecepatan internet, Indonesia berada di posisi 72 dari 77 negara yang turut serta dalam riset ini. Kecepatan internet Indonesia berada di bawah Filipina yang mempunyai rata- rata kecepatan 4G sebesar 9.4 Mbps, dan kecepatan maksimum hingga 19 Mbps.

Sementara itu, Thailand menjadi negara dengan kecepatan internet terlambat dengan rata- rata akses 4G 8.2 Mbps dan maksimum kecepatan mencapai 11.7 Mbps.

Artikel Menarik Lainnya :   Ini Ciri- Cirinya Jika Baterai Laptop Mulai Rusak

Siapa yang Tercepat?

Lantas negara mana yang menjadi tercepat dalam urusan akses internet? Posisi pertama dan kedua diduduki oleh Korea Selatan dan Singapura. Secara berurutan, kecepatan internet kedua negara ini adalah 47.1 Mbps dan 45.4 Mbps.

Berbeda dengan kedua tersebut, Indonesia dan sebagian besar negara di Asia tenggara lainnya saat ini masih berupaya mencapai angka dua digit untuk rata- rata kecepatan akses internet.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.