Type to search

Blogging

8 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Meningkatkan Ranking Website

Tool & Plugin SEO WordPress Terbaik

Sebagai webmaster, membuat website kita ramah mesin pencari melalui SEO adalah upaya yang wajib kita lakukan. Untuk Anda pengguna WordPress, memanfaatkan tool & plugin SEO terbaik akan membuat banyak perbedaan.

Sesuai namanya, plugin dan tool SEO adalah deretan alat- alat yang akan mengoptimalkan upaya SEO kita. Masing- masing mempunyai fungsi beragam mulai dari mendukung optimasi On Page, membantu manajemen konten, hingga juga optimasi gambar.

Daftar ini terdiri dari tool gratis dan premium yang telah diuji coba oleh blogger profesional Harsh Agrawal, dalam situsnya ShoutMeLoud. Dalam penggunaannya, tool ini mendongkrak blog ShoutMeLoud hingga menghasilkan 1 juta+ pageview setiap bulannya.

Pertanyaan seputar Plugin SEO

WordPress identik dengan penggunaan plugin untuk mendukung kinerja sebuah situs, baik secara umum maupun untuk kepentingan yang lebih besar. Untuk kebutuhan performa website di mesin pencari, penggunaan plugin SEO adalah wajib.

Beberapa hal ini mungkin mewakili pertanyaan- pertanyaan Anda seputer Plugin SEO :

Apa plugin WordPress SEO terbaik saat ini?

Panda rasa banyak webmaster yang sepakat bahwa Yoast SEO masih yang terbaik jika bicara tentang SEO WordPress. Namun, ada juga plugin SEO lain yang membantu dalam menyelesaikan setiap aspek SEO WordPress.

Apakah boleh mempunyai plugin SEO lebih dari satu?

Sebenarnya tidak masalah karena plugin SEO ini sendiri terdiri dari berbagai kategori. Misalnya saja, satu plugin berfokus pada SEO On-Page, dan satu lainnya berfokus pada kecepatan atau gambar.

Namun, tidak disarankan untuk menggunakan dua plugin yang melakukan jenis pekerjaan yang sama. Misalnya saja, tidak ada untungnya menggunakan SEO All-in-One atau Rankmath bersamaan dengan Yoast SEO.

Bahkan penggunaan dua plugin dengan fungsi yang sama justru bisa membuat masalah SEO untuk situs Anda. Jadi, pastikan hanya menggunakan plugin yang sesuai kebutuhan dan pilih yang terbaik.

Artikel Menarik Lainnya :   12+ Kesalahan yang Sering Dibuat Marketer dalam Desain Website
Apakah WordPress adalah platform terbaik untuk SEO?

Secara default WordPress cukup ramah pencarian dibandingkan dengan platform lain. Dan dengan penggunaan tool dan plugin WordPress SEO, website Anda tentu akan tampil lebih baik lagi di halaman pencarian Google.

Daftar Plugin & Tool SEO Terbaik untuk WordPress

Jika menurut Anda ada plugin SEO WordPress recommended yang belum ada di daftar ini, jangan ragu untuk informasikan ke Panda yaa… dan kami Panda akan dengan senang hati meninjau dan menambahkan ke daftar ini.

Berikut ini adalah daftar plugin dan tool SEO terbaik versi ShoutMeLoud :

1. Yoast WordPress SEO Plugin

Yoast SEO telah diunduh sebanyak 5+ juta dan menjadi plugin SEO pertama yang wajib untuk digunakan setiap webmaster. Plugin ini bisa menangani banyak aspek SEO dalam sebuah situs web.

Bahkan jika Anda sudah menggunakan plugin sitemap WordPress terpisah, redirection, dan beberapa fitur lainnya, Anda dapat berhenti menggunakannya dan menggantinya dengan Yoast.

Manfaat menggunakan Yoast SEO antara lain :

  • Pengaturan meta value di beranda dan ke setiap postingan
  • Pengaturan canonical tags
  • Pengaturan breadcrumbs custom
  • Optimasi artikel untuk berbagi ke media sosial (gambar, judul & deskripsi)
  • Membuat file sitemap
  • Edit robots.txt & .htaccess
  • Kontrol pengindeksan situs web WordPress
  • Menetapkan kata kunci fokus dan mengoptimalkannya untuk SEO On-Page
  • Menambahkan fitur FAQ (Tanya Jawab) yang muncul di Google SERP
Plugin Yoast SEO

Fitur unggulan tersebut bisa digunakan secara gratis dalam Yoast SEO. Untuk versi pro dari plugin ini, berikut ini beberapa fitur unggulan tambahan yang bisa Anda peroleh :

  • Redirection
  • Yoast internal linking (membantu menautkan konten dengan lebih baik)
  • Tautan internal dan eksternal (video)

Sedangkan untuk beberapa alternatif populer dari Yoast SEO, antara lain :

  • All in one SEO Pack
  • Rank Math

Meskipun keduanya cukup populer, namun Yoast SEO sampai saat ini masih plugin SEO terbaik di tahun 2020 ini.

Download Yoast SEO

2. Broken Link Checker Plugin

Plugin Broken Link Checker

Broken Link Checker Plugin adalah plugin sederhana yang powerful dalam memindai situs WordPress untuk mencari tautan yang rusak. Plugin ini menyediakan dashboard yang mudah digunakan sehingga pengguna bisa cepat memperbaiki tautan rusak tersebut.

Plugin ini sangat membantu dalam menemukan dan memperbaiki semua tautan rusak internal dan eksternal (404 tautan). 404 tautan ini sendiri adalah jalan buntu untuk mesin pencari sehingga pengguna disarankan untuk menghapus atau memperbaikinya.

Download Broken Link Checker Plugin

3. SEMRUSH (SEO Writing Assistant)

Plugin SEO SemRush Writing Assistant untuk WordPress

SEMRUSH banyak digunakan oleh para digital marketing untuk fase penelitian kata kunci untuk optimasi dan juga melacak peringkat kata kunci.

SEMRUSH pada dasarnya digunakan sebagai alat berbasi web, namun baru- baru ini meluncurkan plugin SEO WordPress yang disebut dengan Writing Assistant. Plugin ini sendiri bisa membantu meningkatkan konten Anda dengan lebih efektif.

Cara kerja plugin SEMRUSH (SEO Writing Assistant)

Plugin ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimasi halamannya untuk kata kunci tertarget. Plugin akan memindai 10 halaman peringkat teratas yang ada di Google dan menyarankan apa yang Anda lewatkan pada konten pengguna untuk peringkat yagn lebih baik.

Download SEMRUSH (SEO Writing Assitant)

4. Schema Pro WordPress Plugin

Schema Pro WordPress plugin

Untuk beberapa jenis blog, penggunaan Rich Snippet sangat penting. Salah satu plugin yang direkomendasikan untuk ini adalah Schema Pro WordPress Plugin. Plugin ini disebut sebagai plugin Rich Snippet terupdate dan paling kompatibel dengan Yoast SEO.

Selain itu, plugin markup skema juga membuat mesin pencari bisa memahami konten Anda dengan lebih baik. Ini sangat dianjurkan dalam SEO On-Page serta mendorong CTR dan trafik yang lebih baik.

Penggunaan plugin ini sangat baik untuk WordPress karena membantu sebuah web untuk mendapatkan visibilitas yang lebih baik di mesin pencari.

Download Schema Pro WordPress Plugin

5. SEO Image Optimizer

SEO Image Optimizer WordPress plugin

Dengan mengoptimalkan gambar, Anda bisa mengarahkan trafik yang cukup besar dari gambar.

Plugin ini menambahkan atribut ALT ke gambar secara dinamis, meski di awal Anda tetap harus menjaga nama gambar. Hindari mengunggah gambar dengan nama seperti image002.jpeg atau DCMI001.jpeg. Ini adalah kesalahan.

Cobalah untuk memberikan nama yang tepat untuk setiap gambar yang akan Anda upload untuk situs web Anda.

Plugin ini juga sekaligus menjaga kecepatan loading web Anda.

Download SEO Image Optimizer

6. Easy Table of Contents Plugin

Plugin Easy Table of Content

Easy Table of Contents Plugin (EasyTOC) adalah plugin SEO yang wajib digunakan oleh setiap website berbasis blog di 2020. Dengan plugin ini, Anda bisa menambahkan jump link dalam pencarian Google.

Plugin ini bekerja secara otomatis setelah dilakukan konfigurasi awal. Artinya, selanjutnya daftar isi akan terisi secara otomatis.

Salah satu manfaat dari plugin ini selain dari sisi SEO adalah meningkatkan pengalaman pengguna. Terlepas dari desain yang SEO friendly dan kecepatan, pengalaman pengguna juga menjadi bagian paling integral dari keseluruhan SEO.

Download Easy Table of Contents

7. Image Compression Plugin

Shortpixel Image Compression plugin untuk WordPress

Gambar adalah bagian integral dari sebuah situs website. Di sisi lain, gambar juga seringkali menjadi kendala dalam hal kecepatan website.

Untuk mengatasi problem ini, kompresi gambar bisa menjadi salah satu teknik untuk mengurangi ukuran keseluruhan gambar tanpa mengurangi kualitas gambar. Saat teknik ini dilakukan secara konsisten, dampak nyatanya akan terasa.

ShortPixel adalah salah satu plugin yang bisa yang direkomendasi untuk kompresi gambar. Plugin ini bisa melakukan kompresi otomatis gambar baru dan juga pilihan untuk gambar yang sudah lama.

Download SEO Image Optimizer

8. Cache Plugin

Caching adalah salah satu teknik optimasi situs WordPress untuk mendorong pemuatan yang lebih cepat. Plugin cache bekerja menurunkan beban server sehingga kinerja keseluruhan situs WordPress.

Ada banyak hosting populer yang menawarkan caching bawaan seperti SiteGround dan WPEngine sehingga Anda mungkin membutuhkan plugin tambahan lainnya.

Namun jika hosting tidak menawarkan cache bawaan, maka Anda dapat memilih salah satu dari plugin cache yang direkomendasikan berikut ini :

  • WP Rocket
  • WP Super Cache
  • WP Litespeed Cache

Kesimpulan
SEO adalah komponen penting dalam membangun sebuah website. Saat kita berhasil membangun website dengan performa SEO yang baik, maka keberhasilan untuk tampil sebagai yang utama di SERP akan lebih mudah dicapai.

Itulah mengapa penggunaan plugin SEO terbaik perlu diterapkan oleh pengguna CMS WordPress. Dengan plugin terbaik, maka optimasi SEO akan menjadi lebih mudah.

Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x