Type to search

Social Media

Cara Mudah & Cepat Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Solusi mengatasi kontak WhatsApp hilang

SoKontak WhatsApp sudah pasti menjadi aset penting dalam smartphone kita. Selaras dengan WhatsApp yang menjadi media komunikasi utama saat ini, kehilangan kontak WhatsApp bisa berarti masalah besar.

Komunikasi terputus dan bisa berdampak pada hubungan pertemanan dan kerabat. Jadi, tentu saja kita tidak mau kehilangan kontak WhatsApp, kan?

Tidak sedikit pengguna WhatsApp yang tiba- tiba merasa kehilangan beberapa atau seluruh kontak yang ada di aplikasi. Tak perlu panik, di artikel kali ini Panda akan berbagi tips cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang dengan cepat, tanpa aplikasi tambahan.

Cara Mengembalikan Kontak WA Hilang dengan Menghapus Cache

Cara pertama adalah dengan menghapus cache aplikasi. Kamu bisa menggunakan cara ini saat kontak di WhatsApp kamu hilang secara tiba- tiba.

Untuk mencoba cara ini, berikut langkah- langkahnya :

  • Apabila anda mengalami masalah kontak WA hilang entah sengaja atau tiba – tiba hilang coba segera lakukan langkah ini.
    Masuk ke bagian Setting/ Pengaturan yang ada di smartphone Anda, lalu pilih Apps > WhatsApp.
  • Pilih Storage, lalu lanjutkan dengan menghapus cache dengan klik CLEAR CACHE
Clear cache WhatsApp untuk mengembalikan kontak Whatsapp yang hilang

Setelah proses clear cache selesai, restart smartphone Anda dan lihat kembali apakah kontak WA yang hilang sudah muncul kembali.

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp dengan Setting Permission

Penggunaan aplikasi pada perangkat handphone terkait dengan akses terhadap beberapa bagian dari perangkat. Sama halnya dengan WhatsApp, ada akses atau permission yang perlu diatur.

Langkah ini sendiri sebenarnya adalah langkah pencegahan untuk menghindari kontak WA hilang sewaktu- waktu.

Berikut ini langkah- langkahnya :

  • Masuk ke bagian Setting, lanjutkan dengan memilih Apps > WhatsApp
  • Pilih Permission, lalu aktifkan tab Contacts hingga ikon berubah menjadi warna hijau
  • Dengan cara ini, kontak WA di smartphone akan aman karena pengguna sudah memberi izin pada aplikasi untuk mengakses kontak.

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp dengan Sinkronisasi Gmail

Cara ketiga adalah melakukan sinkronisasi akun Gmail sehingga kontak yang ada di Gmial akan terhubung langsung ke kontak di WA.

Berikut ini adalah langkah- langkahnya :

  • Bukan menu kontak yang ada di smartphone Anda, pilih ikon tiga titip yang terletak di sebelah kanan atas, lanjutkan dengan pilih Import/ Eksport
  • Lakukan proses ekspor kontak ke akun gmail yang ada agar otomatis tersalin ke kontak WhatsApp nantinya

Setelah tersinkronisasi, maka kontak yang ada di WA akan aman dan kecil kemungkinan untuk hilang. Jika pengaturan ini sudah dilakukan sejak awal, maka tidak perlu lagi untuk ekspor ke Gmail.

Mengembalikan Kontak WA dengan Pengaturan Contact Display

Kontak WA juga bisa tidak muncul atau tidak terdeteksi karena pengaturan contact display yang kurang tepat. Untuk memastikan semua kontak muncul, berikut langkah- langkahnya :

  • Masuk ke menu Setting, lalu pilih Contact, dan centang opsi Display All Contact (Tampilkan semua kontak)
  • Di pengaturan smartphone yang berbeda, bisa juga masuk ke bagian Setting > Aplikasi > Aplikasi Setting > Kontak > Tampilkan semua kontak.

Cara terakhir saat semua trik di atas tidak berhasil

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan saat semua trik di atas tidak berhasil adalah dengan instal ulang aplikasi. Sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda melakukan backup lebih dulu untuk memastikan chat- chat penting tidak hilang saat WA di instal kembali.

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh saat kontak WhatsApp hilang secara tiba- tiba atau tak terdeteksi. Pada umumnya kontak bisa kembali dengan trik pertama. Tapi ada juga beberapa kasus dimana kontak tetap tidak terdeteksi meskipun sudah clear cache.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba opsi trik lain yang disediakan di artikel Panda ini. Semoga dengan beberapa opsi trik ini, nomor kontak WA yang hilang dari smartphone Anda bisa kembali lagi.


Selain itu, pernahkah Kamu memiliki suatu chat rahasia dengan seseorang di WhatsApp yang tidak ingin isinya diketahui oleh siapapun?

Kabar baik untukmu, WhatsApp ternyata memiliki sebuah fitur sederhana yang bisa membantu menyembunyikan chat atau percakapan seseorang tanpa perlu menghapusnya. Bagaimana cara menyembunyikan chat WhatsApp tanpa perlu kalian menghapusnya? Simak selengkapnya di tautan “Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Dihapus.”

Artikel Menarik Lainnya :   Begini Cara Menggunakan Dark Mode (Theme Gelap) di WhatsApp



Selamat mencoba!

Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x