Home 9 Social Media 9 Fanspage Facebook : Apa itu Fanpage & Cara Membuat Fan Page

Fanspage Facebook : Apa itu Fanpage & Cara Membuat Fan Page

oleh | Social Media

Sebagai media sosial dengan basis pengguna yang sangat besar, memanfaatkan fanspage Facebook atau halaman Facebook akan memberi dampak yang besar untuk sebuah bisnis.

Namun seringkali, beberapa orang masih keliru dalam menggunakan Facebook untuk bisnis. Alih- alih menggunakan fanspage, beberapa merasa sudah cukup menggunakan akun profil biasa dan melakukan spamming konten jualan.

Di artikel kali ini, kita akan mengenali lebih jauh apa itu fanspage, mengapa kita menggunakannya, cara membuat fans page, dan best practice dalam menggunakan fanspage untuk bisnis.

Apa itu Fanspage Facebook?

Fanspage Facebook adalah sebuah halaman khusus yang menyajikan informasi mengenai sebuah bisnis atau brand. Halaman ini bisa digunakan untuk berjualan, berbagi konten menarik, hingga sebagai media branding.

Berbeda dengan facebook personal yang sering digunakan untuk berbagi kehidupan sehari- hari atau opini secara acak, konten dalam Fanspage cenderung lebih tertata.

Orang menggunakan fanspage untuk mengelola konten mereka secara terarah. Mulai dari edukasi customer, konten menarik dan informatif untuk engagement yang lebih baik, promosi dan hard selling.

Manfaat Fanspage untuk Bisnis

Sudah pasti, mempunyai fanspage untuk bisnis mempunyai segudang manfaat. Berikut ini adalah beberapa yang bisa dirasakan secara langsung :

Jumlah Fans Tidak Terbatas

Berbeda dengan facebook personal yang dibatasi 5000 pertemanan, facebook fanspage memungkinkan pebisnis untuk mempunyai jumlah fans tak terbatas.

Itulah mengapa kita sering melihat sebuah akun mempunyai ratusan ribu hingga jutaan fans. Dengan fanspage, semua hal ini mudah dicapai.

Konten Bisnis dan Personal Terpisah

Fanspage membuat sebuah bisnis menjadi lebih profesional. Hal ini karena konten fanpage dibuat lebih terarah dan tertata. Tidak ada curhat random, foto sedang momong anak, atau konten pribadi lainnya.

Dengan konten yang tertata ini lah fanspage akan menjangkau penggemar dengan lebih meyakinkan. Kita akan terlihat spesialisnya jualan ini atau ahli dalam bidang itu.

Profesional dan Terpercaya

Persis seperti penjelasan di poin sebelumnya. Dengan konten yang terpisah dan terarah, sebuah bisnis di Facebook akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. Bukan abal- abal.

Dengan profesionalitas ini, kepercayaan orang- orang dalam membeli produk Anda akan meningkat.

Feedback dan Kontak dari Konsumen

Penggemar bisa leluasa menghubungi Anda untuk menanyakan produk lewat kolom komentar atau messenger. Saat feedback yang mereka berikan positif, dampak psikologis ini bisa mengena ke penggemar yang lainnya.

Selain itu, karena kemudahan untuk menghubungi lewat komentar atau messenger, peluang terjadi penjualan menjadi lebih mudah dari sekedar facebook personal.

Baca Juga :  Cara Mudah & Cepat Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Terindeks Search Engine

Konten dari fanpage akan terindeks dengan lebih baik oleh mesin pencari karena dinilai lebih terpercaya dan memberikan informasi yang berkualitas. Konten dengan engagement baik juga akan mempunyai bobot yang lebih baik.

Viral Marketing

Fanspage bisa menjadi media untuk campaign viral marketing. Dengan konsep giveaway, Anda bisa mendorong peningkatan jumlah penggemar di fanpage dan mengoptimalkan penjualan.

Cara Membuat Fanspage Facebook/ Halaman Penggemar

Untuk membuat fanspage atau halaman Facebook, pastikan Anda sudah mempunyai akun personal lebih dulu. Selanjutnya, pastikan Anda sudah tahu jenis fanspage yang ingin Anda buat, seperti nama dan topik yang akan diusung.

Jika persiapan tersebut sudah, kini saatnya Anda mengikuti tutorial membuat fanspage Facebook berikut ini :

1. Login ke akun Facebook Anda, lalu masuk ke halaman Create Page.

Klik Create Page untuk membuat fanpage
  • Save

2. Apakah Anda ingin membangun fanpage untuk bisnis/ brand atau untuk komunitas/ public figure? Pilihlah kategori yang sesuai.

3. Masukkan nama halaman dan ketegori yang sesuai, klik ‘Lanjutkan’

Mengatur nama fanspage dan kategori
  • Save

4. Setelah klik Lanjutkan, Facebook akan meminta kita untuk melengkapi data kontak bisnis, seperti alamat dan nomer telepon

5. Upload foto profil (ukuran 300*300px) & foto cover halaman (ukuran 828*315px). Buatlah foto profil yang relevan dengan fanspage.

Menambah foto profil untuk fanspage
  • Save

6. Done!

Anda telah berhasil membuat akun fanspage Anda!

Pengaturan Lanjutan Fanspage Facebook

Setelah seleai dari step 6 di atas, halaman penggemar Anda secara teknis sudah selesai Anda buat. Selanjutnya, ada beberapa hal yang bisa segera dilakukan, yaitu :

  • Mengupdate username fanspage, dengan klik username di bawah nama fanpage (akan muncul opsi ini saat Anda belum mengubahnya)
  • Membuat postingan pertama untuk fanspage Anda
  • Mengundang teman- teman terdekat dengan fitur ‘invite friend’ untuk mendapatkan 10 fans pertama Anda
Cara mengatur usernama fanspage Facebook
  • Save

Setelah tiga hal tersebut, Anda akan masuk ke bagian Setting atau Pengaturan :

  • Di bagian General, lakukan pengaturan secara umum untuk fanspage Anda. Page Visibility harus berstatus Published dan untuk Visitor Post akan Saya atur agar tidak semua orang bebas posting di halaman Facebook. Saya juga mengatur agar semua orang bisa men-tag halaman dengan mudah.
  • Di bagian Page Info, Anda bisa mengatur informasi sesuai dengan halaman Anda, mulai dari deskripsi halaman, website, alamat, dan jam operasional
  • Di bagian Messaging, Anda bisa membuat greeting instan saat seseorang mengirim pesan ke fanspage Anda.
  • Fitur Templates & Tabs bisa Anda manfaatkan untuk membuat tab di laman Anda sesuai dengan kebutuhan
  • Bagian notification akan membantu Anda mengatur notifikasi yang ingin Anda ketahui
  • Di panel Page Roles dapat Anda manfaatkan untuk mengatur tim yang terlibat dalam pengelolaan fanpage dan bagaimana peran mereka
  • Fitur Instagram akan membantu Anda untuk terhubung dengan akun Instagram bisnis Anda
Pengaturan Fanspage Facebook
  • Save

Tips Best Practice Mengelola Fanspage

Saat membangun sebuah fanpage, tentu kita ingin halaman ini menjadi salah satu media yang efektif dalam menginformasikan produk kita dan berpromosi. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan fanspage Anda :

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Anda Perhatikan untuk Membuat Ads yang Convert

1. Manfaatkan teman Facebook untuk menjadi fans pertama Anda

Membangun fanbase di tahap awal terkadang terasa lebih sulit daripada menambah fans setelah jumlahnya cukup banyak. Terlebih jika kita hanya memanfaatkan cara organik alias gratisan.

Namun, bukan berarti ini tidak mungkin untuk dilakukan. Itulah mengapa Facebook sendiri merekomendasikan Anda menggunakan fitur invite friend. Tujuannya agar Anda memperoleh puluhan atau bahkan ratusan fans pertama Anda.

2. Variasi Konten

Hindari membuat konten yang itu- itu saja alias boring. Tujuan membuat fanspage adalah agar Anda membuat konten yang fokus dan tertata. Tapi bukan berarti boring.

Cobalah untuk membagi konten Anda ke beberapa jenis, seperti edukasi customer, info produk, game/challenge, promo dan hiburan ringan. Konten tidak kaku harus sesuai produk, tapi juga jangan melenceng terlalu jauh.

Intinya, kita membuat konten sebagai jembatan komunikasi dengan penggemar. Jangan sampai penggemar merasa mereka dijejali dengan produk terus- menerus dan akhirnya jengah.

Untuk lebih mengoptimalkan konten, Anda juga bisa menggunakan metode storytelling atau covert selling yang menghipnotis pembaca.

Contoh ilustrasi gambar covert selling
  • Save

3. Timing yang Tepat

Hindari terlalu agresif dalam membuat konten, kecuali fanpage Anda adalah blog berita yang sudah besar. Untuk sebuah brand atau eCommerce, kualitas posting jauh lebih penting dibandingkan dengan kuantitas.

Jika Anda ingin memposting produk dan tidak ingin terlihat posting terus- terusan, cobalah untuk memposting beberapa foto sekaligus dalam satu kali post. Ini akan jauh lebih ringkas dan efektif.

Pastikan Anda memposting di waktu yang tepat, yaitu jam- jam dimana audiens Anda sedang online dan berselancar di Facebook mereka. Dengan begitu, tingkat keterlibatan pengguna akan baik.

Baca Juga :  7 Perilaku Unik Pengguna Media Sosial yang Hanya Ada di Indonesia

4. Selalu Monitoring Insight

Insight berisikan data statistik performa fanspage. Dengan melakukan monitoring Insight secara reguler, Anda akan mengetahui jenis konten apa yang disukai audiens Anda, jumlah like, page view, dan lain- lain.

Data monitoring ini berguna sebagai panduan apa yang harus dilakukan pebisnis selanjutnya dan apakah strategi yang dilakukan secara keseluruhan untuk fanpage sudah berhasil atau belum.

Kesimpulan

Fanspage Facebook adalah tool yang wajib digunakan oleh para pebisnis yang ingin tampil profesional di Facebook. Dengan membuat fanspage, Anda bisa mengoptimalkan branding dan pemasaran bisnis Anda di media sosial dengan cara yang tepat.

Selain itu, membuat Fanspage ternyata sangat mudah. Dan tentu saja Anda harus melakukan best practice untuk memastikan penggunaan nya optimal.

Untuk menutup artikel ini, Panda akan menyajikan beberapa pertanyaan yang berkaitan langsung dengan artikel ini sebagai resume :

Apa itu Fanspage Facebook?

Fanspage adalah sebuah halaman khusus yang dibuat dari Facebook, yang menyajikan informasi mengenai sebuah bisnis atau brand.

Apa bedanya akun Facebook Personal dan Fanspage?

Perbedaannya terletak pada fungsi dan fiturnya. Facebook personal adalah akun Facebook yang pengguna gunakan untuk mengekspresikan diri terkait dengan opini personal dan kebutuhan pribadi lainnya. Fanspage biasanya berfokus untuk pengembangan tertentu, misalnya akun khusus berjualan online, wadah komunitas, dan media branding.

Bagaimana cara membuat Fanspage?

Untuk membuat fanspage, terlebih dahulu Anda harus punya akun Facebook pribadi. Selanjutnya, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti, seperti dijelaskan di tutorial cara membuat fanspage di artikel Panda ini.

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap