[ADINSERTER AMP]

Type to search

Apps & Tools Hack

Cara Mudah Membersihkan Cache di HP Android agar Tidak Lemot

Cara membersihkan cache di HP Android agar tidak lemot

Membersihkan cache di ponsel Android merupakan salah satu cara yang sering pengguna lakukan untuk mengoptimalkan kinerja ponsel mereka. Dalam penggunaan harian misalnya, ada momen tertentu dimana pengguna merasa Android mulai lelet saat dioperasikan.

Tentu saja ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Salah satu masalah yang sering muncul di ponsel Android adalah kapasitas memori sistem yang semakin penuh. Terlebih, semakin lama ponsel akan dijejali dengan berbagai file dan aplikasi.

Dengan sedikit ruang tersisa, ponsel akan bekerja ekstra keras untuk menjalankan aplikasi di sistem. Anda mungkin sudah mencoba menghapus beberapa file atau aplikasi untuk membuat ruang memori lebih lega.

Kendati begitu, hal ini bisa sangat memakan waktu untuk kita lakukan satu per satu. Belum lagi tenggat waktu untuk memilah mana file yang masih kita butuhkan dan mana yang perlu kita hapus.

Lantas apa solusi yang lebih baik? Yaitu dengan menghapus data cache.

Apa itu Data Cache?

Di artikel sebelumnya, Panda sudah pernah mengulas lengkap tentang apa itu cache dan caching. Dalam perangkat seluler ini, data cache merupakan data yang bersifat sementara yang tersimpan di memori internal smartphone.

Data cache ini bertugas merekam semua aktivitas saat kita menggunakan aplikasi. Alhasil, saat kita berselancar dengan aplikasi tersebut, data dan history yang tersedia akan memudahkan kita untuk berselancar dengan lebih mudah dan cepat.

Dengan data sementara ini, sistem tidak harus melakukan pekerjaan dua kali saat mengunduh informasi yang sudah pernah dicari sebelumnya. Dengan begitu membuka situs atau aplikasi yang diinginkan pun menjadi lebih cepat karena proses tidak memulai kerja dari awal lagi.

Semakin sering menggunakannya, maka data cache ini akan semakin menumpuk. Nahh… disinilah masalah mulai timbul.

Data cache yang menumpuk bisa menyita banyak ruang di memori internal. Pasalnya, setiap aplikasi mempunyai file cache masing- masing dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Kapan Perlu Menghapus Data Cache Aplikasi di Android?

Kapan sih kita perlu menghapus data cache di ponsel Android ini? Tentunya kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Karena cache sendiri sebenarnya juga mempunyai manfaat dalam meningkatkan pengalaman pengguna saat berselancar dengan aplikasi ponsel. Kendati begitu, jika tidak pernah membersihkan cache, ada kemungkinan pengguna mengakses informasi yang sudah usang (karena menggunakan data tersimpan) dan berpotensi membuat ponsel lemot.

Dengan menghapus cache, kita bisa meningkatkan ruang di memori internal sehingga kinerjanya menjadi lebih ringan. Saat ada aplikasi yang error atau lemot karena keterbatasan memori, performanya juga bisa membaik setelah proses penghapusan cache kita lakukan.

Cara Menghapus Cache agar Smartphone Android Tidak Lemot

Membersihkan cache di ponsel Android agar tidak lemot bisa kita lakukan dengan dua metode yang berbeda. Yang pertama adalah cara manual sesuai dengan instruksi di ponsel. Dan yang kedua menggunakan aplikasi pembersih.

Aplikasi pembersih ini bisa menggunakan aplikasi bawaan di HP Android,atau bisa juga dengan aplikasi pembersih RAM dan cache Android di Playstore.

A. Membersihkan Cache Secara Manual.

  1. Buka pengaturan/ setelan Android.
  2. Masuk ke bagian Storage atau Manajemen Aplikasi/ Aplikasi Manajer > Daftar Aplikasi untuk membuka pengaturan aplikasi (pengaturan di setiap ponsel Android bisa berbeda- beda).
    Masuk ke bagian Pengaturan dan pilih aplikasi Android yang akan dihapus
  3. Pilih aplikasi yang ingin kita bersihkan cache- nya.
  4. Buka Penggunaan Penyimpanan, dan pilih Hapus Cache.
    Menghapus cache di aplikasi Android
  5. Lakukan juga satu per satu pada aplikasi lain yang ingin kita bersihkan.

B. Membersihkan Cache Android dengan Aplikasi Android

Jika membersihkan manual perlu dilakukan satu per satu aplikasi, kita juga bisa menggunakan cara mudah menghapus cache Android dengan aplikasi Android. Cara ini tentu akan lebih praktis dan cepat.

Umumnya setiap HP Android mempunyai aplikasi cleaner bawaan yang bisa kita gunakan untuk pembersihan cache ini. Aplikasi ini biasanya bernama Phone Manager atau Manajer Telepon.

Berikut langkah- langkahnya :

  1. Buka aplikasi Manajer Telepon.
  2. Saat terbuka, biasanya aplikasi akan melakukan pemindahan otomatis. Tunggu sebentar hingga proses pemindaian selesai.
  3. Pilih Pengoptimalan untuk pembersihan cepat.
  4. Atau bisa juga pilih opsi Bersihkan Memori > Bersihkan untuk melakukan pembersihan menyeluruh.
Membersihkan cache Android lewat aplikasi manajer telepon

Kesimpulan

Setelah proses menghapus data cache di ponsel Android selesai, ruang memori internal akan menjadi lebih lapang. Dengan begitu, sistem Android diharapkan bisa bekerja lebih ringan dan tidak lemot lagi.

Namun perlu kita ketahui juga, karena cache aplikasi dihapus, maka untuk mengakses ulang aplikasi akan membutuhkan waktu muat sedikit lebih lama. Tapi jangan khawatir karena efek ini hanya sementara saja.

Selamat mencoba!

Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battle😎

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.