Type to search

Blogging

7+ Tips Membuat Halaman Website Tentang Kami/ About Us yang Baik

Cara Membuat Halaman website Tentang Kami/ About Us

Untuk perusahaan dan brand, halaman About Us atau Tentang Kami mempunyai peranan yang penting. Halaman ini adalah gateway utama untuk sebuah brand dan perusahaan memperkenalkan diri kepada pembaca atau pencari informasi produk dan jasa mereka.

Untuk perusahaan, halaman Tentang Kami ini adalah salah satu media branding perusahaan. Setelah masuk ke sebuah website, orang cenderung akan masuk ke About Us untuk mencari tahu lebih lanjut tentang perusahaan atau sebuah brand.

Karena mempunyai fungsi penting, halaman About Us ini sebaiknya kita kemas dengan cermat dan tepat. Jangan sekedar menulis halaman panjang dengan konten bersifat formalitas saja. Sebaliknya, manfaatkan halaman ini untuk memaparkan hal- hal penting dari perusahaan, dan mempertajam informasi perlu pembaca ketahui.

Membuat Halaman About Us Bukan Sekedar Formalitas

Faktanya, banyak perusahaan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa menulis halaman About Us adalah bagian termudah dalam membuat website. Bukan hanya perusahaan, bahkan hal ini sering kita alami sebagai blogger dan penulis konten. Tentang kami sering dianggap sebagai pekerjaan sepele dan pelengkap situs web.

Namun, menulis halaman About Us yang baik sebenarnya lebih sulit dari yang kita pikirkan. Pasalnya, halaman ini seharusnya dikemas dengan cermat dan sangat baik sebagai jembatan untuk memudahkan penyampaian informasi kepada pembaca.

Halaman tersebut haruslah audience oriented. Apa yang kita tulis di halaman About Us harus secara khusus disesuaikan dengan target audiens kita. Anda mungkin mempunyai banyak hal untuk dibagikan di halaman tersebut. Mulai tentang nilai- nilai perusahaan, misi, komposisi team yang mengagumkan, portofolio dan lain sebagainya.

Namun yang terpenting, Anda harus lebih dulu mengatur informasi dengan cara yang sesuai dengan apa yang dicari audiens Anda.

Tips Menciptakan Halaman About Us yang Baik

Bagaimana jika halaman Tentang Kami itu menceritakan seluruh kisah dan sejarah perusahaan?

Tidak ada yang salah memang, karena halaman ini mungkin salah satu tempat yang tepat untuk memuatnya. Namun, jika pembaca ingin mencari tahu apa yang bisnis Anda lakukan dan siapa Anda, maka sebaiknya penyajian informasi yang lebih penting perlu tampil lebih dulu.

Jika Anda ingin menulis halaman About Us yang baik untuk brand atau perusahaan Anda, berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk website :

1. Awali dengan Kalimat Pembuka yang Mengesankan

Halaman tentang kami dapat dikemas dengan berbagai cara. Anda bisa memilih sedikit formal dengan membukanya tanpa headline (hanya judul besar Tentang Kami/ About. Atau membuat gebrakan dengan kalimat pembuka yang mengajak audiens Anda berbicara.

Artinya, Anda bisa mengawalinya dengan headline yang mengesankan untuk membuat audiens Anda merasa terlibat langsung dengan brand. Kalimat pembuka ini mungkin sederhana, mungkin kalimat yang sedikit panjang. Apapun itu, ini adalah sesuatu yang membaut pembaca merasa klik di awal, merasa terlibat dan merasa bersemangat.

Untuk contoh halaman Tentang Kami dengan headline menarik ini misalnya Twitter dan Gojek seperti gambar di bawah ini.

Contoh Halaman Tentang Kami - Gojek
Headline laman About Twitter

Melalui kalimat pembukanya, Gojek ingin membangkitkan pengguna setianya untuk merasakan spirit dalam Gojek melalui layanan dan sistem kemitraan yang diusungnya. Kebetulan di update terbarunya ini, Gojek sekaligus memperkenalkan logo barunya. Ini semakin memperkuat spirit membangkitkan semangat yang Gojek usung di lamannya.

Sedangkan Twitter, headline secara langsung membuat kita tahu kalau ini Twitter banget. Yaitu platform media sosial yang membantu kita tahu apa yang sedang terjadi di dunia dan apa yang paling banyak orang bicarakan baru- baru ini.

2. Sampaikan Apa yang Anda Lakukan dan Siapa saja yang Anda Layani

Halaman About Us bisa dibuat dengan banyak tujuan. Namun yang pertama dan terpenting adalah menjelaskan kepada pembaca apa yang Anda lakukan dan siapa saja yang Anda layani. Point ini akan mengingatkan pembaca tentang alasan mereka mengunjungi situs web Anda dan mengonfirmasi mereka bahwa perusahaan Anda adalah jawaban atas kebutuhan mereka.

Penyampaian ini bisa Anda sajikan dalam bentuk copy teks panjang dan detail, atau singkat dengan konten visual yang menarik. Pada dasarnya, pengemasannya tergantung pada jenis audiens Anda.

Misalnya jika audiens Anda adalah kaum intelek atau mereka dengan jenjang edukasi tinggi, mereka akan suka dengan detail informasi yang berhasil meyakinkan mereka bahwa perusahaan Anda adalah kredibel. Namun jika audiens Anda adalah milenial, maka konten visual yang menarik dan segar, adalah yang paling mereka butuhkan.

3. Sampaikan Pendekatan yang Anda Lakukan

Misalnya perusahaan Anda adalah jasa periklanan online, sampaikan apa yang membuat Anda berbeda dengan kompetitor Anda. Sampaikan dengan tegas nilai- nilai yang akan Anda berikan kepada klien dan bagaimana cara perusahaan melakukannya untuk membuat jasa Anda unggul dan memberikan benefit pada klien.

Informasi ini diberikan bukan dengan tujuan untuk menyombongkan atau menjatuhkan kompetitor. Anda hanya perlu meyakinkan kepada mereka bahwa perusahaan Anda mempunyai nilai lebih. Deretan portofolio dari klien besar akan berbicara banyak untuk meyakinkan calon klien.

4. Ceritakan Siapa Anda (Perusahaan/ Brand Anda)

Awali dengan deskripsi tentang perusahaan Anda sebagai tim. Selanjutnya, mulai ceritakan hal- hal yang terkait langsung dengan perusahaan Anda, nilai perusahaan, organisasi atau grup yang melibatkan perusahaan, dan lain sebagainya. Setelah bercerita sebagai tim, Anda dapat memecahnya dengan bercerita tentang individu yang membentuk perusahaan Anda.

Jika membicarakan tentang individu dalam perusahaan, coba lah untuk menampilkan sebanyak mungkin wajah. Jangan hanya membicarakan tentang CEO dan Wakil CEO perusahaan. Dengan begitu, pembaca dapat melihat secara langsung siapa orang- orang yang ada di belakang brand dan perusahaan Anda.

Mereka mungkin tidak akan mengenal personel Anda. Tapi pengenalan brand dengan cara seperti ini lebih mengena kepada pembaca dan membuat mereka merasa dekat.

5. Milestone dan Pencapaian Perusahaan

Setelah mendapat kesempatan untuk membaca apa yang perusahaan lakukan, mengapa dan bagaimana perusahaan melakukannya, poin selanjutnya adalah menceritakan kisah lengkapnya. Anda dapat menceritakan bagian- bagian menarik tentang bisnis, seperti pencapaian dan milestone perusahaan.

Milestone selalu menarik untuk ‘disombongkan’, dan ini bisa menjadi nilai jual tersendiri untuk sebuah brand.

Sebagai gambaran, Anda dapat membuat konten dari beberapa ide pertanyaan berikut ini :

  • Bagaimana dan kapan perusahaan Anda memulai?
  • Pelajaran apa yang telah Anda pelajari sejak Anda memulai bisnis Anda?
  • Apa inspirasi Anda untuk memulai dan melanjutkan bisnis Anda?
  • Bagaimana Anda memilih nama perusahaan Anda?
  • Apa bagian tersulit dari pekerjaan yang Anda lakukan?
  • Bagaimana perusahaan Anda berubah sejak dimulainya?
  • Apa yang membuat Anda terus berjalan setiap hari dan menjalankan bisnis Anda?
  • Kami pikir Anda akan menemukan bahwa setelah Anda menjawab semua pertanyaan di atas, Anda akan memiliki lebih dari cukup informasi untuk menulis kisah inspiratif untuk pembaca Anda.

Dengan deretan ide di atas, Anda dapat membuat halaman About Us Anda menjadi lebih berisi dan bermakna.

6. Tampilan Visual yang Menarik

Bicara tentang isi halaman about us/ tentang kami, berarti bukan hanya bicara tentang teks yang berkaitan dengan perusahaan. Namun juga menyajikan tampilan visual yang membuat mata bisa menikmatinya.

Dalam versi sederhana, Anda bisa menyajikan gambar- gambar yang berkaitan langsung dengan perusahaan Anda. Misalnya saja tim, proses produksi, klien yang bahagia dengan brand Anda, atau statistik milestone.

Namun bisa juga, Anda menyajikan konten grafis kreatif yang membangkitkan rasa ingin tahu pembaca dan menggambarkan tentang brand Anda. Konten grafis kreatif akan memberi gambaran bahwa brand Anda dinamis dengan perubahan waktu.

Konten grafis untuk halaman About Us/ Tentang Kami

7. Apakah Perlu Membagi ke Beberapa Segmen?

Anda mungkin ragu setelah membayangkan apa saja yang perlu dimuat di halaman Tentang Kami. Apakah semua poin- poin di nomor 4 tidak menjadi berlebihan untuk tampil dalam satu halaman utuh? Apakah itu tidak terlalu membosankan untuk pembaca? Siapa yang mau membacanya sampai selesai jika terlalu panjang?

Pertanyaan ini memang masuk akal. Mengupas semuanya dalam satu halaman panjang bisa menjadikan konten Anda sangat menguras energi. Untuk mengakalinya, Anda bisa membaginya ke dalam beberapa segmen.

Misalnya saja, halaman Tentang Kami Anda kemas sebagai halaman utama yang memuat profil perusahaan. Dalam halaman ini terdiri dari beberapa halaman lain yagn terhubung dengan konten :

  • Profil perusahaan, visi dan misi (benar- benar seperti Halaman Tentang Kami yang kita persepsikan)
  • Sejarah perusahaan
  • Tim dan manajemen
  • Pencapaian & Penghargaan
  • Anak cabang (jika ada)
  • Informasi kontak
Halaman Tentang Kami Telkomsel

Segmen apa saja yang ingin Anda pisahkan, semua bisa diatur sesuai kebutuhan. Artinya, tidak ada keharusan mengikuti struktur tertentu. Anda hanya perlu memastikan halaman ini relevan, sekaligus ramah pengguna.

8. Tutup Dengan Kisah dan Tagline yang Kuat

Setelah menceritakan latar belakang, apa yang perusahaan lakukan, team – individu, dan kisah perusahaan, Anda dapat menutup laman Tentang Kami/ About Us Anda dengan pernyataan yang kuat, dan menarik.  Pernyataan ini akan memberi pembaca gambaran umum tentang perusahaan dalam satu kalimat tagline yang kuat.

Goalnya adalah memperjelas identitas perusahaan Anda, sekaligus memberikan jawaban cepat untuk siapa saja yang tidak ingin membaca halaman tersebut secara lengkap.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis About Us

Dari 8 tips di atas, sudah siapkah Anda membuat halaman About Us website Anda sendiri?

Secara keseluruhan, buat lah halaman About Us Anda semenarik mungkin. Hindari membuat konten yang hanya tulisan panjang dan terkesan menjemukan. Coba lah bereksperimen menjadikan Tentang Kami ini sebagai wadah kreatif untuk menceritakan perusahaan Anda.

Anda juga bisa memasukan copywriting terbaik untuk mengemas laman Tentang Kami. Mulai dari headline copywriting yang menggunggah, hingga setiap segmen dari halaman. Tidak lupa, tambahan infografis dan konten visual lainnya juga akan membuat halaman Anda semakin menarik.

Selamat mencoba!

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Amri
7 months ago

Saya sedang mengalaminya saat ini.. ternyata membuat halaman tentang kami itu lebih sulit daripada halaman home page karena kita harus mendeskripsikan usaha dengan jelas dan pemilihan kata2nya harus tepat agar pengunjung bisa menerima apa pesan kita tanpa terlihat membosankan.. terima kasih telah berbagi tips ini, akan saya terapkan.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x