Type to search

Social Media

10+ Keuntungan Dahsyat Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Keuntungan menggunakan Instagram Bisnis

Bukan tanpa alasan saat seseorang memilih beralih menggunakan akun Instagram Bisnis. Terutama untuk toko online, atau siapapun yang ingin membangun kerajaan bisnis lewat Instagram, akun bisnis memberikan banyak keuntungan.

Yang paling kasat mata misalnya, akun Instagram bisnsi terlihat lebih profesional di mata pengunjung. Pengunjung dengan mudah menilai bahwa akun Anda adalah akun jualan serius. Begitu sederhananya.

Nah, di artikel kali Panda akan mengulas secara lengkap apa saja keuntungan menggunakan akun Instagram bisnis. Jikasebelumnya Anda sudah membaca tentang Ketahui 10+ Hal Ini Sebelum Mengubah Akun Pribadi ke Instagram Bisnis, kini kita akan bicara lebih lengkap tentang manfaatnya.

Manfaat & Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Memang apa untungnya sih mengubah akun Instagram pribadi menjadi bisnis?

Secara detail cukup bayak keuntungan yang diperoleh pengguna. Yang pasti, akun bisnis Instagram ini memang didesain untuk para pengguna Instagram yang ingin mengoptimalkan bisnis mereka di platform media sosial yang satu ini. Entah itu untuk jualan online secara langsung, membangun brand, menciptakan awareness, atau untuk komunitas edukasi tertentu.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan utama saat Anda mengubah akun Instagram pribadi menjadi bisnis :

1. Lebih Profesional

Menggunakan akun media sosial untuk kebutuhan bisnis akan lebih profesional saat berdiri sendiri. Artinya, akun benar- benar terpisah dari akun personal untuk manajemen posting, informasi kontak, dan kebutuhan lainnya.

Dan tentu saja menjadi Instagram bisnis adalah pilihan yang tepat. Karena akun terlihat profesional dan kredibel. Orang- orang akan tertarik untuk follow karena akun Anda fokus dan dapat dipercaya untuk membantu audiens dalam kebutuhan tertentu.

2. Akses Gratis ke Instagram Insight

Jika Anda ingin menggunakan Instagram untuk tujuan berbisnis, fitur ini tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya, insight adalah wawasan penting yang Anda butuhkan untuk mengembangkan akun Anda. Beberapa hal yang bisa Anda ketahui dari insight ini antara lain :

  • Jangkauan (Banyak tayangan, kunjungan profil, kunjungan situs web, akses ke kontak & email)
  • Konten terpopuler (postingan feed, IG story dan IGTV)
  • Tingkat keterlibatan
  • Konten populer
  • Tingkat pertumbuhan follower
  • Waktu interaksi terbaik
Membaca insight instagram

Dari deretan insight di atas, terlihat ada banyak hal yang bisa Anda optimalkan dari akun Anda, bukan?

Pertanyaannya, bagaimana cara mengakses insight Instagram ini?
Berikut langkah- langkahnya :

  • Pastikan akun Instagram Anda sudah akun bisnis
  • Buka akun Anda lewat aplikasi Instagram, lalu di bagian kanan atas, tap ikon menu tiga garis horisontal
  • Masuk ke bagian Insight

Selain dari Insight bawaan Instagram, Anda juga bisa menganalisa akun bisnis Anda lebih detail lagi melalui tool analitik Instagram. Dengan begitu, ada semakin banyak hal menarik yang bisa Anda eksplore dan kembangkan dari akun Anda.

3. Posting di Waktu Terbaik Follower

Yes, Instagram Insight sudah jelas memberi Anda banyak rekomendasi peningkatan akun. Salah satunya adalah menentukan waktu terbaik untuk posting sesuai jam aktif follower.

Dengan waktu terbaik posting Instagram, artinya konten Anda akan menjangkau lebih banyak audiens potensial. Akhirnya, postingan terbaik Anda mendapatkan tingkat respon yang baik seperti yang Anda harapkan.

4. Menganalisa Karakter Follower

Siapa saja follower Anda? Dari mana kebanyakan mereka berasal? Apakah kebanyakan dari mereka pria atau wanita? Berapa range usia mereka?

Deretan pertanyaan ini akan mudah Anda jawab saat menggunakan akun Instagram bisnis. Anda bisa mengenal persona buyer Anda dan dengan ini bisa menyiapkan deretan strategi terarah untuk mengembangkan akun Anda.

5. Strategi Konten Marketing yang Relevan

Bagaimana bisa Anda membuat konten marketing yang optimal jika Anda tidak tahu untuk siapa konten itu ditujukan? Anda bahkan tidak tahu topik apa yang mereka sukai atau karakter gaya bahasa apa yang relevan untuk audiens Anda.

Lagi- lagi, ini keuntungan menarik dari akun Instagram bisnis. Karena mengenal baik siapa saja karakter follower dan konten apa yang mereka sukai, Anda akan terdorong untuk menciptakan jenis konten yang relevan untuk mereka. Konten- konten Anda selanjutnya akan menghasilkan engagement lebih tinggi karena strategi konten marketing yang lebih terarah.

6. Strategi Promosi yang Terarah

Berbekal konten marketing yang relevan, memahami demografis dan karakteristik follower, strategi promosi yang Anda buat pasti lebih terarah. Ini tidak bisa diganggu gugat, kecuali Anda sengaja tidak mengoptimalkan data Instagram insight tadi.

Entah itu promosi yang bersifat organik atau berbayar, seperti endorsement, hasilnya akan menjadi lebih optimal karena Anda menyesuaikan dengan ketertarikan audiens.

7. Mendorong Pertumbuhan Follower yang Optimal

Biasanya orang akan memfollow akun yang membuat mereka merasa mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Akun Instagram bisnis menawarkan apa yang audiens cari, karena lebih tertata secara konten dan strategi promosi.

Jenis akun ini juga menjadi magnet untuk menambah follower baru karena terlihat meyakinkan dan bisa diandalkan. Bukan akun tipu- tipu atau iseng- iseng berhadiah. Saat si calon follower merasa akun Anda sudah sesuai dengan minatnya, dia tidak akan ragu untuk memfollow akun Anda.

Tidak heran, akun Instagram bisnis ini biasanya akan mengalami pertumbuhan jumlah follower yang lebih optimal dibanding akun biasa yang dikelola apa adanya.

Cara menambah follower Instagram
Image via Sprout Social

8. Calon Pembeli Bisa Menghubungi dengan Mudah

Saat menjadi profil bisnis, ada tiga tab kontak yang memperpendek jarak Anda dengan calon pembeli. Yaitu tab Telepon, Email dan Petunjuk Arah. Ketiganya akan membantu Anda untuk terhubung dengan lebih mudah kepada audiens.

Selain itu, Anda juga bisa melihat statistik berapa orang yang mengklik tab tersebut melalui insight. Dan tentu saja, follower Anda tetap bisa mengirim pesan melalui Direct Message seperti biasa. Hanya saja, mereka mendapat akses lebih mudah dalam menghubungi Anda dari channel lain.

9. Membalas Komentar dan Pesan via Fanpage

Saat mengubah akun Instagram menjadi bisnis, Anda diminta untuk menghubungkan akun dengan fanpage. Di saat fanpage dan Instagram sudah terhubung, Anda dapat melihat notifikasi komentar dan pesan Instagram di fanpage, sekaligus membalas pesan yang masuk via fanpage tersebut.

Dengan cara ini, setiap komentar dan pesan yang masuk di akun Anda akan termonitor dengan lebih efektif. Anda juga dapat merespon setiap pesan dengan optimal karena terhubung ke dalam satu manajemen pesan.

10. Informasi Kategori Instagram Bisnis

Informasi kategori bisnis akan muncul untuk akun Instagram yang sudah beralih menjadi profil bisnis. Kategori ini akan sama persis dengan kategori yang telah disetel sebelumnya di fanpage terhubung.

Jadi jika di fanpage kategorinya adalah Community, maka di Instagram adalah Community. Jika di fanpage adalah shopping & retail, maka di Instagram pun akan sama.

11. Bisa Beralih ke Instagram Pribadi Kapan Saja

Keuntungan lain dari menggunakan akun Instagram bisnis adalah tidak ada ruginya, karena bisa beralih ke akun Instagram pribadi kapan saja. Meski begitu, Anda perlu mempertimbangkannya betul- betul. Karena ada banyak manfaat yang Anda peroleh saat berbisnis di medsos dengan Instagram bisnis.

Namun jika Anda mempunyai pertimbangan lain, tentu saja beralih ke akun pribadi adalah hak Anda. Dengan beralih ke akun pribadi, maka fitur- fitur bisnis otomatis akan ikut hilang. Tidak ada lagi kategori bisnis, tab kontak, dan Instagram Insight.

Kesimpulan

Instagram adalah media sosial yang sangat efektif untuk mengoptimalkan potensi promosi sebuah brand dan produk. Namun, efektifitas ini akan mulai terjadi saat Anda menggunakan akun Instagram Bisnis.

Melalui akun bisnis, Anda akan mengenal lebih dekat persona buyer Anda. Anda bisa mengenal demografis dan karakteristik follower Anda, dan selanjutnya mempersiapkan stratego konten dan promosi yang relevan dan menghasilkan keterlibatan tinggi.

Dengan segala keuntungan dari Instagram bisnis, sudah siapkah Anda mengoptimalkan strategi media sosial Anda?

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Neswteen
9 months ago

masih belajar analitik instagram

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x