[ADINSERTER AMP]

Type to search

Hack Marketing

Apa itu Link Cloaking dan Cara Membuat Link Cloaking dengan Pretty Link

Apa itu Link Cloaking dan Cara Membuat Link Cloaking

Link cloaking atau URL cloaking bukan istilah yang awam untuk para affiliater. Karena dengan menerapkan teknik ini, link affiliate marketing akan menjadi lebih ringkas dan user friendly.

Affiliate marketing ini sendiri merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan menjual produk dan jasa sebuah merchant melalui link afiliasi yang kita miliki.

Para pemula mungkin masih bertanya- tanya tentang apa sih link cloaking itu? Nah di pembahasan kali ini, Panda akan mengulas secara lengkap degnan apa itu link cloaking dan cara membuat URL cloaking dengan plugin Pretty Link.

Apa itu Link Cloaking/ URL Cloaking

Cloaking merupakan sebuah teknik untuk menyembunyikan link tujuan (bisa link afiliasi atau link lain( dengan menggunakan URL custom sesuai yang Anda inginkan. Sedangkan URL Cloaking adalah link dari proses cloaking itu sendiri.

Link cloaking sering digunakan para affiliate marketer untuk menyamarkan link afiliasi mereka atau membuatnya tampil lebih ringkas untuk disajikan di website. Dalam kasus affiliate ini, sebenarnya ini bukan cara curang.

Pada dasarnya link afiliasi terlihat rumit atau panjang karena mengandung tracking kode untuk mengetahui transaksi dari kode afiliasi. Selain membuat URL tidak cantik, rasanya agak sulit untuk mengingat link ini, kecuali menyalin lebih dulu.

Jadi, tujuan utama dari penggunaan URL cloaking adalah agar link lebih ringkas, rapi dan mudah diingat, serta memastikan pengunjung masuk ke halaman yang tepat sesuai yang kita inginkan.

Contohnya adalah mengubah link asli yang seperti ini :

menjadi seperti ini :


Terlihat bedanya, kan?

Keuntungan Menggunakan Link Cloaking

Selain membuat link yang panjang dan rumit lebih ringkas dan rapi, sebenarnya ada banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dari penggunaan URL Cloaking ini. Manfaat dari link cloaking antara lain :

1. Manajemen Link Affiliate dengan Mudah

Para affiliater biasanya bergabung dengan banyak produk afiliasi sekaligus. Tentu saja tidak mudah untuk memantau semua link ini secara manual.

Selain itu, ada kemungkinan pihak merchant akan merubah atau memperbaharui link affiliate mereka. Saat ini terjadi, tentu akan merepotkan untuk mengubah link ini satu per satu di setiap postingan. Belum lagi jika ada postingan yang link nya terlewat update.

Namun dengan plugin khusus yang menyamarkan link afiliasi, mengatur semua link afiliasi akan menjadi lebih mudah karena dari satu tempat saja. Jika terjadi perubahan link tujuan, Anda hanya perlu mengubah melalui plugin saja.

Poin plus nya lagi, Anda juga bisa mentracking berapa banyak orang yang mengklik masing- masing dari link affiliate Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis produk dan jasa merchant yang paling banyak menarik peminat. Menarik, bukan?

2. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Kenyataannya, saat pengunjung akan mengklik sebuah alamat URL, apa yang tertera dalam alamat URL bisa menjadi faktor penentu untuk pengunjung mengklik link tersebut.

Saat yang tampil adalah link afiliasi, terutama dengan kode- kode, seringkali ini terlihat mencurigakan di mata pengunjung. Mereka mungkin berpikir link tersebut tidak aman, dan tidak jadi mengklik link tersebut.

Selain itu, ada juga beberapa pengunjung yang antipati terhadap link afiliasi. Meski kenyataannya link afiliasi sebenarnya tidak mengurangi manfaat produk dan jasa dari sebuah merchant.

Dengan menyamarkan link yang kita gunakan alias link cloaking, kita bisa menghapus keraguan pengunjung dalam mengklik website. Ini karena link yang tampil di website tidak secara gamblang merujuk ke link afiliasi yang rumit yang kita gunakan.

3. Memastikan Pengunjung Masuk ke Halaman yang Tepat

Penting untuk para affiliate marketer untuk memastikan bahwa pengunjung masuk ke halaman yang tepat, alias tidak salah tujuan. Tentu saja, Anda tidak ingin pengunjung masuk ke URL affiliate milik orang lain, bukan?

Disinilah peran penting link cloaking. URL yang lebih pendek dan rapi memudahkan calon pembeli untuk masuk ke halaman yang Anda tuju.

4. Menghindari Ad Blockers

Sebagian orang sering merasa risih dengan kehadiran iklan- iklan di website yang mereka kunjungi. Itulah alasan beberapa pengunjung memilih untuk mengaktifkan plugin atau ekstensi pemblokir iklan, seperti AdBlock atau AdBlock Plus.

Ekstensi ini dapat dengan mudah mengenali link afiliasi dan bisa memblokirnya sehingga pengunjung tidak bisa mengaksesnya. Tentu saja ini sangat merugikan website Anda karena bisa mengurangi pendapatan affiliate.

Tapi dengan URL cloaking, link afiliasi akan terlihat lebih natural dan relatif aman dari AdBlock. Sedangkan untuk iklan berbentuk banner, Anda bisa mengakalinya dengan mengunduh langsung gambar dan mengunggahnya di situs website.

5. Mencegah Email Ditandai dengan Spam

Tidak jarang link afiliasi ditandai sebagai spam. Ini kerap terjadi karena marketer terlalu agresif dalam mempromosikan link afiliasi mereka, termasuk dengan email.

Jika Anda menggunakan email marketing sebagai salah satu strategi afiliasi Anda, penggunaan url cloaking akan meningkatkan kemungkinan email untuk sampai ke inbox pelanggan dan mencegah email tersebut masuk ke folder spam.

URL Cloaking di Mata SEO & Google

URL Cloaking secara tidak langsung adalah teknik untuk menyamarkan alamat website. Di mata SEO dan Google secara umum, ini sering dianggap sebagai metode untuk mengelabui pengunjung. Tentunya ini bukan hal yang disukai Google.

Google sendiri tidak mendukung Cloaking dan menganggapnya sebagai pelanggaran terhadap Pedoman Webmaster.

“Cloaking mengacu pada praktik menyajikan konten atau URL yang berbeda kepada pengguna dan mesin pencari. Menyajikan hasil berbeda berdasarkan agen pengguna dapat menyebabkan situs Anda dianggap menipu dan dihapus dari indeks Google.”

Kendati begitu, cloaking sendiri didefinisikan ke dalam dua kelompok besar. Yang pertama adalah clocking yang secara teknis penyamaran dengan menampilkan kode/HTML untuk pencarian robot dan pengguna yang tidak sama.

Kedua adalah cloaking jahat untuk tujuan manipulasi, dan menipu dengan menyajikan dua versi halaman yang berbeda. Jika teknik yang kita gunakan adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna, ini sebenarnya adalah hal yang sah.

Untuk meminimalisir dampak SEO ini, berikut adalah kriteria yang bisa Anda terapkan dalam praktek link cloaking :

  • Menggunakan kategori, slug, atau prefix khusus untuk link afiliasi. Dengan begitu, Anda dapat membuat peraturan untuk memblokir mesin pencari agar tidak menelusuri link afiliasi.
  • Membuat tipe pengalihan URL (redirect), baik itu 301, 302 atau 307
  • Menggunakan tag rel=”nofollow” secara otomatis di semua link cloaking

Cara Mudah Membuat Link Cloaking

Nah, sekarang kita sudah sampai di step cara membuat url cloaking. Untuk pengguna WordPress, menciptakan link cloaking bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai plugin cloaking.

Plugin cloaking sendiri ada cukup banyak, namun untuk memulainya, baiknya pilih plugin yang mendukung kriteria praktek link cloaking di atas dan tambahan fitur yang memudahkan kita tracking/ analisa berapa yang sudah mengklik link afiliasi kita.

Dengan kebutuhan ini, beberapa plugin yang Panda rekomendasikan antara lain :

  • Pretty Link
  • Thirsty Affiliates
  • WP Wizard Cloak
  • WooCommerce Cloak Affiliate Links
Pretty Links

Di tutorial Panda kali ini, kita akan membuat cloaking url dengan plugin Pretty Link. Mari kita simak bersama- sama caranya :

1. Membuat Link Cloaking di Pretty Links

Jika ingin memasukkan link ke kategori tertentu, mengubah opsi No Follow dan menonaktifkan pelacakan link, Anda bisa mengaturnya di ADVANCED OPTIONS.

  • Instal dan aktifkan plugin Pretty Link
  • Setelah aktif, masuk ke menu Pretty Link > Option, centang opsi Tracking dan No Follow.
    Option - Setting Pengaturan Pretty Links
  • Untuk mulai membuat url cloaking, masuk ke menu Pretty Link >> Add New Link dan isi kota isian yang tersedia :
    • Redirection : Ada tiga jenis pengalihan yang bisa kita pilih, yaitu 301 (permanen) serta 302 dan 307 (sementara). Secara default, Pretty Links menggunakan redirect 307, gunakan saja opsi default ini
    • Target URL : Masukkan link afiliasi atau link yang ingin Anda samarkan
    • Pretty Link : Masukkan URL pengganti atau URL samaran yang ingin Anda gunakan. Untuk mempermudah mengingatnya, masukkan saja nama produk atau penyedia jasa afiliasinya. Anda bisa juga menggunakan prefix tertentu dan membuat format url prefix/affiliasi
    • Title : Beri judul untuk memudahkan Anda mengingatkan url cloaking
    • Notes : Tambahkan catatan bila perlu (opsional)
Menambah link Pretty Links

Setelah selesai, klik Create.

2. Memasukkan Cloaking URL ke Postingan

Cara Menambah pretty links ke postingan

Selanjutnya, Anda juga bisa dengan mudah menambahkan link cloaking ke postingan. Caranya yaitu dengan memilih fitur Pretty Link dari post editor dan memilih Use Existing Pretty Link. Anda juga bisa membuat link baru dari pos.

Setelah semua berjalan, jangan lupa untuk monitoring jumlah klik di link afiliasi Anda.

Kesimpulan

Bila Anda adalah seorang affiliate marketer, menggunakan link cloaking atau URL cloaking akan sangat bermanfaat. Link cloaking akan memudahkan Anda dalam urusan manajemen link afiliasi, serta mengoptimalkan CTR di website.

Cara membuat link cloaking pun relatif sangat mudah. Dengan plugin Pretty Links misalnya, Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan agar link cloaking Anda siap.

Namun perlu berhati- hati juga, agar metode cloaking yang Anda terapkan ini aman, pastikan untuk melakukan setting no follow di tag url Anda. Tag nofollow berarti Anda tidak ingin robot google menelusuri link yang Anda samarkan itu.

Selanjutnya, setelah mempraktekkan url cloaking ini, jangan lupa untuk senantiasa monitoring jumlah klik di link Anda. Dengan begitu Anda bisa melakukan analisa produk mana yang paling mendapatkan perhatian dan paling diminati.

Selamat mencoba 🙂

Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.