Type to search

Blogging

Google Melakukan Update Algoritma Inti Luas Mei 2020, Apa yang Berubah?

Update algoritma Google

Google secara resmi mengumumkan peluncuran pembaruan algoritma inti luas (broad core update) pada Mei 2020. Pembaruan ini adalah update core kedua pada tahun 2020, dimana update sebelumnya dilakukan pada Januari 2020.

Secara historis, Google memang selalu melakukan pembaruan algoritma broad core setiap beberapa bulan sekali. Pengumuman resmi ini sendiri disampaikan secara resmi pada 5 Mei lalu dan disebut sebagai Pembaruan Inti Luas Mei 2020.

Google juga menyebut bahwa perubahan ini memakan waktu sekitar satu hingga dua minggu untuk sepenuhnya diluncurkan. Jika saat ini Anda tidak merasakan perubahan yang berarti, cobalah tunggu hingga satu atau dua pekan kedepan.

Tujuan dari Pembaruan Algoritma Google

Update broad core Google dirancang untuk menghasilkan efek yang terlihat secara luas di seluruh hasil pencarian di semua negara dalam semua bahasa.

Ada kecenderungan situs mengalami penurunan atau kenaikan peringkat pencarian saat pembaruan inti diluncurkan. Perubahan peringkat ini umumnya merupakan refleksi dari relevansi konten.

Artinya, jika konten terdeteksi mempunyai relevansi yang baik sejak pembaruan terakhir, besar kemungkinan konten tersebut akan mengalami kenaikan peringkat. Begitu juga sebaliknya.

Peringkat di hasil pencarian dapat mengalami sedikit pergerakan, namun masih berpotensi fluktuatif.

Perubahan Algoritma Terkait Pandemi?

Pembaruan inti terakhir Google diluncurkan pada minggu kedua Januari 2020. Saat itu gaung tentang wabah Covid-19 belum begitu terlihat.

Namun dunia menjadi cepat berubah saat Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perilaku pencarian pengguna karena sebelumnya tidak pernah ada begitu banyak pencarian untuk satu topik seperti Covid-19.

Covid-19 telah mengubah apa yang orang butuhkan dari hasil pencarian Google. Baik itu tentang orang yang mencari informasi terkait virus ini sendiri, tempat- tempat yang menawarkan layanan jarak jauh, atau tempat untuk membeli produk yang sangat dibutuhkan secara online.

Ada banyak hal yang sebelumnya tidak relevan kemudian banyak dicari. Dan ada juga kategori yang dulunya sangat relevan kini tidak banyak dicari. Misalnya saja pencarian terkait pariwisata, perjalanan, hiburan langsung, dan acara tatap muka.

Dalam pembaruan inti Mei 2020, Google dihadapkan dengan tantangan unik untuk mengejar ketinggalan bagaimana dunia mencari. Seiring berjalannya waktu, Google akan mengevaluasi apakah orang- orang merasa lebih mudah untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan melalui pencarian Google.

Apa yang Harus Kita Lakukan?

Panduan Google terkait pembauran ini masih sama persis dengan semua pembaruan inti di masa lalu. Menurut Google, tidak ada yang perlu “diperbaiki” jika peringkat turun usai pembaruan ini.

Sebaliknya, pemilik website disarankan untuk membuat konten mereka sebaik mungkin. Anda perlu menjadikan konten sebagai sumber daya paling penting dalam website Anda. Fokus Google saat ini masih di konten, konten, dan konten.

Fokuslah menciptakan konten yang berkualitas dan Anda akan aman.

Artikel Menarik Lainnya :   3 Strategi SEO Efektif di Era Modern untuk Bisnis Online
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

2
Tinggalkan balasan

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Redvaainkmedia Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
ainkmedia
Guest

Cukup fair untok bloger amatir kaya aku, yg minim ‘teknik seo yg brutal’, cuma ngandelin insting menulis, kayaknya dg algoritma ini berdampak bagu ke blog “underdog’