Type to search

Marketing

Apa itu Affiliate Marketing dan Cara Cuan dari Bisnis Afiliasi

Membangun bisnis afiliasi/ affiliate marketing

Dari berbagai pilihan mendapatkan uang dari internet, affiliate marketing atau bisnis afiliasi selalu menjadi salah satu primadona. Selain mudah memulainya karena nyaris tanpa modal, bisnis ini juga minim resiko karena tidak harus stok barang sendiri.

Beberapa bisnis afiliasi populer seperti Clickbank dan Amazon sudah terbukti menjadi ladang afiliasi terpercaya untuk menghasilkan banyak uang. Anda tertarik untuk memulainya? Mari mengenalnya lebih dekat!

Apa itu Affiliate Marketing/ Bisnis Afiliasi

Affiliate marketing atau bisnis afiliasi adalah strategi pemasaran produk dan mendapatkan komisi penghasilan dengan cara merekomendasikan produk atau jasa orang lain menggunakan kode referal.

Dasar dari bisnis afiliasi adalah affiliate berperan sebagai broker atau mitra afiliasi yang menjualkan produk dari penjual atau merchant para konsumen. Disini semua pihak akan merasa sama- sama diuntungkan.

Pembeli merasa diuntungkan karena mendapatkan barang yang diidam- idamkannya. Merchant merasa untung karena barangnya laku dengan tambahan pasukan penjualan. Sedangkan si mitra afiliasi juga merasa untung karena menerima komisi penjualan.

Bisnis afiliasi Clickbank

Produk afiliasi bisa beragam jenisnya, mulai dari produk fisik hingga produk digital. Beberapa macam bisnis afiliasi yang cukup populer di kalangan affiliater antara lain :

  • ClickBank ( menjual produk digital ) 
  • Amazon ( menjual produk digital dan fisik )
  • Agoda ( melayani pemesanan kamar hotel )
  • Lazada
  • TipsHamil.com ( menjual ebook kiat cepat hamil )
  • dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Setelah mengetahui apa itu affiliate marketing, langkah selanjutnya adalah memahami cara kerja bisnis afiliasi ini sendiri. Mengenali cara kerjanya akan memudahkan Anda untuk mengerti apa yang harus dilakukan dalam membuat strategi pemasaran.

Cara kerja Affiliate Marketing

1. Mendaftar Program Afiliasi

Langkah awal, tentu saja Anda harus mendaftar program afiliasi terlebih dulu. Ada banyak program afiliasi bertebaran di internet.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan dengan produk apa Anda akan memulai bisnis afiliasi atau niche apa yang ingin Anda geluti.

Anda juga bisa membaca artikel Panda Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bergabung dengan Program Afiliasi untuk mendapatkan insight tambahan sebagai persiapan.

2. Promosi Produk

Sudah mendaftar program affiliate tertentu?

Langkah selanjutnya adalah membangun strategi promosi produk. Anda bisa memanfaatkan promosi di media sosial, atau blog. Yang pasti, Anda tidak boleh lupa menyisipkan kode referral di konten Anda.

3. Transaksi dengan Kode Referral Anda

Nah, inilah bagian paling pentingnya. Saat terjadi penjual dengan menggunakan kode referral yang Anda miliki. Untuk memaksimalkan ini, tentu ada berbagai strategi yang Anda terapkan.

Misalnya saja iming- iming diskon tambahan dengan kode referral, landing page berkualitas dan lain sebagainya.

4. Mendapatkan Komisi

Setelah transaksi yang terjadi berhasil divalidasi, maka komisi akan masuk ke akun Anda. Setelah mencapai jumlah tertentu, komisi akan dapat dicairkan ke akun Anda. Menyenangkan, bukan?

Kelebihan Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi termasuk bisnis model lama yang awet dan terbukti menghasilkan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bisnis affiliate marketing ini :

1. Proses Mudah

Pada umumnya setiap penyedia program affiliate ini mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda- beda. Meski begitu, mereka mempunyai cara kerja yang sama.

Anda mendaftar melalui program affiliate mereka, mempromosikan produk dengan kode referral, dan tentu saja mendapatkan komisi saat pembelian terjadi. Proses yang mudah dan terstruktur.

2. Nyaris Tanpa Modal

Ya, bisnis afiliasi memang bisa dijalankan dengan sedikit atau bahkan nyaris tanpa modal.

Ada dua jenis perusahaan penyedia program afiliasi ini. Yang pertama adalah yang tidak memberikan syarat sama sekali untuk membeli produknya. Dan yang kedua adalah yang mensyaratkan untuk membeli produknya lebih dulu.

Kuncinya, pilihlah produk yang sesuai dengan niche yang Anda geluti.

3. Menjadi Passive Income

Bisnis afiliasi bisa menjadi passive income yang bisa diandalkan. Pekerjaan utama jalan, dan bisnis sampingan juga jalan. Dan tentu saja tidak ada aksi repot- repot packing produk karena Anda tidak stok produk sendiri.

4. Bisa Menjalankan Lebih dari Satu Program Afiliasi

Anda bisa menjalankan satu program afiliasi atau lebih dari itu. Yang terpenting, Anda bisa mengoptimalkan dari masing- masing program yang Anda ikuti.

Jangan sampai saling bertabrakan dan menjadi tidak optimal.

Langkah Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Meski terdengar mudah, bisnis afiliasi adalah tipe bisnis yang menuntut ketekunan seseorang. Dan tentu saja, ini bukan jenis bisnis yang menjanjikan seseorang langsung kaya.

Namun kenyataannya, sekali pecah telor dan beberapa kali mendapatkan sales, kepercayaan diri Anda sebagai seorang affiliater akan semakin tumbuh. Dan Anda akan merasa bahwa ini akan menjadi karir yang bisa diandalkan.

Tertarik untuk mencobanya lebih jauh? Berikut ini adalah cara mendapatkan uang dari mengikuti bisnis afiliasi atau affiliate marketing :

1. Riset Merchant

Melakukan riset sangat penting saat Anda memulai sebuah bisnis, termasuk bisnis afiliasi. Di dalam riset ini, Anda akan mengumpulkan sebanyak- banyaknya informasi tentang program affiliate atau merchant yang akan Anda ikuti.

Beberapa hal yang perlu Anda catat antara lain :

  • Apa saja jenis produknya
  • Berapa persentase komisinya dan perbandingan dengan program serupa
  • Kualitas produk dan layanan
  • Bagaimana prosedur pembayarannya?
  • Reputasi merchant
  • Fasilitas pendukung untuk mitra afiliasi (seperti report, dashboard afiliasi, dsb)
  • Review dari affiliates lainnya

Meski bukan hal wajib, memilih produk afiliasi yang sesuai dengan passion akan lebih menguntungkan. Setidaknya, Anda akan lebih mudah menguasai produk dan konsistensi menjalankan bisnis lebih terjaga.

Dengan mencari informasi sebanyak- banyaknya tentang bisnis afiliasi yang akan diikuti, Anda akan semakin dekat dengan pilihan bisnis yang tepat. Jangan ragu untuk mencari informasi merchant melalui jejaring sosial, forum online atau blog yang tidak terkait dengan situs merchant.

2. Mulai Bergabung

Setelah melakukan proses riset dan review, Anda boleh langsung bergabung dengan merchant tersebut jika dirasa layak dicoba. Dalam program afiliasi, ada yang membuka pendaftaran secara gratis, namun ada juga yang berbayar.

Ada yang melalui tahap seleksi, ada juga yang langsung diterima untuk bergabung. Saat sudah resmi bergabung, Anda akan mendapatkan link unik yang akan Anda gunakan untuk berjualan.

Nah link ini lah yang menjadi perantara komisi antara Anda, pembeli dan merchant. Saat pembeli melakukan transaksi dari link Anda, maka otomatis sistem merchant akan me-regenerate nya menjadi komisi untuk Anda.

3. Bangun Situs Web Affiliate

Website bukan hanya sebagai pendukung bisnis afiliasi saja, melainkan salah satu senjata ampuh affiliate untuk jangka panjang. Dengan website, Anda dapat membuat ulasan detail dengan copywriting ciamik yang dapat memikat calon pembeli.

Melalui website, Anda juga bisa membangun kerajaan affiliate Anda. Anda dapat mengatur semua konten afiliasi Anda dalam satu niche di website yang sama. Dengan relevansi serupa, potensi konversi link affiliate Anda akan lebih optimal.

Buatlah website afiliasi seprofesional mungkin. Gunakan top level domain untuk membuat website Anda meyakinkan dan terpercaya. Lakukan optimasi SEO dan strategi pemasaran lainnya dengan optimal.

Selain itu, jangan lupa untuk integrasikan dengan Google Analytics dan Google Tag Manager untuk memudahkan Anda dalam mengatur dan menganalisa goal.

4. Promosikan Link Afiliasi Anda

Kunci dari bisnis affiliate adalah banyaknya transaksi berhasil dari link afiliasi Anda. Perlu strategi khusus? Tentu saja!

Berikut ini adalah strategi yang bisa digunakan untuk mempromosikan link Anda :Membuat website atau landing page khusus

  • Manfaatkan email marketing atau list building 
  • Mempromosikan link melalui forum- forum yang relevan
  • Mempromosikan link melalui media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram
  • Promosi produk di social bookmark
  • Membuat video promosi di YouTube
  • Membuat promosi berbayar
Leadpages, landing page plugin

Strategi promosi ini bisa Anda gunakan bersamaan untuk saling melengkapi. Misalnya saat sudah mempunyai website, Anda bisa mengoptimalkannya dengan berpromosi secara organik (SEO) atau berbayar (Google Ads dan Facebook Ads). Bisa juga dengan media sosial.

Kuncinya, optimalkan eksposur produk agar semakin banyak orang mengakses produk dari link afiliasi Anda. Dengan begitu, peluang konversi akan semakin besar.

5. Bangun Reputasi & Kembangkan Diri

Sering heran kenapa banyak internet marketer yang rajin membangun personal branding di sosial media?

Karena itulah salah satu strategi mereka untuk mengumpulkan audiens tertarget. Dan ini sangat disarankan untuk dilakukan. Bangun lah komunikasi dengan pasar Anda, bersosialisasi lah dengan baik dan berikan value agar tercipta reputasi positif.

Saat sales Anda mulai menghasilkan, tetaplah menjadi teman yang baik untuk customer. Alhasil, saat Anda menjual produk sejenis yang mereka butuhkan, mereka tidak akan berpikir lagi untuk membeli dari link affiliate Anda.

Hal- hal seperti ini lah yang akan membangun reputasi Anda dalam bisnis afiliasi. Dan tentu saja, dalam bisnis ini reputasi sangat penting.

Sering- seringlah melakukan evaluasi terhadap kinerja Anda, baik itu pre-sales maupun after-sales. Dengan reputasi yang baik, bukan tidak mungkin suatu saat Anda mempunyai produk sendiri dan membangun pasukan affiliasi yang siap membantu Anda.

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate

Seperti yang Panda sebutkan di atas, perlu ketekunan dalam menjalankan bisnis afiliasi ini. Anda perlu mengawalinya dengan riset yang tepat sebelum menjatuhkan pilihan pada produk dan vendor affiliate.

Setelah itu, cobalah membangun bisnis Anda dengan media website. Dalam beberapa kasus, menggunakan media sosial saja terasa cukup. Tapi jika Anda mengharapkan sesuatu yang lebih dan konsisten hasilnya untuk jangka panjang, website akan menciptakan perbedaan signifikan.

Untuk lebih lengkapnya tentang kiat sukses bisnis afiliasi, Anda bisa membaca artikel Panda selanjutnya : 10+ Tips Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing.

Sudah siapkah Anda memulai perjalanan bisnis afiliasi Anda?

Artikel Menarik Lainnya :   Garansi Anti Rugi, Bisnis Sistem Dropship Bareng Dropshipaja.com
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

2 Comments

  1. Ang Jasman Jun 13, 2019

    Apabila belum membuat website, apakah kita bisa atau diijinkan oleh Facebook untuk mempergunakan Fan Page (bukan FB Ads) untuk bisnis affiliate?

    Balas
    1. RK Jun 26, 2019

      Boleh- boleh saja sejauh ini dengan fanpage

      Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.