Type to search

Tokoh

Biografi Lengkap Jack Ma : Founder Alibaba yang Menjadi Inspirasi Milyaran Orang di Dunia

Biografi dan Kisah Jack Ma

Biografi Jack Ma akan menjadi santapan positif untuk Anda. Reputasi tokoh yang satu ini sebagai pebisnis tak perlu kita ragukan lagi. Sosoknya adalah tokoh yang menjadi panutan dan inspirasi milyaran orang di dunia. Terutama para pelaku startup di dunia, termasuk di Indonesia.

Pria kelahiran Hangzhou,Zhejiang, Tiongkok, 15 Oktober 1964 ini juga pernah muncul di Forbes dalam daftar biliuner dunia. Ia juga masuk ke dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2015, di urutan 22.

Meski mempunyai pencapaian bisnis yang luar biasa, Jack Ma sebenarnya bukan terlahir dari keluarga kaya. Sebaliknya, ia terlahir dari keluarga ekonomi kebawah. Ia mengalami banyak jatuh bangun, dan sempat mengalami sulitnya mencari pekerjaan.

Itulah mengapa kisah dan biografi Jack Ma sangat menarik untuk kita kupas bersama. Dan tentu saja, ada banyak pengalaman dan nasehat berharga yang kita petik dari tokoh yang satu ini.

Biografi, Profil dan Perjuangan Jack Ma

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan istilah from zero to hero. Dan ungkapan ini sangat tepat untuk disematkan pada seorang Jack Ma. Di balik pencapaiannya yang luar biasa, ia mengawalinya dari kerja keras yang berdarah- darah.

Biodata Jack Ma

Nama LahirMa Yun
Nama PopulerJack Ma
Tempat LahirHangzhou, Zhejiang, China
Tanggal Lahir15 Oktober 1964
KewarganegaraanChina
PendidikanHangzhou Normal University (1988), Cheung Kong Graduate School of Bussines, Beijing (2006)
IstriMa Zang Yun (Cathy Zang)
Nama AnakMa Yuankun, Ma Yuanbao
Nama AyahMa Laifa
Nama IbuCui Wencai
Kekayaan BersihUS $44,3 Milyar (Januari, 2020)

Masa Kecil Jack Ma

Founder dari Alibaba ini lahir pada 15 Oktober 1964 di Hangzhou, Tenggara China. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ia mempunyai satu kakak laki- laki, dan satu adik perempuan.

Ma tumbuh dalam lingkungan komunis dan saat itu masih sangat tertutup dengan dunia barat. Keluarga Ma sendiri termasuk ke dalam keluarga ekonomi menengah kebawah. Orangtuanya berprofesi sebagai pemusik dan pendongeng tradisional. Setiap bulannya, ayahnya hanya mendapat pensiunan bulanan sekitar Rp 500.000 untuk menghidupi keluarganya.

Foto masa kecil Jack Ma bersama sudaranya
Foto masa kecil Jack Ma

Dalam tubuh kecilnya, banyak orang terdekat menyebut Ma sebagai sosok berjiwa besar, sekaligus pemberani. Ia tak segan untuk melawan teman sekelasnya yang bertubuh besar yang mengganggunya.

Belajar Bahasa Inggris dari Turis Asing

Tahun 1972 adalah tahun penting dalam kehidupan Jack Ma di masa pra remajanya. DI tahun itu, Hangzhou yang menjadi kampung halaman Ma mendapat kunjungan dari presiden Amerika Serikat kala itu, Richard Nixon.

Usai kunjungan tersebut, Hangzhou menjadi kiblat wisata China. Ada banyak pembangunan yang pemerintah China lakukan untuk memugar kawasan tersebut agar ramah wisata. Tempat wisata diperbarui, dan hotel banyak dibangun untuk menyambut kunjungan turis asing.

Sebagai salah satu remaja di lingkungan tersebut, Ma mencoba ambil bagian. Usai pulang sekolah, ia sering berlari menuju ke hotel atau stasiun untuk menjemput turis- turis asing. Dengan senang hati, ia akan menjadi pemandu wisata untuk para turis.

Potret Jack Ma bersama turis asing
Jack Ma saat bersama turis asing

Kebiasaan barunya ini membantu kemampuan bahasa Inggris Ma terasah dengan sangat baik. Ia juga mengaku mendapat banyak ilmu dan pengalaman berharga dari para turis, yang tak pernah ia peroleh dari guru sekolah atau buku yang ia baca. Dan tentu saja, ia mendapat penghasilan tambahan yang lumayan kala itu.

Karena kemampuan berbahasa Inggrisnya yang baik, nama “Jack” kemudian tersemat di nama depannya. Nama ini sendiri adalah pemberian dari salah satu turis asing yang pernah ia pandu. Siapa sangka, nama ini kemudian menjadi perbincangan banyak orang di masa depan.

Menjadi pemandu wisata mengasah kemampuan berbahasa Inggris Jack Ma
Menjadi pemandu wisata mengasah kemampuan berbahasa Inggris Jack Ma

Perjuangan untuk Kuliah dan Menjadi Guru

Ma menyadari, jika ingin tarah kehidupan dan keluarganya membaik, maka ia harus meraih pendidikan yang lebih baik. Ini bukan hal yang mudah untuk orang- orang dengan latar belakang keluarga seperti yang ia miliki kala itu.

Menurut pengakuannya, Ma mengalami penolakan di banyak sekolah, termasuk saat di bangku sekolah dasar karena nilai matematikanya yang jelek.

Usai lulus sekolah tingkat tinggi, Ma mencoba kuliah dengan mendaftar di beberapa universitas. Ia butuh kesempatan ketiga  setelah sebelumnya di Hangzhou Teachers Institute menolaknya sebanyak dua kali. Ia diterima dan lulus pada 1988.

Selain Hangzhou Teachers Institute, Ma juga mengungkap kalau dirinya pernah ditolak oleh Harvard University sebanyak 10 kali, seperti yang ia lontarkan dalam World Economic Forum 2016.

Usai wisuda, Ma mengirim banyak lamaran pekerjaan di banyak perusahaan. Salah satu adalah di KFC, yang lagi- lagi berujung pada penolakan. Dari 24 pelamar, hanya 23 orang yang diterima bekerja. Artinya, Ma adalah satu- satunya calon karyawan yang tidak lolos.

Selanjutnya, Ma menekuni profesi sebagai seorang guru bahasa Inggris karena kemampuan berbahasa Inggrisnya yang sangat baik. Gaji yang Ma terima itu cukup kecil, hanya $12 sebulan. Meski begitu, ia menikmati profesinya itu karena bisa berbagi cerita dengan banyak anak didiknya.

Kisah Jack Ma Dalam Meraih Sukses

Dari seorang guru bahasa Inggris dengan gaji pas- pasan, Jack Ma kini dikenal sebagai milyarder wahid dan menjadi salah satu orang terkaya dunia. Dan seperti yang kita tahu, ini semua berkat Alibaba yang sukses secara fenomenal.

Merintis Alibaba

Pada 1995, Jack Ma melakukan sebuah perjalanan bisnis ke Amerika Serikat. Disinilah ia pertama kali berkenalan dengan internet. Dengan iseng ia melakukan pencarian dengan mengetik kata kunci “beer” dan “China”.

Sayangnya, hal ini justru membuatnya terkejut karena hasil pencarian di mesin pencari itu tidak satu pun menunjukkan bir buatan China. Saat itu ia mulai berpikir untuk membuat website khusus untuk produk- produk China. Disinilah ia mulai berpikir untuk membantung situs Alibaba.com.

Meski tidak mempunyai background pendidikan yang berkaitan dengan dunia komputer dan teknologi, hal ini tak menyurutkan ambisi Jack Ma. Ia punya misis besar untuk mendirikan sebuah perusahaan retail online terbesar di China, bahkan di dunia.

Empat tahun setelah pencarian kata kunci “beer” dan “China” tadi, Alibaba.com resmi berdiri. Alibaba.com adalah sebuah website yang menghubungkan para eksportir China dengan para pembeli di luar negeri.

Meski baru berdiri, Alibaba kala itu sudah bermimpi mengalahkan Ebay, yang merupakan situs eCommerce raksasa asal Amerika Serikat.

Jack Ma berupaya membuat perusahaannya ini mempunyai suasana kerja yang menarik dan atraktif. Ia bahkan membagikan Silly String pada seluruh karyawan nya yang bisa mereka gunakan untuk bermain di waktu istirahat.

Alibaba Jack Ma Berkembang Sangat Pesat

Di tahun 2000 an, Jack Ma merintis Taobao yang kemudian menjadi sangan berat eBay, dan mendapatkan sambutan hangat dari konsumen di China. Pada 2005, Yahoo menginvestasikan $1 billion di Alibaba, dengan timbal balik sekitar 40% saham perusahaan.

Nominal itu berarti besar untuk Alibaba yang saat itu tengah mencoba mengalahkan bisnis eBay di China. Keputusan ini sendiri juga menguntungkan untuk Yahoo karena sukses menghasilkan $10 miliar untuk IPO Alibaba.

Yahoo berinvestasi di Alibaba
Yahoo berinvestasi di Alibaba

Alibaba.com semakin besar dan berhasil Go Public pada 14 September 2014.

“Hari ini apa yang berhasil kita dapatkan bukanlah uang, melainkan kepercayaan publik..”

Jack Ma, dalam pidatonya

Sebulan sebelum Alibaba.com Go Public, Jack Ma sudah dinobatkan sebagai pria terkaya di China. Saat itu harganya diprediksi akan meroket tajam saat saham IPO Alibaba dilepas ke bursa saham Amerika Serikat.

Prediksi ini sama sekali tidak meleset. Nilai saham Alibaba meningkat 38% dan membuat kekayaannya Jack Ma meroket. Dan ini adalah awal dari peningkatan hartanya, karena setelah ini nilai harta yang ia kantongi akan semakin meningkat.

Menambahkan informasi di Google News
Kesuksesan IPO Alibaba hanyalah awal

Kesimpulan

Kisah Jack Ma adalah teladan luar biasa. Ia membuktikan arti sebenarnya dari pepatah kerja keras tak akan mengkhianati hasil. Jack Ma yang berasal dari keluarga dengan banyak keterbatasan telah mengalami banyak penolakan dalam hidupnya.

Namun itu sama sekali tidak melunturkan semangat juangnya. Ia menyadari ada banyak hal yang layak diperjuangkan untuk mendapatkan taraf hidup yang lebih baik. Mengejar pendidikan, dan melakukan yang terbaik dalam membangun mimpi.

From zero to hero. Jack Ma yang dulu bukan siapa- siapa, kini menjadi orang terkaya ke 23 dunia yang menginspirasi banyak orang di dunia. Semoga biografi Jack Ma di atas menjadi inspirasi menarik untuk Anda 🙂

Artikel Menarik Lainnya :   Pengusaha Muda, Ini Dia 10+ Pesan Steve Jobs yang Dapat Membakar Semangatmu
Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x