Type to search

Social Media

Cara Kirim Foto & Video Asli Berkualitas Tinggi di WhatsApp

Cara Kirim Foto & Video Asli Berkualitas Tinggi di WhatsApp

Bukan rahasia lagi, tidak sedikit user yang khawatir dengan resolusi foto dan video WhatsApp saat berkirim media dengan platform ini. Memang, mengirimkan foto langsung dari opsi ikon gallery/ gambar dapat menurunkan kualitas foto tersebut. Biasanya, ukuran foto akan menyusut drastis sehingga foto terlihat blur, pecah, dan tidak tajam.

Dari sisi WhatsApp, mereka melakukan penyusutan ini bukan tanpa alasan. WhatsApp mempunyai beberapa maksud tujuan dari penyusutan kualitas gambar ini, yaitu

  • Menghemat kuota pengguna WhatsApp
  • Mempersingkat antrean server dari WA itu sendiri
  • Memaksimalkan user experience dengan mempercepat waktu mengirim dan menerima file

Tips Mengirim Foto dan Video Berkualitas Tinggi di WhatsApp

Tentu saja alasan WhatsApp ini sangat mudah dimengerti. Sebagai user, kita selalu ingin kemudahan dan kecepatan dalam banyak hal, termasuk soal berbagi foto saat chatting bersama teman.

Namun, jika dalam beberapa kasus Anda tetap ingin mengirim dan menjaga kualitas foto sehingga si penerima juga bisa mendapatkan hasil foto terbaik, kamu bisa mencoba tips menjaga kualitas foto dan video asli yang dikirimkan lewat WhatsApp ini :

Artikel Menarik Lainnya :   8 Penipuan Lewat Media Sosial yang Tidak Anda Sadari

Kirim Foto/ Video HD di WA Android/ iOS

Cara mengirim foto dan video kualitas tinggi WhatsApp

Tipsnya sangat sederhana! Kuncinya hanya mengubah tahap pengiriman foto kita, yang biasanya kita lakukan melalui ikon ‘Gallery’, kini kita ubah melalui ikon ‘Document.’

  1. Pilih ikon ‘Dokumen’
  2. Masuk ke menu ‘Dokumen’, Anda akan melihat file- file dokumen yang bisa dikirimkan
  3. Pilih ‘Browse other docs’ atau ‘Lihat dokumen lainnya’
  4. Pilih foto atau video yang ingin dikirimkan sesuai folder penyimpanan di komputer

Kirim Foto/ Video HD di WA Desktop (WhatsApp Web)

Mengirim gambar dan video berkualitas tinggi di WhatsApp bukan hanya bisa dilakukan di versi mobile, tapi juga di WhatsApp desktop. Step- step yang dilakukan sama persis, yaitu mengubah tahapan pengiriman foto kita yang biasanya melalui ikon Galleri diubah melalui ikon Dokumen.

Selanjutnya, user tinggal memilih gambar yang ingin dikirimkan dengan mencari gambar atau video yang berada di folder desktop di komputer.

Artikel Menarik Lainnya :   4 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Pernah Membeli Follower PALSU

Kirim Banyak Foto/ Video HD Sekaligus dengan Format .zip

Jika ingin mengirim banyak gambar atau video sekaligus dan tetap menjaga kualitas aslinya, di mobile Anda bisa menggunakan aplikasi file explorer, seperti Solid Explorer File Manager.

Menggunakan Solid Explorer File Manager untuk kirim format .zip



User tinggal memilih sejumlah gambar yang ingin dikirim, lalu membuat archive dengan format ZIP atau 7ZIP. Selanjutnya, melalui fitur kirim dokumen, user dapat mengirimkan folder ZIP tersebut ke pengguna lain.

Sedangkan di versi desktop, user tidak membutuhkan aplikasi khusus untuk mengirim dokumen berformat .zip. File .zip dapat dikirim dengan mudah hanya melalui fitur kirim dokumen, tanpa tambahan aplikasi apapun.

Saat mengirim dengan format .zip, jangan lupa untuk meminta penerima untuk unzip file tersebut agar bisa membuka isinya.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Membangun Branding dengan Fitur Video di Instagram

Kesimpulan

Ternyata mudah sekali bukan mengirim foto dan video asli berkualitas tinggi di WhatsApp?

Satu hal yang perlu pengguna ketahui, saat mengirim foto dan video asli berukuran tinggi, kamu tidak bisa langsung memberi catatan thumbnail/ caption bersamaan dengan mengirim foto. Selain itu, karena ukurannya lebih besar, proses pengiriman dan penerimaan foto ini tentu cenderung lebih lama dari biasanya, tergantung dari ukuran file yang dikirimkan.

Semoga bermanfaat!

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x