Tahukah Anda bahwa kelebihan jaringan SD-WAN sedang menjadi perbincangan hangat dalam keamanan digital? SD-WAN merupakan teknologi jaringan yang digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan Wide Area Network (WAN) yang dalam prakteknya memanfaatkan perangkat lunak untuk melakukan pengaturan. Seperti yang kita tahu, WAN merupakan sistem jaringan yang akan menghubungkan banyak jaringan LAN yang lokasinya jauh, baik di tingkat Kota, Negara, atau Benua.

SD-WAN adalah teknologi yang akan menggantikan kinerja dari WAN tradisional, yang mana pada teknologi ini, mereka akan memanfaatkan sebuah software yang kita kenal sebagai SDN (Software Defined Networking). Jadi singkatnya, SD-WAN merupakan pemanfaatan teknologi SDN pada teknologi WAN yang memiliki kinerja jauh lebih baik daripada WAN tradisional.

Kelebihan Jaringan SD-Wan

Lalu apa saja kelebihan teknologi ini? Simak rangkumannya di bawah ini :

1. Keandalan Jaringan

Untuk memastikan keandalan Jaringan, WAN Tradisional harus memanfaatkan konektivitas dengan dua sambungan yang kita kenal sebagai Multiprotocol Label Switching (MPLS). Pada SD-WAN, perusahaan mendapat keleluasaan untuk bisa menggunakan lebih dari satu jaringan Misalnya perpaduan antara broadband dan seluler, atau bahkan saluran konektivitas dari jasa internet.

Baca Juga :  Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC, Ternyata Gampang!

Fleksibilitas dalam memilih dan menggunakan beberapa sambungan ini akan membuat jaringan SD-WAN jauh lebih andal. Ketika satu jaringan tidak bisa bekerja karena gangguan, akan ada jaringan backup yang memastikan pertukaran data berjalan dengan lancar.

2. Keamanan Data

Saat ini kita sudah sampai di tahap bahwa keamanan data adalah kebutuhan yang mutlak, baik untuk data personal maupun data perusahaan. Ketika perusahaan hendak memanfaatkan SD-WAN, ada satu hal yang selalu menjadi pertanyaan, yakni terkait keamanan dan privasi data, mengingat SD-WAN memanfaatkan sambungan publik layaknya internet broadband.

Pada WAN tradisional, WAN memang dibekali dengan sambungan privat yang memang jauh lebih aman dibandingkan sambungan publik. Meski demikian, bukan berarti SD-WAN tidak hadir dengan solusi. Untuk mengatasi permasalahan ini, seluruh saluran komunikasi pada SD-WAN sudah lengkap dengan secure tunnel melalui metode enkripsi. Dengan sistem proteksi yang demikian, maka pemanfaatan SD-WAN, meski menggunakan saluran broadband akan tetap terjamin keamanannya. 

Baca Juga :  Pengertian Artificial Intelligence/ AI dan Manfaat di Berbagai Bidang

3. Performa yang Lebih Baik

Bagi banyak perusahaan digital, latensi adalah salah permasalahan yang cukup merepotkan, karena hal bisa membuat kinerja aplikasi dan sistem menurun, yang akhirnya membuat operasional tidak efektif. Ketika perusahaan beralih ke SD-WAN, mereka bisa membuat jaringan dengan kapasitas bandwidth yang lebih tinggi yang membuat akses ke sistem atau aplikasi SaaS (Software as a Service) jauh lebih cepat.

Bahkan pengguna bisa melakukan akses secara langsung ke Cloud atau aplikasi SaaS dari internet, tanpa harus melalui Data Center terlebih dahulu.

4. Pengelolaan yang Mudah

Manfaat penggunaan SD-WAN yang keempat adalah pengelolaan yang jauh lebih mudah jika kita bandingkan dengan teknologi WAN. Hal ini tentu saja karena pada SD-WAN, pengelolaan kebijakan terkait keamanan dan traffik bisa dilakukan secara terpusat. Bahkan beberapa penyedia layanan juga ada yang menawarkan Managed SD-WAN. Artinya, pengelolaan ini dapat menggunakan bantuan penyedia jasa.

Baca Juga :  7+ Cara Ampuh Menghilangkan Malware Hingga Tuntas!

5. Biaya Terjangkau

Jika kita bandingkan dengan WAN Tradisional, SD-WAN memiliki sistem yang jauh lebih sederhana. Dengan begitu, biaya awal implementasi juga terjangkau karena tidak membutuhkan banyak software. Selain itu, kita juga bisa melakukan pengalihan kepada jaringan yang lebih murah, seperti MPLS ke broadband. Alhasil, ini juga membantu menurunkan biaya jaringan itu sendiri.

Itulah 5 manfaat dari penggunaan SD-WAN, yang mana teknologi ini mampu menjawab beberapa tantangan yang tidak bisa dilakukan oleh WAN tradisional. Melalui SD-WAN perusahaan tetap bisa menikmati jaringan yang andal dan aman, namun jauh lebih mudah untuk dikelola dan murah.

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap