Type to search

Social Media

Waktu Terbaik Posting di Instagram Agar Engagement Lebih Optimal

Deretan waktu posting terbaik untuk engagement yang lebih optimal

Selain konten, salah satu faktor yang paling berkontribusi terhadap engagement (komentar & like) yang optimal di media sosial adalah waktu posting. Setiap platform media sosial cenderung mempunyai pola yang mirip dalam hal waktu posting, tergantung dari jenis audience yang menjadi target market.

Bahkan tanpa disengaja, Anda mungkin pernah merasa ‘diuntungkan’ dengan variasi jam posting yang Anda lakukan. Misalnya saja saat posting di Instagram pada jam xx ternyata jumlah follower yang engage dengan konten Anda menjadi dua kali lebih banyak?

Pola- pola seperti ini perlu Anda catat untuk mengkonfirmasi bahwa waktu tersebut benarlah waktu yang paling sempurna untuk Anda melakukan posting konten. Rajin melakukan testing seperti ini akan membantu campaign media sosial Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Tentu saja ujung- ujungnya adalah engagement, bukan?

Artikel Menarik Lainnya :   21 Langkah Menggunakan Instagram, Basic to Expert

Waktu Terbaik Posting Media Sosial

Konsep waktu terbaik untuk posting di media sosial adalah waktu dimana follower atau target market kamu sedang berada dalam posisi online dan berselancar di platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Setiap media sosial ini cenderung mempunyai algoritma yang berbeda- beda. Sehingga, waktu optimal di Instagram, tentu bisa berbeda dengan waktu optimal di Facebook dan Twitter.

Nah di pembahasan kali ini, kita akan mengupas lebih terperinci waktu posting terbaik untuk media sosial berbasis foto sharing, yaitu Instagram. Dilansir dari Sprout Social, point- pointnya dapat Anda simak sebagai berikut :

  • Anda dapat melakukan posting setiap hari sekitar pukul 10 pagi hingga 3 sore.
  • Jika Anda melakukan mix konten dengan produk dagangan, maka waktu terbaik untuk upload adalah pada hari Sabtu jam 11 dan 1 siang.
  • Hari Rabu merupakan hari dengan engagement rate (like, komentar, dan sebagainya) yang tertinggi
  • Kebalikannya dari Rabu, Senin adalah hari dengan engagement rate terendah. Hal ini terjadi lantaran hari Senin adalah hari yang sibuk dalam pekerjaan dan aktifitas belajar (sekolah/kuliah)
Artikel Menarik Lainnya :   Benarkah IGTV Akan Menjadi Ancaman Serius untuk YouTube?

Hasil riset lainnya membuktikan bahwa waktu terbaik untuk upload di Instagram adalah di pagi hari saat orang- orang baru bangun tidur, serta siang hari saat jam makan siang, disusul jam kerja 17.00 – 20.000 dan di malam hari saat akhir pekan.

Waktu terbaik untuk posting di Instagram
Image : Social Sprout

Tidak serta merta mengikuti hasil riset ini, Anda juga dapat melakukan split test untuk memastikan data global ini juga sesuai dengan jam online target audience Anda.

Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.