Type to search

Apps & Tools

5+ Aplikasi Pesan Instan Terbaik sebagai Alternatif WhatsApp

Share
Aplikasi alternatif WhatsApp Terbaik

Keberadaan WhatsApp saat ini hampir sama seperti keberadaan SMS sebelum era digital. Kini hampir semua orang sangat ketergantungan dengan aplikasi ini dalam berkirim pesan. Bahkan untuk kebutuhan perusahaan dan brand, aplikasi ini sangat diandalkan.

Terbukti, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 850 juta kali pada 2019. Hal ini menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi terpopuler dan paling banyak diunduh sepanjang 2019.

Sayangnya, Whatsapp beberapa kali pernah mengalami gangguan secara global yang membuat penggunanya kalang kabut. Ya, WhatsApp down memang membuat kerugian untuk banyak orang.

Hal ini mengakibatkan banyak orang tidak bisa mengirim dan menerima pesan multimedia, seperti gambar, dokumen, pesan suara, atau memperbarui status WhatsApp. Saat ini terjadi, tagar #WhatsAppdown pun biasanya menggema seketika di jagat Twitter.

Alternatif WhatsApp Terbaik

WhatsApp down sebenarnya sudah beberapa kali terjadi. Jika kita hanya menggunakan media ini sebagai media pesan instan dalam berkomunikasi, tentu kita akan kalang kabut.

Berbeda jika kita juga menggunakan aplikasi lain sebagai pengganti WhatsApp saat down. Aplikasi ini mempunyai fitur utama sebagai pesan instan yang mirip dengan WhatsApp, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Tertarik untuk mencoba? Berikut beberapa diantaranya :

1. Telegram

Telegram sebagai aplikasi alternatif WhatsApp

Telegram kini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Aplikasi ini populer digunakan sebagai alternatif WhatsApp karena aplikasi lebih ringan dan sama- sama mudah digunakan seperti WhatsApp.

Telegram juga menyediakan fitur enkripsi end to end untuk semua pengaturan komunikasi dan penghapusan otomatis. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengirim pesan teks dan multimedia, dan mendukung pesan grup yang bisa memasukkan hingga 200,000 orang dalam satu thread obrolan.

Keunggulan Telegram terletak pada obrolan berbasis cloud yang membuat pesan terkirim lebih cepat dibandingkan aplikasi messaging lainnya. Yang berarti juga, Anda bisa menyinkronkan pesan di semua perangkat Anda, dan mendapatkan penyimpanan tanpa batas untuk media yang Anda bagikan.

2. Line

Line sebagai alternatif WhatsApp

Line adalah aplikasi pesan yang cukup populer di Indonesia. Aplikasi yang dirilis pada Juni 2011 ini telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Playstore.

Mirip dengan WhatsApp, Line menggunakan nomer telepon seluler pengguna untuk terhubung satu sama lain. Namun yang membuat Line lebih menarik dari aplikasi sejenis adalah tersedianya berbagai emoji lucu dan bervariasi.

Selain itu, Line juga mengembangkan aplikasinya menjadi lebih dari sekedar aplikasi pesan instan. Itulah mengapa Line Today, Line Webtoon dan beberapa aplikasi tambahannya juga cukup populer, terutama di kalangan milenial.

3. Signal 

Signal, aplikasi pesan instant private

Signal dikenal sebagai aplikasi pesan instan yang sangat baik dalam hal tingkat privasi, keamanan pengguna, dan transparansi. Itulah mengapa mereka mengusung tagline sebagai Pengirim Pesan Privat.

Sebagai aplikasi pesan instan, Signal mendukung pesan teks dan grup, pesan media untuk gambar, audio, video, dokumen, dan juga panggilan suara/ video antar pengguna.

Semua komunikasi dalam aplikasi Signal mendapatkan enkripsi end to end, dan pengguna dapat mengatur penghitung waktu agar sebuah pesan dapat terhapus secara otomatis.

4. Viber

Viber, aplikasi pesan instan alternatif WhatsApp

Viber telah didownload oleh lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia. Fitur unggulan aplikasi pesan instan ini antara lain obrolan grup, pesan suara/ video instan, panggilan audio/ video, serta ribuan gif dan stiker animasi.

Setiap pesan di Viber mendapatkan enkripsi end-to-end dan dapat dihapus otomatis dalam pengaturan waktu tertentu.

Dalam Viber, pengguna bisa menyertakan kontak terpercaya yang membantu pengguna dalam memverifikasi identitas peserta obrolan lainnya dengan menukar kunci rahasia. Viber juga memungkinkan pengguna untuk memasang ekstensi obrolan untuk membagikan video YouTube, trek Spotify, info lokasi, dan yang lainnya.

Ketersediaan pengguna juga dapat ditampilkan di aplikasi ini, sama halnya seperti Facebook messenger, dan me-non aktifkan nya untuk menyembunyikan status. Selain itu, pengguna juga bisa menonaktifkan tanda terima baca, menyembunyikan percakapan, dan mengunci pesan dengan kode PIN.

5. WeChat

WeChat, platform aplikasi pesan instan

WeChat sudah lama dikenal sebagai aplikasi pesan instan yang mudah digunakan dengan meminimalkan tarik SMS/MMS dan panggilan untuk semua orang. Aplikasi chat multimedia ini juga mendukung obrolan grup yang bisa melibatkan 500 orang dengan layanan privasi yang lebih baik.

Beberapa fitur unik yang tersedia di aplikasi ini seperti Friends Radar, People Nearby, dan Shake to Meet Others cukup digemari pengguna karena membantu mereka lebih mudah untuk terhubung dengan orang lain.

6. GroupMe

Aplikasi chat berbasis grup, GroupMe

GroupMe adalah layanan perpesanan grup yang bisa digunakan untuk obrolan lintas platform. Perbedaannya, GroupMe lebih berfokus pada obrolan grup, dengan tambahan beberapa fitur seru lainnya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen dan file multimedia yang dapat dilihat dengan mode ‘gallery’ yang menampilkan semua media yang dibagikan dalam riwayat grup.

Pengguna juga bisa mengirim pesan langsung ke pengguna tertentu dalam sebuah grup, atau menggunakan berbagi lokasi.

Artikel Menarik Lainnya :   Panduan Lengkap MailChimp untuk Strategi Email Marketing Anda
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

Tinggalkan balasan

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of