Type to search

Apps & Tools

5 Video Editor Gratis Terbaik Tanpa Watermark untuk Windows/ Mac

Memilih software video editor terbaik

Untuk menjadi marketer professional di era digital, video editor tentu dalam list kebutuhan Anda. Entah Anda memilih menggunakan video editor gratis, atau berbayar.

Pasalnya, konten video adalah salah satu media branding dan promosi terbaik saat ini. Anda bisa menggunakan rekaman mentah, lalu mengeksekusinya menjadi video professional yang memukau.

Membuat video yang menarik mungkin memang tidak mudah. Anda membutuhkan konsep yang menarik dan pengambilan gambar yang baik. Video berkualitas ini akan berbicara banyak tentang promosi Anda.

Video editor ini cukup banyak jenisnya. Mulai dari yang professional dengan label harga yang lumayan menguras kantong, hingga yang gratis dan ramah anggaran.

Mana yang seharusnya Anda pilih? Tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan campaign promosi Anda.

Software Editor Video Gratis Tanpa Watermark

Jika penggunaannya cukup intens dan Anda membutuhkan banyak fitur, Anda membutuhkan video editor profesional. Namun bila tidak, cobalah menjajal video editor gratisan lebih dulu. Identifikasi lah kebutuhan Anda lebih dulu.

Bicara soal video editor gratis, ada banyak software video editor di luar sana yang mengklaim diri mereka gratis. Namun setelah dicoba, ternyata dilengkapi dengan watermark besar saat diekspor. Wahhh, merasa tertipu?

Bagi Anda yang ingin tampil professional, kehadiran watermark ini cukup mengganggu, bukan? Pasti!

Di artikel ini, Panda akan membagikan beberapa referensi populer editor video gratis, tanpa watermark. Mari simak mereka di daftar berikut ini :

1.     VSDC Free Video Editor

Kompatibel untuk : Windows

VSDC Editor

Sudah sejak lama VSDC menjadi salah satu yang populer, dalam daftar video editor gratis terbaik, yang tersedia secara online. Video editor ini membantu para marketer professional untuk menciptakan demo produk. Anda juga bisa menggunakan VSDC sebagai campaign untuk konten video edukasi.

VSDC tidak meninggalkan watermark di setiap video yang Anda edit. Selain menghasilkan video dengan kualitas mengesankan, VSDC juga mendukung berbagai format file. Dengan begitu, pengguna bisa membuat video dan mempostingnya di situs berbeda secara online.

2.     OpenShot

Kompatibel untuk Windows dan Mac

Openshot Editor

Jika Anda mencari software video editor yang kaya akan fitur, namun mudah untuk mengerjakan proyek video pendek mereka, OpenShot mungkin yang Anda inginkan.

Dengan software ini, pengguna dapat memotong, menscale dengan lancar, atau mengubah ukuran klip video, sambil mencampur informasi audio dengan tool drag & drop yang sederhana.

OpenShot memang tidak mempunyai kemampuan mengedit multi-cam. Meski begitu, video editor ini kaya dengan banyak fitur canggih lainnya termasuk di dalamnya alat animasi 3D dan fungsi kunci chroma. Tool video editor ini cocok untuk para professional, karena deretan fitur menariknya tersebut.

Untuk pemula yang ingin membuat video untuk media sosial dan saluran YouTube, tool ini salah satu rekomendasi terbaik.

3.      Lightworks

Kompatibel untuk Windows dan Mac

Lightworks, editor video gratis tanpa watermark

Anda tidak perlu lagi meragukan reputasi Lightworks. Untuk Anda yang membutuhkan software editor tingkat professional, Lightworks salah satu yang terbaik di kelasnya.

Software ini tercipta dengan banyak fitur menarik untuk penggunanya. Lightworks mempunyai hampir semua fitur versi pro dengan batasan format output saja. Dengan begitu, Anda bisa bebas bereksplorasi menghasilkan video berkualitas.

Yang lebih menarik lagi, Lightworks juga telah digunakan untuk mengedit film- film Hollywood populer. Film seperti The Wolf of Wall Street dan Pulp Function disebut menggunakan video editor ciamik ini. Tergoda untuk mencoba?

4.     Shotcut

Kompatibel untuk Windows dan Mac

Shotcut

Shotcut adalah open source video editor yang memperluas dukungannya ke berbagai format file video. Salah satu fitur unggulan dari Shotcut adalah pengeditan garis waktu native yang tidak memerlukan proyek impor dari sistem.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan beberapa tindakan intuitif. Misanya saja, mengunci bentuk gelombang, dan multitracks untuk membuat video yang luar biasa.

Shotcut menghasilkan video dengan efek video/ audio yang mengagumkan, dan laju bingkai variable. Dengan begitu, setiap pengguna dapat merancang video promosinya dengan mudah.

5.     DaVinci Resolve

Kompatibel untuk Windows dan Mac

Davinci Resolves, software video editor gratis tanpa watermark

DaVinci Resolve adalah tool video editor dengan serangkaian fitur tingkat professional yang mengagumkan. Tool ini sesuai untuk colorist, editor, dan pembuat video professional.

Anda bisa mix, editing, merekam, dan mempermanis, serta menguasai sinyal audio dengan ruang audio 3D lengkap saat bekerja pada 1000 saluran berbeda. DaVinci Resolve juga bisa membantu Anda untuk mengubah warna bibir, mencerahkan mata, atau menghaluskan warna kulit.

Fitur andalan dari editor ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan banyak orang di proyek. Bersama dengan tim, Anda bisa secara bersamaan dengan menggunakan fitur obrolan, bin locking, dan penggabungan waktu. Dengan semua fitur ini, DaVinci Resolve sangat direkomendasikan untuk para professional.

Untuk menggunakan fitur- fitur canggih dalam video editor ini, seperti pengeditan 4K, Anda harus meng-upgrade ke versi Pro terlebih dulu. Namun jika Anda membutuhkan fitur basic saja, maka versi gratisan pun sudah cukup OK.

Kesimpulan

Bagaiman cara memilih video editor gratis tersebut? Semua tentunya perlu kita sesuaikan dengan kebutuhan dasar pengguna.

Kelima video editor di atas kaya dengan fitur interaktif, yang memungkinkan Anda untuk membuat video yang menarik dan professional. Semua software tersebut dapat Anda unduh secara gratis, dari situs web resmi mereka. Kabar baiknya lagi, tidak ada watermark di setiap video yang Anda edit.

Jika perlu membandingkannya secara umum, VSDC dan OpenShot populer karena desainnya yang lebih ramah pengguna, karena akses ke fitur tingkat professional. Namun, keduanya mempunyai antarmuka dasar dan terbatas.

Lightworks punya kinerja luar biasa dengan pengeditan gaya Hollywood. Namun, versi gratisnya mempunyai opsi yang cukup terbatas. Sedangkan ShotCut bisa memberikan dukungan untuk berbagai fungsi dan format yang lebih sering para editor butuhkan.

Mana yang paling menarik dan Anda butuhkan? Memilih salah satunya, mungkin memang tidak mudah.

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x