Type to search

Social Media

Ingin Menjadi YouTuber Terkenal? Persiapkan 5 Hal Mendasar Ini!

Share
Tips persiapan menjadi YouTuber terkenal

Menjadi seorang YouTuber terkenal kini menjadi mimpi banyak orang yang berkecimpung di dunia media sosial dan digital. Dengan menjadi seorang YouTuber, selain menyalurkan hobi dan mengembangkan kreatifitas, ada juga pundi- pundi uang yang bisa kita peroleh saat channel dan subscriber kita benar- benar telah terbangun.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana sih caranya menjadi seorang YouTuber terkenal? Kalau mulai saja belum, tentu langkah menjadi seorang YouTuber terkenal masih terasa jauh. Setidaknya, cobalah untuk mengawalinya lebih dulu.

Hal- hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menjadi YouTuber

Saat mengawalinya inilah, Anda kemudian akan merasa kalau ternyata ada banyak hal yang diperlukan untuk menjadi seorang YouTuber. Bukan sekedar peralatan untuk menjadi YouTuber saja, akan ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan untuk menjadi YouTuber yang sebenarnya.

Bukan perkara mudah memang menjadi YouTuber yang sukses dan berpenghasilan besar. Maka dari itu, penting untuk membuat persiapan terbaik untuk eksekusi maksimal menjadi seorang YouTuber.

Ide dan Konsep

Ada banyak channel dengan beragam jenis konten di YouTube. Tanpa ide dan konsep yang jelas dan menarik, bukan hal mudah untuk bisa survive menciptakan konten bagus di YouTube. Apalagi jika pesaing kita sudah punya jumlah pengikut setia yang lumayan.

Tidak heran, ide dan konsep berada di posisi pertama yang perlu Anda persiapkan dengan matang sebelum terjun bebas ke YouTube.

Salah satu kanal YouTube dengan konsep menarik dibangun oleh selebriti tanah air, Boy William. Bertajuk #NebengBoy, Boy William mengajak tamu untuk berbincang- bincang sambil menikmati perjalanan di dalam mobilnya. Untuk di Indonesia, konsep ini bisa dibilang cukup baru dan sangat menarik.

“Ya elahhh… Boy William kan artis?”

Memang betul. Namun coba kita pikir- pikir, ada berapa banyak selebriti tanah air yang mempunyai channel YouTube, tapi ternyata tidak berkonsep dan kontennya terbilang sangat biasa?

Dengan konsep yang dibangunnya, Boy William seolah mempunyai acara reality show populer sendiri yang dapat ditonton melalui channel YouTube-nya.



Point positif lainnya, jika sekelas Boy William saja mau memikirkan ide kreatif untuk tampil beda, mengapa kita tidak?

Tokoh YouTuber populer lain adalah Pak Ndul, yang terkenal dengan tagline “intinya inti, ahlinya ahli, dan core of the core”. Di kanal YouTube miliknya, Pak Ndul menghadirkan video ala- ala video amatir dimana sang kameramen mengajak diskusi tokoh utama seolah merekam video sehari- hari.

Konten sederhana yang dibalut dengan komedi matang ini adalah konsep menarik yang dibangun oleh Pak Ndul. Guyonan Jawa yang khas dan unik ternyata berhasil menjadi hiburan menarik dan tontonan banyak orang hingga pernah beberapa kali menjadi trending di YouTube Indonesia.

Jika menonton video Pak Ndul, kita seolah- olah diarahkan untuk berpikir video yang tidak terkonsepkan. Namun ternyata, ini adalah konsep matang yang sudah digodog oleh Pak Ndul sendiri.

Channel YouTube lain yang tidak kalah menarik adalah channel Jurnal Risa. Mengusung konsep misteri dan supranatural, setiap video yang diunggah oleh jurnalrisa selalu mendapat sambutan hangat dari penggemarnya. Tidak heran, setiap video yang ditayangkan di channel nya, jumlah view selalu menyentuh angka jutaan. Menarik, bukan?



ni hanya sebagian contoh dan bukti nyata bahwa ide dan konsep adalah dua hal penting dalam sebuah bisnis apapun, termasuk di YouTube.

Jika kita mengabaikan ide dan konsep, memang benar channel kita mungkin masih tetap berjalan di YouTube. Namun, langkah untuk menggapai sukses dan bersaing dengan ribuan kanal yang sudah eksis lebih dulu akan menjadi langkah yang berat.

Ayoo, pikirkan beberapa ide menarik untuk memulainya!

Ulet, Semangat, Pantang Menyerah

Persaingan dalam dunia digital akan selalu ketat dan semakin ketat. Dibutuhkan semangat baja dan mental yang selalu membara untuk bisa meraih kesuksesan. Hal yang sama diperlukan saat Anda menjadi seorang YouTuber pemula.

Meraih 100 subscriber pertama adalah kerja yang luar biasa dibandingkan harus menaikkan 1000 subscriber saat kanal kita sudah mempunyai 10.000 subscriber.

Selain itu, Anda juga harus bersaing untuk mendapatkan banyak penonton atau jumlah tayang. Persaingan untuk mendapatkan view yang tinggi ini lah yang kerap menjadi ujian besar untuk para YouTuber pemula.

Untuk menghadapi semua tantangan ini, diperlukan kedisiplinan, ketekunan, dan semangat pantang menyerah dalam mengelola kanal YouTube yang dibuatnya. Dengan begitu, ia akan lebih siap untuk menghadapi kerasnya persaingan, resiko kegagalan, dan terus berusaha mencari solusi untuk meningkatkan kualitasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya :   20 Cara Cepat untuk Menambah Viewers dan Subscriber YouTube

Dasar Editing Video dan Teknis Pengambilan Gambar

Untuk di tahap awal, tidak perlu skill yang terlalu dewa. Namun, untuk menjadi seorang YouTuber yang baik, Anda tetap perlu mempelajari kemampuan dasar editing video dan teknis pengambilan gambar.

Solusi lain, Anda bisa saja membayar jasa editor video dan berkolaborasi dengan orang lain. Namun jika ini dirasa memberatkan karena berhubungan dengan keuangan, maka belajar skill dasar editing video adalah pilihan yang lebih baik.

Software edit video pun kini banyak ragamnya di internet. Ada yang gratisan, ada yang berbayar. Ada yang instan dan membuat Anda langsung paham bagaimana cutting video, menambahkan teks atau efek sederhana, sampai software editor untuk mereka yang sudah lebih pro.

Tidak ada salahnya berburu software editing video dan mencoba belajar, bukan?

Perlengkapan YouTuber

Setelah ketiga poin di atas, langkah selanjutnya dan paling penting adalah mempersenjatai diri Anda dengan perlengkapan YouTuber. Alat- alat dasar yang diperlukan seorang YouTuber pemula antara lain :

  • Kamera yang cukup bagus untuk merekam video (Bisa kamera HP berkualitas)
  • Smartphone,untuk editing dan merekam video/ audio
  • Laptop, untuk editing video lebih efisien
  • Tripod atau Monopod, (untuk membantu pengambilan video
  • Microphone, untuk menciptakan hasil audio lebih jernih
  • Lampu LED, untuk memaksimalkan pencahayaan saat proses pembuatan video

Setelah keempat hal ini siap, langkah selanjutnya adalah mulai mempersiapkan channel YouTube dan konten untuk mengisinya. Sudah siap? 

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dalam 4 Langkah Mudah
Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.