Type to search

Blogging

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Error 502 Bad Gateway adalah salah satu error yang cukup sering dijumpai di blog atau website yang menggunakan server hosting. Sebagai pemilik website, tentu ini bisa menciptakan kepanikan tersendiri saat error yang tidak diinginkan terjadi.

Kabar baiknya, error ini bukan Anda sendiri yang pernah mengalaminya. Dan tentu saja, akan ada solusi yang bisa membantu Anda di artikel yang Panda sajikan ini.

Apa itu Error 502 Bad Gateway?

Setiap kali pengunjung datang ke website, browser akan mengirimkan permintaan tersebut dan mengirim kembali ke browser untuk disajikan kepada pengguna. Jika ada kesalahan dalam proses ini, maka browser akan menampilkan error 502 bad gateway.

Jadi bisa dibilang, 502 Bad Gateway adalah error terjadi saat gateway atau proxy menerima respon yang tidak valid dari server.

Saat error ini terjadi, warning yang kerap muncul antara lain : 

  • Error 502 Bad Gateway
  • 502 Bad Gateway
  • 502 Proxy Error
  • HTTP Error 502 – Bad Gateway
  • Error 502
  • HTTP 502
  • 502 Service Temporarily Overloaded
  • 502 Server Error
  • 502
  • Layar Blank Putih
  • That’s an error

Apakah situs WordPress Anda sedang mengalami error semacam ini? Mari kita atasi bersama- sama!

Dampak Negatif Situs Saat Terkena Error 502

Saat error ini terjadi, situs WordPress mau tidak mau pasti akan mengalami dampak negatif. Error 502 membuat website menjadi down sehingga pengunjung tidak bisa mengakses konten pada situs Anda.

Akibatnya, trafik tiba- tiba turun drastis dan penghasilan website akan langsung terdampak. Maka dari itu, pemilik website harus segera mengatasi error ini agar segera bisa terselesaikan.

Cara Memperbaiki Error 502 Bad Gateway

Problem dari 502 Bad Gateway terutama berhubungan dengan masalah di server. Untuk memperbaikinya, ada beberapa solusi yang bisa Anda gunakan tergantung dari penyebab utama error ini sendiri.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi error 502 Bad Gateway sesuai dengan penyebabnya :

1. Cukup Refresh Halaman

Cara ini akan bekerja jika sumber masalah error 502 adalah server yang overload. Artinya, untuk masuk ke halaman website, Anda perlu menunggu beberapa saat untuk menunggu load berkurang.

Jadi, cobalah untuk refresh dengan tekan tombol F5 pada keyboard dan tunggu sebentar. Jika cara ini tidak bekerja, berarti ada sumber masalah yang lain. Anda dapat mencoba solusi #2 dan seterusnya.

2. Hapus Cache Website

Error 502 bisa terjadi karena cache pada browser. Maka dari itu, solusi pertama yang bisa Anda coba adalah dengan membersihkan cache pada browser yang digunakan.

Caranya cukup mudah, yaitu cukup membuka menu setting dengan ikon tiga titik vertikal di kanan atas >> Privacy and Security >> Clear Browsing Data >> Clear Data.

Setelah itu, coba refresh kembali halaman yang Anda akses. Jika problem ini bersumber dari Cache, maka masalah ini sudah selesai.

Cara menghapus cache browser

3. Masalah pada DNS

Masalah pada DNS yang bisa menyebabkan error 502 Bad Gateway misalnya domain tidak mengarah ke alamat IP yang benar. Masalah ini biasanya terjadi saat Anda baru migrasi website.

Jika benar begitu, maka Anda hanya perlu menunggu hingga 24 jam ke depan sampai proses migrasi benar- benar selesai.

Anda juga bisa menggunakan cara flush DNS untuk mengatasi ini. Caranya kurang lebih mirip seperti menghapus cache browser. Simak lebih lengkap di solusi #4 yaa.

4. Flush DNS

Flush DNS bisa menjadi solusi cepat untuk mengatasi problem DNS. Flush DNS ini sendiri berfungsi mengganti DNS yang tersimpan di cache dengan DNS yang baru. Cara ini mirip seperti membersihkan cache pada browser.

Untuk pengguna OS Windows, flush DNS bisa dilakukan dengan masuk ke Command Prompt (cmd.exe) lalu ketik  ipconfig/flushdns dan tekan ‘Enter’. Sedangkan untuk pengguna MAC, cobalah untuk masuk ke terminal dan tuliskan perintah dscacheutil – flushcache, lalu tekan ‘Enter’.

Coba refresh kembali browser untuk mengetahui apakah akses ke website sudah normal kembali atau belum.

5. Tes di Browser Lain

Saat menghapus cache browser dan flush DNS belum membuahkan hasil cobalah untuk tes problem dengan beralih ke browser lain. Anda juga bisa beralih ke mode incognito untuk melakukan pengecekan.

Jika ternyata akses normal, artinya masalah ini berasal dari browser itu sendiri.

6. Tes di Device Berbeda

Jika menggunakan browser yang lain juga masih sama, cobalah untuk menjajal koneksi dari device lain. Entah itu laptop, atau smartphone yang berbeda.

Cara ini bisa digunakan saat Anda curiga bahwa masalah sebenarnya terletak pada koneksi internet atau device yang digunakan.

7. Ganti Plugin dan Theme WordPress

Plugin dan theme WordPress juga bisa menjadi pemicu error pada WordPress. Hal ini biasanya disebabkan karena script atau query yang bermasalah, akibatnya, sistem server akan menghentikan plugin atau theme tersebut dan menjadikan error 502.

Jika Anda curiga problem berasal dari plugin, cobalah untuk menonaktifkan semua plugin. Coba akses website kembali sudah normal atau belum. Jika website terlihat normal setelah non aktif semua plugin, berarti memang salah satu plugin bermasalah.

Coba aktifkan kembali satu per satu plugin sambil refresh halaman setiap satu aktifasi selesai. Dengan begitu, Anda akhirnya akan menemukan mana plugin yang bermasalah.

8. Problem dari Layanan CDN

Error 502 juga bisa terjadi karena layanan CDN, seperti Cloudflare. Untuk memastikan hal ini, cobalah untuk menonaktifkan CloudFlare sementara. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke dashboard Cloudflare dan menonaktifkan situs Anda.

Yang perlu diingat, propagasi untuk nonaktif ini membutuhkan waktu beberapa jam untuk selesai sepenuhnya. Jadi, cobalah cek berkala setiap beberapa jam untuk melihat apakah non-aktif CDN ini berpengaruh terhadap akses situs web Anda.

Jika iya, cobalah menghubungi customer service CDN untuk menginformasikan kendala yang dialami.

9. Pengecekan Error Log

Error 502 bad gateway bisa terjadi saat Anda tidak sengaja melakukan perubahan tertentu pada website. Nah, untuk mengetahuinya, Anda perlu melihat error log untuk melihat history tindakan.

Untuk mengaktifkan error log di WordPress, cobalah masuk ke wp-config

Jika kemunculan error 502 bad gateway pada website muncul setelah Anda melakukan perubahan tertentu, maka kemungkinan besar perubahan itulah yang menyebabkan error 502 bad gateway. Melihat error log adalah salah satu jalan untuk mengetahuinya.

Untuk mengaktifkan error log pada wordpress, berikut adalah langkah- langkah yang perlu Anda lakukan :

  • Login ke akun cPanel hosting
  • Di dalam dashboard cPanel, pilih menu File Manager, dan pilih file root >> public_html
  • Cari folder domain/ sub domain sesuai instalasi website
  • Cari file wp_config.php dan pilih Edit File
  • Tambahkan script berikut ini, dan simpan :
    define( ‘WP_DEBUG’, true );

    define( ‘WP_DEBUG_LOG’, true );
    define( ‘WP_DEBUG_DISPLAY’, false );
Cek error log WordPress via wp-config

Untuk melihat hasilnya, silahkan buka di file wp-content >> debug.log. Disini Anda bisa membaca log error untuk menemukan kesalahan tindakan yang dilakukan.

JIka sudah, cobalah untuk memperbaiki kesalahan tindakan tersebut dan cek kembali apakah website sudah normal atau belum.

10. Masalah pada Layanan Hosting

Jika cara- cara di atas tidak bekerja, langkah terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan menghubungi penyedia layanan hosting tentang 502 bad gateway yang Anda alami. Jelaskan kronologi sampai akhirnya Error 502.

Nantinya tim teknis dari layanan hosting akan melakukan pengecekan pada situs web Anda untuk menganalisa masalah yang terjadi.

Kesimpulan

Error 502 Gateway bisa terjadi karena berbagai hal sehingga setiap sumber permasalahan diperlukan solusi yang berbeda. Semoga saja salah satu solusi yang dijabarkan Panda diatas berhasil mengatasi masalah Anda.

Jika ada pertanyaan atau tambahan informasi lainnya, Anda juga bisa menginformasikannya di kolom komentar di bawah yaaa..

Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya :   15 Google Font Terbaik untuk Website dan Alasan Menggunakannya
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x