Type to search

Lain- lain

10 Tanda yang Mudah Terlihat Saat Karyawan Bahagia dengan Pekerjaannya

Share
Mengetahui tanda- tanda karyawan bahagia dengan pekerjaannya

Ada banyak pemilik perusahaan dan HRD yang berupaya keras untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas karyawannya. Dengan berbagai training, karyawan diharapkan akan menjadi lebih produktif dan meningkat rasa bahagianya dalam bekerja.

Kebahagiaan karyawan ini bisa menjadi salah satu point penting. Jika karyawan tidak bahagia, bagaimana mungkin dia bisa menyelesaikan tugas- tugasnya di kantor dengan baik? Bagaimana mungkin produktifitasnya akan meningkat?

Yang mungkin terjadi justru sebaliknya, semangat kerja terus menurun dan akhirnya mempengaruhi kualitas operasional perusahaan.

10 Tanda Karyawan Bahagia dengan Pekerjaannya

Maka dari itu, penting untuk HRD atau pemilik perusahaan untuk menilai apakah karyawan bahagia dengan pekerjaannya atau tidak. Namun, bagaimana cara mengetahuinya? Simaklah tanda- tanda berikut ini :

1.      Tidak Terlambat ke Kantor

Jika karyawan mulai sering datang terlambat ke kantor, Anda sebaiknya mulai waspada. Bibit- bibit malas yang terlihat ini adalah salah satu tanda bahwa karyawan sudah tidak nyaman dengan pekerjaannya.

Berbeda dengan karyawan bahagia, mereka cenderung selalu berusaha untuk datang lebih pagi atau setidaknya beberapa menit sebelum jam masuk kerja. Tipe karyawan ini sangat menghargai jadwal kerjanya agar bsia menjaga produktifitasnya dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya :   Sejarah Perubahan Algoritma Google dari Waktu ke Waktu

2.      Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Tempat kerja adalah rumah kedua untuk seorang karyawan. Penting sekali untuk mereka menjaga hubungan baik dengan ‘anggota keluarga’ mereka di kantor. Jika hubungan dengan rekan kerja baik, maka pekerjaan pun akan terasa menyenangkan untuk dikerjakan.

Untuk seorang karyawan bahagia, mempunyai hubungan baik dengan rekan kerja itu penting.

3.      Selalu Optimisi dalam Bekerja

Dalam pekerjaan, kita sering dihadapkan dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi. Salah satu cara yang diterapkan seorang karyawan bahagia adalah terus menjaga api optimisme mereka. Mereka jarang mengeluh dan menebar gossip negatif. Sebaliknya, mereka lebih sering berpikir positif dan penuh kreatifitas dalam menjalankan pekerjaannya.

4.      Disiplin dan Menjaga Kebersihan

Sesekali coba intiplah meja kerja karyawan Ada. Jika terlalu berantakan dan jorok, bisa jadi dia mempunyai semangat kerja yang rendah. Pasalnya, karyawan yang bahagia dan menyukai pekerjaannya akan selalu berusaha disiplin dan menjaga kebersihan dan kerapian tempatnya bekerja. Semua itu dilakukan untuk kebaikan dirinya sendiri.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Menghadapi Toko Online yang Sepi dan Menurun Omsetnya

5.      Berupaya Mengembangkan Karir

Karyawan yang bahagia akan dengan senang hati menyelesaikan pekerjaannya hingga tuntas, dan bahkan menyodorkan ide- ide baru untuk dieksekusi. Bukan hanya bertanggungjawab dengan pekerjaannya, namun ia juga selalu antusias dalam mengembangkan karirnya.

Goalnya bukan untuk karir jangka pendek, melainkan karir dan pengembangan diri jangka panjang.

6.      Tidak Segan Berpartisipasi dengan Kegiatan di Luar Kantor

Saat perusahaan membuat kegiatan di luar jam kerja, entah itu kegiatan sosial, liburan, atau yang lainnya, ini adalah kesempatan emas untuk pemilik bisnis atau HRD untuk melihat apakah karyawannya loyal dan bahagia atau tidak.

Dari kegiatan- kegiatan ini biasanya akan terlihat mana karyawan yang selalu berupaya datang, dan mana yang nyaris tidak pernah berpartisipasi. Perhatikan siapa saja yang termasuk ke dalam daftar tidak pernah berpartisipasi tersebut, dan akan terlihat korelasinya.

7.      Menampilkan Sikap Positif

Seorang karyawan yang secara konsisten menampilkan sikap positif dalam bekerja dan bersosialisasi dengan rekan kerjanya bisa dipastikan termasuk karyawan yang bahagia.

Misalnya saja saat berada dalam situasi meeting. Sosok karyawan ini akan terlihat mempersiapkan diri dengan baik, kemudian berpartisipasi dalam prosesi Tanya jawab dengan penuh rasa antusias.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Trend yang Perlu Anda Ketahui dalam SEO dan Konten Marketing

8.      Selalu Mempunyai Ide dan Solusi Kreatif

Karyawan yang bahagia selalu peduli dengan kemajuan diri, tim, dan perusahaannya. Jarang sekali mereka bekerja hanya apa adanya. Sebaliknya, dalam pekerjaannya, mereka sering terlihat sebagai sosok yang totalitas tanpa batas.

Tidak jarang, mereka selalu melempar ide segar dan solusi kreatif dari setiap permasalahan di tempat kerja. Melalui ide dan solusi kreatif tersebut, ia berharap dapat berpartisipasi dalam memajukan perusahaan.

9.      Menghindari Obrolan Negatif

Tidak jarang beberapa karyawan akan terlibat dalam obrolan negatif yang berisi keluhan mereka terhadap perusahaan, dan saling menyeret teman lainnya untuk ikut berprasangka buruk terhadap perusahaan. Seorang karyawan bahagia mungkin juga manusia biasa yang kadang menyimpan keluhan ‘kecil’.

Namun, alih- alih melibatkan diri dalam obrolan itu, ia memilih untuk menarik diri. Daripada terlibat dalam gossip, ia akan memilih untuk menyampaikan keluhan dan unek- uneknya langsung kepada atasan.

Dengan begitu, keluhan tersebut tersampaikan dengan cara yang tepat, dan berbagai macam spekulasi negatif yang mempengaruhi etos kerja tidak berkembang secara liar.

10. Menghormati Pimpinan

Seorang karyawan yang bahagia dengan pekerjaannya pasti menghormati pemimpinnya. Salah satu cara ia menghormati bisa dilakukan dengan cara nomer 9 yaitu dengan menyampaikan langsung keluhan kepada orang yang tepat dibandingkan membangun koalisi negatif di kantor.

Cara lain yang biasanya kerap ditunjukkan adalah dengan memberikan salam sapa dengan tulus dan melakukan pekerjaan dengan sebaik- baiknya.

Itulah tanda- tanda karyawan yang bahagia dengan pekerjannya. Apakah 10 tanda- tanda ini cukup mudah Anda temui di karyawan perusahaan Anda? Perhatikanlah mereka mulai dari sekarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.