Type to search

Blogging

11 Manfaat Menjadi Seorang Guest Blogger di Blog Orang Lain

Manfaat menjadi seorang Guest Blogger di Website Orang Lain

Guest blogger atau menjadi blogger tamu sering disebut sebagai salah satu strategi pemasaran online terbaik yang blogger perlu lakukan. Dengan menjadi seorang guest blogger, maka blogger akan menulis dan mengirim artikel untuk blog orang lain agar bisa diterbitkan di blog tersebut.

Saat ini ada beberapa blogger yang dengan sengaja menyediakan ruang untuk orang- orang mengirim artikel di blog mereka dan diterbitkan secara gratis. Namun ada juga yang tidak sengaja menyediakan, namun bersedia menayangkan di website mereka dengan imbalan tertentu.

Alasan dan Keuntungan Menjadi Guest Blogger

Jika Anda ingin memanfaatkan guest blogger sebagai salah satu strategi marketing online Anda, penting sekali untuk mempertimbangkan niche atau pasar Anda. Dengan niche yang sesuai, goal yang ingin Anda raih akan lebih mudah tercapai.

Anda juga perlu mencermati beberapa hal terutama berkaitan dengan manfaat dan keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menjadi seorang guest blogger. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menjadi seorang guest blogger :

1. Sumber Backlink Berkualitas

Goal utama dari menjadi blogger tamu sudah pasti adalah backlink berkualitas. Backlink berkualitas ini sangat penting untuk meningkatkan performa situs web Anda di mata mesin pencari.

Dengan menjadi seorang blogger tamu, kesempatan memperoleh backlink berkualitas ini sangat besar. Karena saat kita mengirimkan artikel, pada umumnya admin blog akan mengijinkan kita untuk menanam backlink secara sukarela.

Untuk blog- blog yang memang mengijinkan guest blogger secara gratis, hubungan ini adalah simbiosis mutualisme atau kerjasama saling menguntungkan. Si pemilik blog mendapatkan artikel gratis yang diinginkan, sedangkan guest blogger mendapatkan imbalan berupa backlink.

Yang perlu Anda pastikan adalah admin blog benar- benar memberi backlink setelah Anda mengirimkan tulisan. Jika ternyata admin blog tidak memperbolehkan backlink di artikel, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menjadi guest blogger di websitenya.

Artikel Menarik Lainnya :   30+ Theme WordPress Responsif Terbaik 2019 GRATIS & Siap Download

2. Memperluas Network Blogger

Guest blogger tidak melulu soal backlink. Manfaat networking juga bisa Anda peroleh dengan melakukan kegiatan yang satu ini. Anda akan mendapatkan jaringan persahabatan sesama blogger yang bisa saling memberi manfaat untuk hubungan jangka panjang.

Hubungan jangka panjang ini nanti dapat dikembangkan sendiri oleh blogger yang bersangkutan. Apakah hubungan akan sebatas guest blogging saja, atau ingin kerjasama blog dalam bentuk yang lain.

3. Meningkatkan Trafik Blog

Jika Anda dan pemilik blog sepakat untuk kerjasama link blog atau mencantumkan profil penulis, maka trafik blog ke situs Anda akan menjadi salah satu benefit yang dapat Anda peroleh. Namun yang perlu digarisbawahi, ini tidak serta merta terjadi. Anda perlu membuat konten Anda mempunyai daya tarik untuk dikunjungi dan dibaca.

Jika daya tarik ini ada di artikel yang Anda terbitkan, pasti pembaca dari situs web itu tak akan sungkan untuk mampir ke website Anda dan membaca lebih banyak konten dari situs Anda.

4. Mengasah Kemampuan Menulis Konten

Mau tidak mau, menjadi seorang guest blogger akan menantang kita untuk melatih kemampuan diri. Terutama saat kita menulis untuk blog besar, atau website yang sudah punya nama, yang mempunyai syarat dan ketentuan tertentu. Jika artikel yang kita tulis tidak layak untuk terbit, maka sia- sia usaha kita.

Maka dari itu, dengan sendirinya kita akan meningkatkan kualitas tulisan kita agar menjadi lebih baik lagi.

5. Meningkatkan Social Media Shares

Menghasilkan banyak share ke media sosial adalah salah satu cara untuk memperluas jangkauan online Anda secara eksponensial. Saat Anda berhasil menciptakan konten yang menarik dan mendorong engagement, keuntungan yang Anda peroleh semakin besar. Terutama saat si pengunjung masuk ke artikel asli di blog Anda, tentu bisa melipatgandakan langsung social media shares di situs web Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Posting Otomatis Artikel Blog ke Facebook dan 6 Media Sosial Lainnya

5 Media Sosial terbaik untuk Promosi Bisnis dan Jualan Online

6. Meningkatkan Follower/ Fans Social Media

Artikel yang ditulis dengan kredibel, lengkap, dan informatif selalu menarik perhatian orang untuk mencari tahu siapa siapa si penulis konten tersebut. Di sebagian besar pengaturan blog tamu, pemilik blog kerap memberikan tautan profil kontributor. Nah, disini Anda dapat memanfaatkannya untuk memberi slot tautan ke akun media sosial anda.

Jika konten Anda berkualitas, maka pengikut blog tersebut bisa saja mengintip akun media sosial Anda atau brand Anda dan mengikutinya. Selain mendapatkan pengikut baru, Anda juga dapat memenangkan kepercayaan audience tertarget Anda.

7. Meningkatkan Otoritas Secara Online

Bicara tentang bisnis online adalah bicara tentang otoritas. Bahkan saat Anda sudah mempunyai konten terbaik, bukan hal mudah untuk mengubah audiens Anda menjadi pelanggan setia atau mengakuisisi seseorang menjadi pelanggan jika mereka tidak mempercayai brand kita.

Dengan menjadi seorang guest blogger di web dengan otoritas baik, Anda mempunyai kesempatan untuk membuktikan kredibilitas anda sebagai sumber informasi dan kontributor. Hal ini akan membuat target audiens Anda untuk melihat siapa diri Anda dan mengenalkan brand Anda dengan lebih meyakinkan.

Sebagai hasilnya, saat membaca tentang brand Anda di web berotoritas tinggi, audiens akan lebih mudah menerima nilai yang Anda jual dibandingkan tampil di web sendiri yang belum begitu dikenal banyak orang.

8. Menumbuhkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Terkait dengan point #7, menjadi seorang blogger tamu disebut sebagai cara yang efektif untuk membangun otoritas di niche Anda. Sebisa mungkin, cobalah untuk berbagi tips atau ide menarik yang belum banyak digali sebelumnya.

Manfaatkan kesempatan menjadi seorang guest blogger untuk memberitahu orang- orang apa yang dilakukan oleh brand Anda dan bagaimana ini akan menyelesaikan masalah mereka. Pastikan Anda menanamkan suara brand Anda ke dalam setiap pos yang Anda kirimkan.

Hal ini akan membuat merek anda menjadi lebih mudah dikenal dimanapun saat Anda mengirim posting tamu. Beberapa blogger populer seperti Larry Kim mencoba menggunakan pendekatan percakapan dan humor untuk membuat pembaca lebih terlibat.

Ia juga memastikan tulisannya mudah dicerna pembaca dengan mempertahankan kalimat- kalimat pendek. Anda mungkin bisa menerapkan tips ini saat menjadi blogger tamu nanti 🙂

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Instant Articles? Hal- Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mendaftar

9. Menghasilkan Lead Berkualitas

Salah satu langkah penting untuk strategi guest blogging yang sukses adalah memilih situs web yang tepat. Selain relevansi niche, Anda juga perlu mencari situs dengan arus trafik yang relatif stabil. Hal ini akan membantu Anda terhubung dengan orang- orang yang sudah tertarik dengan apa yang Anda tawarkan sebagai bisnis.

Pro Tips :
Kembangkan konten atau halaman yang dapat menjadi tujuan konten guest blogging Anda. Halaman ini lah yang akan menjadi jembatan antara pengunjung di website orang lain tersebut ke situs web Anda. Halaman ini yang akan menjadi perantara pengunjung untuk mengenali brand Anda dan mengonversi mereka dari lead menjadi sales.

10. Mempersingkat Siklus Penjualan

Sales funnel selalu menjadi tantangan tersendiri untuk pemasar konten. Dengan mendistribusikan konten Anda melalui situs web populer, Anda dapat segera membangun awareness target audiens terhadap merek Anda.

Dengan demikian, aktivitas ini dapat memperpendek siklus penjualan untuk produk dan layanan Anda secara tidak langsung. Mindset nya seperti ini : daripada harus menunggu calon pelanggan potensial datang ke situs Anda, mengapa tidak langsung memperkenalkan produk dan brand Anda ke situs yang sudah ramai?

11. Mendapatkan Feedback dari Sesama Kontributor

Jika Anda menjadi seorang guest blogger di situs web yang aktif menerima konten dari banyak kontributor, poin plus lainnya adalah Anda bisa menerima feedback menarik dari kontributor lain.

Misalnya saja, kontributor bisa memberi masukan untuk meningkatkan kualitas konten Anda, masukan untuk brand Anda, atau bahkan menyampaikan ketertarikan untuk bekerja sama. Untuk mengundang kontributor untuk berkomentar, cobalah menambahkan ajakan untuk bertindak (Call to Action) dalam paragraf kesimpulan.

Kesimpulan

Tak diragukan lagi, guest blogger atau menjadi seorang blogger tamu adalah langkah penting untuk mencapai kesuksesan marketing online. Setelah Anda memahami manfaatnya, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset situs website yang menerima konten blog tamu, dan mem- filter nya untuk sesuai dengan niche atau kebutuhan Anda. Tertarik untuk mencoba? Well, Saya rasa Anda patut untuk mencobanya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.