Type to search

Apps & Tools SEO

Google News : Manfaat & Tutorial Cara Mendaftar Google News Terbaru

Manfaat & Tutorial Cara Mendaftar Google News Terbaru

Anda Pernah mendengar tentang Google News? Google News adalah layanan kompilasi berita dari berbagai media yang disajikan secara otomatis dalam feed Google. Dalam layanan ini, pencarian tetap disertakan agar pengunjung lebih mudah dalam mengakses berita.

Ada banyak alasan mengapa Google News menjadi primadona tersendiri untuk para pemilik website. Dengan terdaftar di Google News, trafik dapat meningkat berkali- kali lipat. Selain itu, ada juga keuntungan menarik lainnya.

Nah di artikel ini, kita akan mengulas secara lebih mendalam apa itu Google News, apa kelebihannya, persiapan situs web, dan yang paling penting, bagaimana cara mendaftarkan website ke Google News. Sudah siap?

Apa itu Google News?

Persis seperti yang kami ungkapkan di awal, Google News adalah layanan Google yang berfokus pada penyajian konten otomatis dari berbagai website di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Google News dapat diakses dengan mudah melalui desktop atau bahkan di handphone melalui aplikasi. Pengguna juga tidak diharuskan login untuk mulai menikmati layanan ini.

Tanpa aplikasi, pengguna juga bisa menikmati layanan ini dengan mudah melalui personalized content. Artinya, pengguna akan menikmati berita berdasarkan topik, lokasi, atau sumber berita.

Saat website terdaftar dalam Google News, ia mendapat kanal khusus dalam berita dan mendapatkan prioritas dalam pencarian. Mudah ditebak kan keuntungan yang bisa kita peroleh?

Layanan ini sendiri berbeda dengan UCweb News yang mengcopy konten dan hanya memberikan link ke alamat asal blog sehingga sedikit kesempatan untuk pemilik website untuk mendapatkan trafik tambahan.

Google News hanya menampilkan cuplikan pencarian atau berita yang direkomendasikan tanpa membuat jaringan situs dengan menjiplak isi konten. Dengan begitu, semua klik yang terjadi adalah trafik organik yang bisa dinikmati blogger.

Manfaat Menggunakan Google News

Kunjungan pengguna dalam layanan ini dalam sebulan bisa mencapai 500 juta di seluruh dunia. Dengan memanfaatkan layanan ini secara tepat, maka situs web Anda akan ketularan dampak positifnya.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh saat terdaftar di Google News :

Prioritas dalam Hasil Pencarian

Google News tak akan ragu- ragu untuk menempatkan situs web dengan konten berita unik dan berkualitas untuk muncul di hasil teratas pencarian. Dalam kondisi ini, tentu Google menganggap bahwa situs Anda layak untuk ditempatkan di posisi teratas mesin pencari.

Menjadi konten prioritas di Google News


Sama seperti kompetisi SEO, mendapatkan posisi ini memang bukan hal mudah. Anda harus melakukan optimasi dan update konten secara terus menerus. Jika hal ini sudah menjadi bagian dari situs web Anda, maka mendapatkan posisi teratas dalam Google News bukanlah hal mustahil.

Trafik Organik Meningkat berkali- kali Lipat

Ratusan juta pengguna Google News dalam sebulan adalah jaminan bahwa layanan ini akan meningkatkan trafik organik Anda berkali- kali lipat. Bukan itu saja, pengunjung blog Anda bisa dipastikan berasal dari trafik yang berkualitas.

Mengapa begitu? Salah satunya karena adanya fitur personalized content yang membantu pengunjung untuk menemukan topik yang relevan sesuai kebutuhan mereka.

Media Branding yang Efektif

Google News juga bisa menjadi media branding yang efektif saat Anda mempunya konten yang bagus dan konsisten. Pengunjung akan sering kembali ke website Anda karena dianggap sebagai ahli di bidangnya.

Misalnya saja kita mengenal TechinAsia sebagai situs dengan bacaan menarik di bidang teknologi. Sampai kini situs tersebut menjadi platform media premium dengan biaya langganan bulanan.

Peluang Backlink Berkualitas

Situs yang sering muncul dalam Google News sering disebut mempunyai kualitas mentereng. Tidak heran, kadang situs tersebut sering dijadikan referensi dalam menulis ulang konten.

Artinya, akan ada beberapa blogger yang akan menjadikan situs Anda sebagai rujukan dalam membuat konten dan bukan tidak mungkin akan memberikan backlink secara cuma- cuma.

Tidak Perlu Keluar Uang untuk Iklan

Tidak jarang pemilik website beriklan untuk mempromosikan sebuah website. Namun jika ingin mendatangkan trafik organik secara murah meriah dan berkualitas, Google News adalah rekomendasi terbaik.

Tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, Anda bisa menikmati peningkatan trafik organik berkualitas ke situs Anda.

Syarat Mendaftar Google News agar Mudah Diterima

Setelah tahu manfaat mendaftar Google News, tentu keinginan Anda semakin besar untuk menjadi bagian dari layanan ini. Nah, sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu mengetahui syarat- syarat berikut lebih dulu :

1. Siapkan Blog Berita

Blog berita bukan berarti harus berita kriminal atau politik itu- itu saja. Namun, Anda perlu bisa juga situs web sesuai niche atau topik utama blog Anda.

Proses seleksi pendaftaran Google ini sendiri dilakukan secara manual oleh pihak Google. Mereka ingin memastikan blog Anda sesuai dengan visi dan misi dari layanan mereka, yaitu menyediakan berita terbaru dan penting, sesuai kebutuhan pembaca.

2. Sajikan Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah kunci untuk menang dari segala kompetisi. Hal ini tentu berlaku juga dengan kompetisi di Google News.

Beberapa faktor konten berkualitas yang dimaksud disini antara lain :

Original, Bukan Jiplakan Konten Orang Lain

Originalitas konten adalah kunci kesuksesan sebuah blog. Anda bisa melakukan riset konten berdasarkan niche Anda atau menulis ulang dari konten orang lain dengan gaya bahasa Anda sendiri. Intinya, jangan menjiplak langsung.

Konsisten sesuai Niche

Bog Anda disarankan untuk fokus pada topik tertentu saja agar pengunjung lebih mudah dalam memahami konten blog. Selain itu, Google News juga menjadi lebih mudah dalam mengkategorikan blog tersebut.

Selalu Terupdate

Blog berita menuntut Anda untuk bisa menerbitkan konten setiap hari. Bahkan sebisa mungkin, konsisten lah untuk membuat lebih dari satu konten setiap harinya.

Jika memungkinkan, coba untuk menggunakan beberapa penulis untuk membuat artikel berbeda untuk diterbitkan di hari yang sama. Hal ini lumrah dilakukan oleh website berita lain saat akan mendaftarkan situs mereka ke Google News.

Hindari Konten yang Dilarang

Google News melarang penerbitan konten yang menampilkan kekerasan, kebencian, atau konten seksual atau konten yang berkaitan dengan hak cipta. Jika Anda terkait dengan konten- konten tersebut, sudah pasti pendaftaran Anda akan ditolak.

3. Perhatikan Struktur Website

Struktur website juga menjadi salah satu tolak ukur penting dalam pendaftaran di Google News.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  • Struktur Permalink yang Konsisten
  • Mobile friendly
  • Navigasi yang baik

Apakah situs web Anda bermasalah dengan tiga hal tersebut?

Jika iya, cobalah untuk memperbaikinya sebelum mendaftar ke layanan ini. Website Anda disarankan tidak terlalu banyak menggunakan javascript dan menggunakan kode pemrograman yang sederhana.

4. Jelaskan Identitas Website dengan Baik

Informasi blog sangat penting dalam tahapan verifikasi. Pastikan Anda sudah menyelesaikan tahapan dasar situs web sebelum pendaftaran. Salah satunya, memastikan halaman About/ Tentang Kami mampu menjelaskan identitas blog dengan baik.

Jika Anda menggunakan beberapa kontributor atau penulis konten berita di blog, pastikan profil mereka disebutkan dengan jelas. Bukan hanya nama mereka, namun juga foto dan profil mereka.

5. Gunakan TLD

Bukan hal wajib, namun menggunakan TLD atau top level domain akan meningkatkan kualitas blog dalam proses review Google News. TLD akan menambah nilai kepercayaan karena pengguna TLD dianggap lebih serius dalam menggarap situs web mereka.

Cara Mendaftar Google News

Sudah mempersiapkan syarat- syarat untuk mendaftar Google News? Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan :

  • Pastian situs yang akan didaftarkan sudah diverifikasi di Google Search Console
  • Catat ID Google Analytic Anda
  • Catat alamat feed situs yang akan didaftarkan dan pastikan alamat feed tersebut valid
  • Logo berukuran square (minimal 512×512) dan ukuran rectangle

Setelah itu, Anda bisa mengikut langkah- langkah berikut ini :

1. Masuk ke Google Publisher Center

Anda akan masuk ke layanan ini dengan akun Google Anda.

2. Menambahkan Blog Anda

Klik add publication untuk mendaftarkan situs baru di Google News. Masukkan nama website Anda, kemudian Simpan.
Menambah publikasi di Publisher Center

3. Masukan Informasi Website

Setelah klik Simpan, Anda akan diminta untuk memasukkan data- data situs web Anda. Ada 6 tabs yang harus Anda cek satu per satu, yaitu :

  • General
  • Content
  • Images
  • Ads
  • Advance
  • Review & Publish

Di tab General, masukkan informasi tentang situs web Anda. Mulai dari nama website, deskripsi website, kategori,bahasa &  negara, alamat website, dan ID Google Analytics.
Menambahkan informasi di Google News


Di bagian Content, masukkan jenis publikasi yang ingin Anda tampilkan dan alamat URL yang sesuai untuk masing- masing publikasi. Di bagian Content Labels, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan :

  • Opinion : jika publikasi Anda berisi opini
  • User generated content: jika konten buatan pengguna telah melalui penyuntingan di situs Anda
  • Blog: untuk konten bersifat blog (centang opsi ini)
  • Press release: bila website  Anda juga menerbitkan siaran pers
  • Satire: bila website Anda bertema satire

Pengaturan konten di Google News
Dalam beberapa kali percobaan, bagian Content Labels ini membutuhkan beberapa saat untuk bisa diakses. Biasanya ini terjadi saat kita baru memasukan alamat URL atau feed di bagian content.


Sama halnya dengan bagian verified di bagian bawah. Setelah bot berhasil mengidentifikasi alamat URL dan feed, maka keduanya akan bisa diakses kembali. Jadi tidak perlu panik di awal.

Di tab Images, masukkan logo berukuran square (minimal 512*512px) dan rectangle (minima (200*20px). Buatlah keduanya dalam format .png.

Di tab Ads, Anda bisa menghubungkan langsung akun Google Adsense dengan publikasi Anda. Jika ragu, biarkan pengaturan ini sesuai default nya. Bagian terpentingnya adalah menghubungkan akun Adsense Anda.

Bagian Advance dapat Anda biarkan begitu saja atau memberikan pengaturan tambahan jika diperlukan.

4. Review & Publish

Setelah mengisi semua step, Anda akan masuk ke tab terakhir, Review & Publish. Di bagian ini, Anda akan melihat status “1 empty section” saat akan di-submit. Ini sering terjadi saat proses crawling belum sempurna. Tunggulah hingga beberapa saat atau kembali beberapa jam kemudian.
Step review & publish Google News

Setelah empty section tersebut menghilang dan feed/ URL content berhasil terbaca, Anda bisa melanjutkan klik review Term of Service, mengisi informasi yang diperlukan, mencentang, dan klik Publish.

5. Selesai

Menunggu proses review Google NewsLangkah terakhir adalah menunggu proses review dari Google selesai dilakukan. Proses ini bisa memakan waktu 1 – 3 minggu.

Kesimpulan

Mendaftarkan website ke Google News adalah salah satu upaya terbaik untuk melipatgandakan traffic website. Selain relatif mudah dilakukan karena proses pendaftaran mudah, nyaris tidak ada kesulitan yang berarti dalam pengaturannya.

Namun tugas Anda tidak berhenti sampai proses pendaftaran saja. Setelah diterima oleh layanan ini, tugas Anda selanjutnya harus memastikan kualitas konten Anda semakin baik dan konsistensi dalam update konten terjaga.

Semangat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   9 Point Penting untuk Strategi SEO Jangka Panjang yang Efektif
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x