[ADINSERTER AMP]

Type to search

Apps & Tools

Canva Pro : Layak kah Digunakan? Simak Daftar Keuntungan nya

Review Canva Pro vs Canva Gratis

Bicara tentang Canva Pro, pasti Anda sudah menduga- duga kalau ini adalah versi yang lebih wah dari Canva yang biasa kita gunakan. Canva sendiri sudah cukup membantu banyak hal dalam versi basic nya. Dan dalam versi Pro, ada semakin banyak fitur keren dan menarik untuk para desainer grafis.

Sebelum memutuskan untuk upgrade, tentu penting untuk kita tahu lebih dulu apa sih Canva Pro dan apa saja keuntungan yang kita peroleh saat upgrade akun ke Pro ini. Simak ulasan Panda lebih lanjut ya!

Sekilas Tentang Canva

Keuntungan Menggunakan Canva Pro

Canva bukan tool yang baru lagi untuk kelompok orang yang bekerja di industri kreatif. Canva adalah sebuah aplikasi desain grafis dan publikasi online yang menjembatani penggunanya agar bisa merancang berbagai jenis desain kreatif secara online.

Apa saja desain yang bisa kita buat dengan Canva? Sangat banyak tentunya. Mulai dari desain kartu ucapan, brosur, poster, infografis, hingga presentasi. Canva adalah tool super lengkap yang sangat mudah digunakan dan tersedia dalam versi web dan mobile.

Sejarah Canva dimulai pada 1 Januari 2021. Melanie Perkins yang sebelumnya mendirikan Fusion Books, penerbit buku ternama di Australia, mendirikan Canva. Di tahun pertamanya, Canva mencetak rekor pengguna sebanyak 750.000 dan membuat namanya mulai meroket.

Lima tahun berikutnya, di tahun 2017, Canva mencapai fase dimana perusahaan mulai mencetak laba. Saat itu mereka sudah mempunyai 200 orang pegawai yang tersebar di kantor Australia dan San Fransisco. Di tahun tersebut, Canva sudah mempunyai 10 juta pengguna dengan jangkauan layanan hingga 169 negara.

Canva menjadi populer karena mampu menyederhanakan semua proses desain ke dalam beberapa kategori utama, seperti :

1. Media Sosial

Ada beragam template kategori yang bisa kita gunakan untuk Facebook, Instagram, YouTube, dan Pinterest dengan berbagai jenis ukuran. Itu artinya, konten apapun di media sosial bisa kita ciptakan. Mulai dari konten jenis feed, story, cover, thumbnail, dan profil.

2. Branding

Pada dasarnya Canva memang bukan tool pembuat logo. Kendati begitu, platform desain ini juga menawarkan penggunanya untuk bisa membuat logo dengan cepat yang bisa user gunakan sebagai desain awal.

3. Bisnis

Ingin membuat presentasi, sertifikat, tagihan atau proposal dengan mudah? Well, Canva juga bisa melakukannya.

4. Infografis

Canva juga membuat proses membuat poster dan infografis menjadi lebih mudah dan terlihat profesional. Ada banyak template yang bisa Anda gunakan untuk membuat pesan dan menayangkan data dengan format yang jelas dan mudah kita cerna.

5. Printable

Selain materi digital, ada banyak printable template yang bisa kita gunakan untuk membuat konten siap cetak. Mulai dari undangan, pamflet, brosur, menu, dan masih banyak lagi.

Pengguna juga bisa memesan materi cetak dari Canva untuk dikirimkan di rumah dalam waktu seminggu.


Dengan fleksibilitas yang tool ini miliki, kebutuhan desain menjadi sangat mudah. Bahkan tanpa harus mempunyai skill desain yang mumpuni.

Canva Gratis vs Canva Pro, Apa Bedanya?

Jika Anda sudah menggunakan Canva versi gratis beberapa kali, mungkin Anda melihat adanya beberapa template dengan label gratis dan Pro. Jika akun yang kita gunakan adalah gratis, dan kita memilih menggunakan label Pro, tentu saja tidak bisa digunakan.
Canva Pro Template Premium

Opsinya, Anda akan diminta untuk beralih ke Canva Pro dengan coba gratis 30 hari terlebih dulu.

Atau jika Anda ingin menggunakan elemen foto versi Pro, akan ada watermark garis- garis yang mengganggu. Untuk menghilangkannya, Anda perlu klik di pilihan Hapus Watermark dan membayar untuk setiap elemen gambar Pro.
Gambar Premium Canva Pro

Dengan biaya bulanan tetap, Canva Pro memberimu akses ke koleksi lengkap yang terdiri dari 60+ juta gambar premium tanpa biaya tambahan, baik di dalam template maupun sebagai gambar terpisah.

Membayar untuk setiap gambar tentu terasa lebih mahal, terutama jika Anda konsisten menggunakan Canva sebagai tool design Anda. Opsi terbaik, tentu saja upgrade ke Canva Pro. Kurang lebih begitu saran dari Canva itu sendiri.

Apakah itu saja keuntungan menggunakan Canva Pro? Tentu saja tidak.

Berikut adalah daftar keuntungan menggunakan Canva Pro :

1. Komponen Desain Premium

Selain gambar dan template, pengguna versi Pro juga bisa menggunakan komponen premium lainnya. Termasuk ilustrasi, ikon, latar belakang, musik, dan video.

Semua komponen premium ini akan sangat berkontribusi untuk menghasilkan konten yang unik dan kreatif.

2. Canva Brand Kit

Brand Kit

Fitur Brand Kit memungkinkan pengguna Canva Pro mengatur logo perusahaan, warna palet, dan gaya tulisan. Dengan begitu, setiap akan membuat desain baru, komposisi ini bisa otomatis digunakan untuk menciptakan merek yang konsisten dalam desain.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan manual untuk setiap pembuatan template desain baru. Dalam satu konfigurasi, sudah bisa Anda gunakan otomatis untuk seterusnya.

3. Penyimpanan yang Lebih Besar

Versi gratis dari Canva hanya memungkinkan pengguna untuk mempunyai maksimal 2 folder dan penyimpanan 1Gb. Sedangkan untuk pengguna Pro, mereka bisa menggunakna folder tidak terbatas dan penyimpanan cloud 100 Gb. Wowww!

4. Tool Editing Premium

Tidak ketinggalan, ada tool editing premium yang tersedia untuk pengguna Canva Pro. Tool editing premium ini meliputi animasi premium, mengubah ukuran gambar otomatis (AUto Resizer), serta menghasilkan gambar PNG dengan latar belakang transparan.

Dengan fitur animasi premium, pengguna bisa langsung mengubah gambar menjadi video atau GIF yang menarik.

5. Mengundang 4 Tim Tanpa Biaya Tambahan

Keuntungan Canva Pro selanjutnya, Anda bisa mengundang 4 tim untuk mengelola desain kreatif tanpa biaya tambahan. Dengan begitu, seolah- olah Anda sudah membeli satu akun pro ini untuk lima orang bersama.

Kesimpulannya, Canva Pro ini mempunyai tiga benefit utama untuk penggunanya. Tiga benefit ini bisa kita bagi ke kategori komponen premium, peningkatan produktivitas dan tool lanjutan.

Masing- masing dari tool itu tentu sangat bermanfaat, dan bahkan sebagian terbilang luar biasa. Namun sebelum menentukan apakah tool ini layak kita beli, maka kita perhatikan ulasan tentang harga dan yang lainnya.

Berapa Harga Canva Pro?

Pricing Canva Pro

Harga Canva Pro kini sudah lebih murah. Jika sebelumnya dibanderol dengan harga US$12,95 per bulan ( setara Rp 182.000*) atau US$ 119,4 per tahun (setara Rp 1.672.000*). Kini harga Canva Pro hanya Rp 95.000/bulan atau Rp 769.000/tahun.

Dengan segala benefit premium yang diberikan, menurut Panda, ini adalah harga yang luar biasa murah. Terlebih, Anda hanya cukup menggunakan satu akun Pro untuk lima orang.

Dan tidak lupa, Canva juga memberikan uji coba Canva Pro gratis 30 hari. Namun Anda tetap harus memasukkan detail kartu kredit, meski tidak akan ditagih sebelum masa uji coba habis.

Jadi, Layakkah Menggunakan Canva Pro?

Desainer grafis maupun non desainer, pasti mengakui kalau Canva tool yang memang super komplit dan sangat mudah digunakan. Berbeda dengan tool desain ala Photoshop dan Corel yang membutuhkan keahlian desain, siapapun bisa menggunakan Canva.

Dan tidak lupa, semua komponen premium dalam Canva Pro itu sangat menggiurkan. Tidak perlu beli gambar stok secara terpisah, tapi cukup dengan satu Pro maka semua terpenuhi.

Menurut kesimpulan Panda, sejauh ini Canva Pro adalah pilihan tool desain yang paling menarik. Bahkan dibandingkan dengan tool online sejenis, Canva Pro tetap terbilang sangat lengkap dengan harga relatif murah.

Namun tentu saja, keputusan untuk upgrade ke akun Pro tetap bergantung pada kebutuhan desain Anda. Apakah Anda hanya membutuhkan desain satu kali saja? Jika iya, upgrade mungkin memang tidak diperlukan.

Anda bisa memanfaatkan coba gratis dan membatalkannya tepat waktu.

Namun jika Anda mempunyai kebutuhan desain secara daily basis untuk menunjang operasional bisnis, baik itu pribadi maupun perusahaan, penggunaan Canva Pro layak Anda pertimbangkan. Anda bisa menciptakan desain unik yang fleksibel di berbagai platform, gambar premium dan menghemat banyak waktu dengan semua benefit Canva Pro.

Misalnya Anda perlu mengelola beberapa platform medsos secara bersamaan, versi Pro akan sangat bermanfaat. Fitur Auto Resizer nya bahkan bisa menghemat waktu desain hingga 50%!

Jika ada pertanyaan lain seputar Canva Pro, jangan ragu untuk bertanya di artikel ini ya!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.