Type to search

Apps & Tools

9 Aplikasi Analitik Instagram Terbaik, Bisa Cek Follower dengan Mudah

Aplikasi analitik Instagram terbaik

Tool analitik Instagram adalah tool wajib bagi Anda yang ingin serius dalam mengelola akun Instagram Anda. Dengan tool ini, Anda akan mudah memahami insight akun Anda. Mulai dari jumlah follower dan pertumbuhannya, konten populer, dan demografi.

Follower instagram sendiri sering menjadi rujukan utama untuk popularitas sebuah brand atau akun di Instagram. Dengan follower yang banyak, potensi akun untuk tujuan apapun bisa dimaksimalkan.

Layanan Analitik Instagram Terbaik

Rasanya mustahil dan tidak efektif jika kita melakukan monitoring akun instagram secara manual. Melihat naik turunnya Instagram secara berkala bisa sangat tidak akurat. Cara yang terbaik adalah dengan menggunakan tool atau aplikasi analitik.

Dengan tool ini, Anda bisa melakukan manajemen akun Instagram dengan efektif dan optimal. Selain mendapatkan insight terhadap pertumbuhan follower, ada analisis lain yang bisa Anda manfaatkan untuk optimasi akun Instagram Anda.

1. Insight/ Analitik Bawaan Instagram

Instagram dilengkapi dengan tool analitik bawaan yang memudahkan pengguna untuk monitoring perkembangan akun. Dengan fitur ini, pengguna juga bisa mengecek penambahan dan pengurangan follower.

Berikut ini adalah data- data yang bisa dieksplor dengan analitik bawaan instagram :

  • Jumlah penambahan follower
  • Jumlah orang yang berhenti mengikuti
  • Data demografis follower (lokasi, usia, gender)
  • Jumlah jangkauan postingan, impresi, dan engagement
  • JUmlah kunjungan ke profil dan situs web
  • Engagement konten dan story
Instagram insight, analitik bawaan dari Instagram

Karena fitur ini adalah bawaan Instagram, maka untuk penggunaannya 100% gratis. Hanya saja, pengecekan ini hanya bisa dilakukan untuk akun Instagram bisnis dan akun dengan interaksi tinggi saja. Selain itu, kelemahan dari insight Instagram ini adalah tidak bisa ekspor data analitik dan keterbatasan akses.

2. Social Bakers

Socialbakers adalah platform manajemen media sosial untuk berbagai platform. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Linkedin, YouTube, dan Vkontakte.

Untuk pemula, Socialbakers relatif sulit untuk digunakan. Meski begitu, ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk optimasi akun Instagram Anda.

Berikut ini adalah beberapa fitur dari Social bakers :

  • Social media management
  • Content & Strategi
  • Analisis konten dan follower (cek pertumbuhan follower, interaksi konten, demografi & persona follower dengan cukup detail)
  • Publikasi dan penjadwalan konten
Social Bekers, tool Instagram Analytics

Karena fitur yang ditawarkan memang cukup lengkap dan premium, maka Socialbakers ini sendiri sekarang hadir sebagai aplikasi berbayar.

3. Simply Measured

Platform yang satu ini dikenal dengan layanan manajemen media sosialnya, sekaligus tool analitik Instagram gratis. Hanya saja, akun ini hanya bisa digunakan untuk akun- akun dengan jumlah follower kurang dari 25.000

Meski begitu, Simply Measured menawarkan laporannya yang lebih terperinci. Untuk menggunakannya, layanan ini mengharuskan Anda untuk mengikuti akun mereka di Twitter. Cukup menyebalkan untuk sebagian pengguna tentunya, heheheh…

Dengan layanan ini, Anda akan mendapatkan laporan terperinci dalam engagement postingan, persentase engagement, jenis engagement dan masih banyak data analisis lain yang bisa Anda gunakan untuk mengukur perkembangan akun Instagram Anda.

4. Owlmetrics

Owlmetrics adalah tool serba bisa untuk semua hal analitik Instagram. Tool ini bisa melacak semua poin data utama dari sebuah akun Instagram. Termasuk pertumbuhan follower, engagement, aktivitas tagar, akun kompetitor, dan rasio klik tayang.

Owl Metrics didesain untuk Anda yang merasa kurang puas dengan kinerja analitik bawaan dari Instagram. Misalnya dalam hal melacak engagement, pengguna akan mendapatkan analisa yang lebih detail.

Pengguna bisa melacak filter foto dan video paling menarik, tag dengan engagement tertinggi, waktu posting terbaik, postingan dengan engagement tertinggi, sumber engagement tertinggi, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari Owl Metrics :

  • Analisa mendalam terkait konten dan engagement
  • Analisa follower (geolocation, gender, usia, dsb)
  • Monitoring performa hashtag
  • Tracking performa kompetitor
  • Analisa klik
  • Manajemen tim
  • Data eksport
  • API Access
Owlmetrics untuk monitoring performa Instagram

Penggunaan layanan ini sendiri dibanderol mulai harga $25 per bulan. Harga yang lumayan dengan fitur yang sesuai tentunya.

5. Iconosquare

Iconosquare membantu memahami kaitan antara frekuensi posting dengan kedatangan dan hilangnya follower setiap hari. Dengan analisa ini, Anda bisa mengetahui mana konten yang disukai target follower dan mana postingan yang tidak mereka sukai.

Selain itu, Iconosquare juga bekerja seperti Buffer yang membantu manajemen posting konten di beberapa akun berbeda sekaligus. Pengguna sekaligus bisa melihat aktivitas komentar dan interaksi di setiap postingan, sekaligus memberi respon di platform yang sama.

Bagian terbaiknya, platform ini juga menawarkan pustaka konten luar biasa yang siap digunakan. Dengan begitu, pengguna bisa memanfaatkan pustaka tersebut untuk mengambil gambar beresolusi tinggi dalam hitungan detik.

Karena kombinasi fitur dan analitik nya ini, Iconosquare adalah tool yang menjanjikan untuk para freelancer atau agensi yang ingin menghemat waktu dalam mengelola banyak klien dari dasbor yang sama.

Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari Iconosquare :

  • Content analytic
  • Manajemen posting konten & scheduling
  • Library konten
  • Editorial calendar view
  • Analisa follower super lengkap, termasuk mengetahui tingkat popularitas mereka
  • Hashtag performa
  • Conversation
  • Tracking performa kompetitor
  • Monitoring performa hashtag
Iconosquare, tool untuk monitoring performa Instagram

Untuk menggunakan Iconosquare premium ini sendiri, pengguna harus merogoh kocek sekitar $29 per bulan.

6. Union Metrics

Union Metrics dapat menganalisa aktivitas 30 hari terakhir di akun Instagram. Hal ini termasuk memberikan info tentang postingan terbaik/ terburuk dan engagement follower. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan konten yang lebih disukai oleh follower.

Union Metrics juga memberikan analisa waktu postingan terbaik, dan hashtag yang perlu lebih dioptimalkan.

Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari Union Metrics :

  • Profile analysis
  • Content analytic
  • Monitoring performa hashtag
Union Metrics, tool analitik Instagram

7. SquareLovin

SquareLovin menggabungkan data agregat (data keseluruhan dan jumlah pengikut) dengan metrik individual pada setiap posting (dengan menampilkan engagement keseluruhan). Layanan yang satu ini memberikan insight mendalam yang menunjukkan waktu terbaik dalam konten.

Sebaliknya, tool ini juga secara eksplisit memberi tahu kapan seharusnya tidak memposting. Dengan begitu, Anda akan memanfaatkan waktu manajemen media sosial Anda dengan efektif.

Fitur utama SquareLovin antara lain: 

  • Content analytic & management
  • Menampilkan matrik sederhana yang mudah dipahami
SquareLovin, tool untuk analisa Instagram

8. Minter.io

Banyak tool analitik Instagram menampilkan informasi tentang kinerja akun IG atau masing- masing posting berdasarkan KPI spesifik yang dibuat. Minter.io melakukan lebih dengan memberi wawasan menarik ke dalam keputusan konten yang Anda buat.

Salah satu contohnya adalah saat Minter.io ini memberitahu Anda filter foto mana yang punya kinerja terbaik berdasarkan perbandingan beberapa metrik. Alih- alih hanya dengan sepotong data untuk memutuskan filter mana yang akan digunakan, tool ini memberi Anda titik data untuk perbandingan.

Minter.io juga cukup detail dalam cek follower dan menganalisanya lebih lanjut. Anda bisa melihat berapa banyak post dari follower Anda dibandingkan dengan follower Anda. Ini bisa membuang keragu- raguan Anda dalam mengatur frekuensi postingan.

Minter.io, tool analitik Instagram

9. SocialRank

SocialRank menyajikan metrik audiens super lengkap untuk Instagram dan Twitter. Tool ini melakukan identifikasi lengkap pola follower Anda sehingga bisa menawarkan kepada Anda pembaruan konten yang lebih baik.

Artinya, Anda akan mendapatkan detail seperti kata- kata populer yang banyak digunakan di bio dan postingan follower. Anda bahkan bisa melihat emoji terpopuler yang sering digunakan oleh target audience.

Jika Anda menggunakan data follower untuk pemasaran lokal, Anda bisa memanfaatkan fitur filter follower. Anda bisa menyaring pengguna berdasarkan lokasi sehingga bisa menjangkau kandidat potensial untuk pemasaran lokal.

Filter follower ini juga bisa mempersempit audiens ke dalam segmen kecil berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya saja jenis kelamin, perusahaan tertentu, lokasi, dan yang lainnya.

Beberapa fitur utama dari SocialRank :

  • Follower analytic
  • Content analytic
  • Data filtering & follower persona
  • Perbandingan karakter follower
Analitik Instagram dengan tool SocialRank

SocialRank bisa digunakan secara gratis untuk fitur yang sangat terbatas. Jika ingin mendapatkan fitur lengkap analitik nya, maka pengguna setidaknya harus upgrade ke paket Pro dengan biaya bulanan sebesar $24.

Kesimpulan

Di luar 8 daftar ini, ada banyak tool analitik Instagram yang bertebaran di internet. Ada yang berbayar dan juga premium dengan segala fitur menakjubkan yang ditawarkan.

Untuk menentukan tool mana yang sesuai, mungkin perlu menggali lebih dalam apa saja kebutuhan Anda. Apakah cukup memahami data audiens saja, atau ingin mencari lebih apa yang diinginkan oleh audiens?

Instagram adalah media sosial yang efektif untuk menjangkau audiens baru, meningkatkan kesadaran merek, serta meningkatkan keterlibatan dengan target pasar Anda. Dengan melakukan optimasi pada akun Instagram, akun Anda akan berkembang lebih pesat.

Dengan sendirinya, hal ini akan memberikan berbagai keuntungan untuk pemiliknya. Mulai dari jumlah follower yang meningkat, dan goal yang dibuat akun berjalan sesuai rencana.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya :   DesignCap, Tool Gratis untuk Membuat Desain Grafis Instan Berkualitas
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x