Type to search

Entrepreneurship

Mengenal Jurusan Teknik Industri dan Prospek Kerjanya

Mengenal jurusan teknik industri & prospek kerjanya

Jika dibandingkan dengan jurusan lain yang tersedia di sebuah universitas, bisa dikatakan jika jurusan teknik industri menjadi salah satu jurusan dengan peminat yang cukup tinggi. Hampir di setiap pembukaan pendaftaran mahasiswa baru, ratusan bahkan ribuan calon mahasiswa mendaftar untuk jurusan ini dan berebut kursi yang tersedia.

Banyak kalangan mengatakan bahwa jurusan teknik industri merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat baik. Fakta adanya banyak industri di Tanah Air dan juga luar negeri, yang memerlukan pembaruan sumber daya manusia setiap tahunnya menegaskan klaim tersebut.

Hanya saja, tentu, perlu kompetensi tinggi untuk mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan dengan posisi yang baik. Anda bisa kunjungi situs ini untuk mengecek gambaran CV yang Anda perlukan.

Sekilas Tentang Jurusan Teknik Industri

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan jurusan teknik industri tersebut?

Bisa dikatakan bahwa jurusan ini merupakan turunan dari teknik mesin. Hanya saja, jurusan teknik industri cenderung lebih fokus perihal perancangan, peningkatan dan pemasangan sistem terintegrasi yang memerlukan peran manusia, peralatan, energi dan juga material.

Kenapa Memilih Jurusan Teknik Industri?

Seperti yang Panda singgung sebelumnya, jurusan teknik industri menjadi salah satu jurusan dengan peminat yang sangat besar. Bisa jadi, hal tersebut berdasarkan pada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh seseorang yang lulus dari jurusan ini.

Adapun beberapa keuntungan menjadi lulusan teknik industri – yang juga bisa kita jadikan alasan memilih jurusan ini, adalah:

1. Lulusan dari teknik industri bisa masuk ke beragam jenis industri jasa yang berbeda, seperti keuangan, konsultasi, teknologi informasi dan juga pelayanan pada masyarakat.

2. Materi pembelajaran yang luas karena tidak hanya membahas tentang teknologi saja melainkan juga ilmu manajemen, keuangan, bisnis dan lainnya.

3. Memiliki kesempatan untuk mengasah kompetensi dan skill yang diperlukan untuk sebuah perusahaan.

4. Memiliki bidang keahlian yang bisa dipilih sesuai keinginan, seperti sistem manufaktur, sistem industri dan teknologi ekonomi.

5. Memiliki peluang yang cukup luas untuk bekerja di bidang industri atau menjadi seorang wirausaha.

Tentu, selain beberapa poin di atas, masih ada banyak alasan kenapa jurusan ini banyak menjadi pilihan calon mahasiswa. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan jurusan ini sebelum terjun di dunia akademik.

Kelebihan Lulusan Jurusan Teknik Industri

Seorang lulusan jurusan teknik ini akan memiliki beberapa kelebihan yang sangat bermanfaat ketika bekerja. Adapun beberapa kelebihan yang ini antara lain adalah :

1. Kemampuan melakukan analisis

Seorang lulusan jurusan teknik industri akan dibekali dengan kemampuan analisis dan hal ini sangat sangat penting dalam dunia kerja. Analisis sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan dengan cara mengurangi, membedakan hingga memilah sesuatu untuk dikelompokkan dengan kriteria dan standar tertentu.

2. Kemampuan berpikir sistematis

Mahasiswa dari jurusan teknik industri juga akan memiliki kemampuan berpikir yang sistematis. Dengan demikian, ia bisa menguraikan dan merumuskan suatu hal dengan lebih teratur dan logis untuk membentuk sistem yang utuh dan terpadu.

3. Kemampuan manajerial

Hal lain yang menjadi kelebihan lulusan teknik industri adalah adanya kemampuan manajerial yang mumpuni. Manajerial adalah ilmu yang mengatur segala sesuatu dengan baik dan benar. Oleh karenanya, lulusan teknik industri bisa berprofesi sebagai manajer.

Selain beberapa poin di atas, kelebihan lain dari lulusan jurusan ini adalah mampu memecahkan masalah, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan pertimbangan objektif dan lainnya.

Prospek Lulusan Jurusan Teknik Industri

Dengan beragam kelebihan yang jurusan ini miliki, prospek kerja lulusan jurusan teknik industri terbilang cukup luas. Adapun beberapa peluang kerja dari jurusan ini antara lain :

1. Bidang produksi dan penjaminan mutu

Lulusan teknik industri memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan dan pengendalian produksi, manajemen kualitas dan juga pengembangan sistem manajemen. Oleh karenanya, banyak perusahaan yang memerlukan tenaga mereka di bidang produksi dan penjaminan mutu.

2. Bidang sistem informasi

Prospek kerja lain bagi seorang lulusan teknik industri adalah bidang sistem informasi. Dalam hal ini, mereka bisa bekerja sebagai staf IT, staf pemasangan sistem informasi dan bidang sejenis lainnya.

3. Bidang pemasaran

Mahasiswa lulusan teknik industri bisa memulai karier di bidang pemasaran. Peluang kerja di bidang ini cukup terbuka untuk menjadi seorang market research, technical sales dan lainnya.

Selain beragam bidang tersebut, prospek lulusan teknik industri masih banyak, termasuk bidang operasional dan logistik, bidang manajemen sumber daya manusia dan juga bidang keuangan.

Nah, dengan beragam prospek kerja yang menarik serta beragam kemampuan yang dimiliki, apakah Anda semakin tertarik dengan jurusan yang satu ini?

Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.