Type to search

Social Media

Cara Mengubah Akun Instagram dari Pribadi menjadi Instagram Bisnis

Cara membuat akun Instagram bisnis

Jika menggunakan instagram untuk berbisnis, maka ubahlah akun Anda menjadi akun Instagram bisnis. Wejangan ini mungkin sering Anda dengar. Sebagian dari kita bergegas ambil tindakan, sebagian merasa ini bukan hal yang perlu.

Biasanya sih merasa belum perlu karena terlanjur nyaman dan merasa cukup dengan akun Instagram biasa. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat beralih ke akun bisnis.

Dalam berbisnis online ini sendiri, mempunyai akun Instagram bisnis akan berarti banyak hal. Dengan optimasi Instagram, produk Anda berpotensi dilihat lebih banyak calon pembeli. Jadi, sudahkah Anda memanfaatkan Instagram dengan baik untuk bisnis Anda?

Jika belum mengubah akun instagram dari profil pribadi menjadi profil bisnis, berarti Anda belum benar- benar mengoptimalkannya!

7 Manfaat Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Instagram mendesain akun bisnis untuk mengoptimalkan akun- akun yang mempunyai tujuan berbisnis. Entah itu berjualan online, membangun kesadaran merek, publishing media, local marketing, dan masih banyak lagi.

Pembuatan akun bisnis ini tentu membawa segudang manfaat dan keuntungan untuk pemilik akun. Beberapa diantaranya adalah :

1. Instagram Insight

Insight membantu Anda untuk memahami data analisa yang berkaitan dengan akun Anda. Anda akan mengetahui data statistik yang berkaitan dengan postingan dan juga audience Anda.

Beberapa data yang bisa Anda lihat dari Insight Instagram antara lain :

  • Tingkat interaksi (engagement)
  • Data statistik penayangan
  • Usia dan gender dari audiens
  • Geolocation atau lokasi dari audience
Membaca insight instagram

Deretan data ini akan membantu Anda memahami seperti apa pasar potensial Anda, konten apa yang paling banyak mendapat suka, atau siapa penggemar terbaik Anda. Setelah itu, Anda bisa memaksimalkan strategi pemasaran media sosial berdasarkan data ini.

2. Memisahkan Postingan Pribadi dan Bisnis

Jika Anda benar- benar ingin mengembangkan akun Anda untuk berbisnis, maka wajib hukumnya untuk memisahkan postingan pribadi dan postingan untuk bisnis.

Dengan begitu, konten pun akan menjadi lebih teratur. Anda bisa membuat konten yang benar- benar bermanfaat untuk calon konsumen, sekaligus membangun kesadaran untuk merek dan produk Anda. Selain itu, membedakan jenis posting ini tentu membuat akun terlihat profesional seluruhnya.

3. Interaksi yang Lebih Mudah antara Anda dan Calon Pembeli

Interaksi dengan calon pembeli juga lebih mudah karena akun bisnis mempunyai tujuan yang jelas. Selain itu, profil bisnis memungkinkan Anda berkomunikasi dengan beberapa cara yang berbeda.

Pertama menggunakan telepon, kedua menggunakan email, dan ketiga adalah pesan instan (direct message Instagram). Kemudahan dalam berinteraksi dengan calon pelanggan ini akan membantu akun Anda cepat bertumbuh dan bisnis semakin berkembang.

4. Strategi Content Marketing yang Optimal

Dalam Instagram insight, Anda bisa menganalisa jenis konten mana yang pengikut sukai. Anda juga akan mengetahui jam interaksi tertinggi dan siapa saja audience terbaik Anda.

Dengan begitu, Anda dapat menyiapkan strategi konten yang sesuai dengan tipe audiens Anda. Mulai dari topik diskusi yang mereka suka, trend, dan gaya bahasa.

Anda juga akan memposting konten sesuai dengan jam online terbaik audiens. Dengan begitu, Anda juga bisa meningkatkan tingkat keterlibatan atau engagement Instagram.

5. Memudahkan calon pembeli menemukan bisnis Anda

Dengan menggunakan akun bisnis, calon pembeli lebih mudah dalam menemukan “Toko” Anda. Setiap akun bisnis mempunyai kategori bisnis menjadi identitas bisnis. Identitas ini lah yang semakin mempermudah bisnis bertemu calon pembeli.

Kategori di dalam akun bisnis Instagram ini cukup banyak. Mulai dari kategori desain, keuangan, perjalanan, fashion, dan masih banyak lagi. Dengan adanya fitur kategori ini, maka calon konsumen dapat mengetahui lebih cepat tentang kebutuhan mereka.

6. Menambahkan Lokasi dengan Google Map

Anda mempunyai store offline dan ingin mengoptimalkannya melalui media sosial?

Nah, keputusan Anda untuk mengubah akun Instagram pribadi menjadi bisnis sudah sangat tepat.

Mempunyai akun bisnis memungkinkan Anda untuk menambahkan lokasi toko jika memang Anda memilikinya. Dengan begitu, calon pembeli dari lokasi terdekat bisa dengan mudah menjangkau toko Anda.

7. Akun Instagram Bisnis Bisa Menjadi Akun Personal Kembali

Jangan khawatir, perubahan akun Instagram bisnis tidak bersifat permanen. Artinya, Anda bisa mengubah akun bisnis menjadi personal kembali, kapanpun Anda mau.

Namun yang perlu Anda garis bawahi, Anda akan kehilangan fitur- fitur bisnis yang membuat Anda bisa menikmati 6 keuntungan sebelumnya. Selain itu, perubahan akun bisa membuat pelanggan bingung.

Bila Anda bersikeras, di bagian bawah artikel Panda ini, Anda bisa menemukan cara untuk beralih kembali ke akun Instagram personal. Jangan lupa untuk benar- benar mempertimbangkannya lebih dulu ya!

Mengubah Akun Instagram Pribadi Menjadi Profil Bisnis

Sebagai persiapan, pastikan Anda sudah memiliki halaman Facebook atau fanpage untuk akun Instagram yang ingin Anda ubah menjadi akun bisnis.

Selanjutnya, ikuti langkah sebagai berikut :

1. Login ke akun Instagram Anda, klik Setting (ikon tiga titik di kanan atas profil)
Step 1, masuk ke Pengaturan
2. Dari banyak opsi di Pengaturan, scroll ke bawah dan temukan pilihan “Beralih ke Profil Bisnis”
Step 2, klik 'Beralih ke Instagram Bisnis'
3. Anda akan dialihkan ke halaman baru yang memberikan sekilas informasi tentang apa itu Profil Bisnis, klik ‘Lanjutkan’
4. Setelah itu Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram Anda dengan halaman Facebook Anda. Bagaimana jika belum punya fanpage? Anda wajib membuatnya terlebih dulu.
Step 4, pilih fanpage yang terkait dengan bisnis Anda
5. Setelah menghubungkan akun Instagram dengan fanpage Anda, Anda akan diminta untuk memperbarui informasi profil bisnis Anda.
Step 5, Update informasi di Instagram Bisnis Anda
6. Anda juga perlu memasukkan akun Instagram Anda di fanpage. Caranya masuk ke fanpage Anda di Facebook, lalu masuk ke ‘Pengaturan’, pilih Opsi Instagram, dan tambahkan akun Instagram Anda di panel tersebut.
7. Taraaaaa…. Akun Anda telah berhasil beralih menjadi profil bisnis di Instagram.
Step 7, Anda berhasil beralih dari Instagram Pribadi ke Instagram Bisnis

Wahhhh… sangat mudah kan ternyata? Dengan mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis ini, Anda bisa lebih mengoptimalkan akun Instagram Anda untuk menjaring lebih banyak calon pembeli potensial.

Setelah menjadi akun bisnis, maka di tampilan profil Anda akan terlihat beberapa tab baru, yang bisa terdiri dari Telepon, Email dan Petunjuk Arah. Navigasi tab ini lah yang bisa membantu calon customer Anda untuk menghubungi Anda dengan lebih mudah .

Cara Mengembalikan Akun Bisnis Instagram Menjadi Akun Pribadi

Meskipun sudah diubah menjadi akun bisnis, Anda juga bisa mengembalikan akun Instagram tersebut menjadi akun personal lagi. Caranya, masuk ke Pengaturan (icon tiga titik di sebelah kanan atas), scroll ke bawah, pilih ‘Beralih Kembali ke Akun Pribadi’. Setelah itu, akun bisnis Anda pun bisa menjadi akun pribadi kembali.

Ternyata sangat mudah, kan? Jadi, siapkah Anda beralih ke profil bisnis Instagram?

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x