Pernahkah Anda mendengar tentang Green Data Center? Menyambut era teknologi ramah lingkungan, kehadiran Green Data Center, atau pusat data hijau, menjadi fokus utama dalam era teknologi modern yang semakin berkembang pesat.

Konsep ini muncul sebagai respons terhadap tantangan lingkungan yang dihadapi industri data center, yang identik dengan konsumsi energi yang tinggi. Green Data Center bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan dan praktik berkelanjutan guna mengurangi dampak ekologis. 

Apa itu Green Data Center?

Green Data Center merupakan fasilitas IT untuk menyimpan, mengelola, dan mengirimkan data yang sistemnya, termasuk bagian mekanikal dan kelistrikan, sudah memanfaatkan teknologi ramah lingkungan atau terbarukan dengan tujuan melakukan efisiensi terhadap konsumsi energi.

Dengan memanfaatkan sumber daya energi terbarukan, pengoptimalan efisiensi, dan pengelolaan limbah yang bertanggung jawab, Green Data Center tidak hanya meningkatkan performa operasional. Namun juga memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan. Inovasi ini tidak hanya meredefinisi cara data center beroperasi, tetapi juga mempromosikan kesadaran akan pentingnya mengurangi jejak karbon di dunia digital saat ini.

Layaknya Data Center konvensional, Green Data Center juga berguna untuk berbagai keperluan. Mulai dari menghosting aplikasi, menjalankan analisis Big data, machine learning, sampai dengan artificial intelligence.

Hanya saja sistem yang digunakan pada Green Data Center tidak hanya dimaksudkan untuk mengoptimalkan kinerjanya. Lebih dari itu, teknologi ini  juga sudah memprioritaskan efisiensi dan meminimalisir dampak terhadap lingkungan. Meski pada awal pembangunan, Green Data Center seperti mustahil untuk dilakukan, namun dengan perencanaan yang matang, pada akhirnya tujuan ini bisa dicapai untuk kebaikan bisnis dan lingkungan.

Baca Juga :  Menurut Bill Gates, Ini Penyebab Windows Mobile Kalah dari Android

Maka dari itu, Green Data Center merupakan pilihan yang ideal bagi banyak organisasi, baik untuk organisasi besar yang sudah matang atau usaha kecil yang baru berkembang. 

Manfaat Menggunakan Green Data Center

Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengetahui 5 manfaat ketika menggunakan Green Data Center.

1. Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan

Manfaat green data center yang pertama adalah mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan dan krisis iklim menjadi salah satu hal yang cukup menyita perhatian akhir-akhir ini. Salah satunya tercermin dari banyaknya perusahaan yang secara aktif dan sadar untuk mengurangi gas emisi yang dihasilkan dari berbagai macam kegiatan. Hal ini termasuk penggunaan listrik dari bahan bakar fosil.

Green Data Center yang dalam pengoperasiannya lebih mengutamakan efisiensi dan penggunaan energi terbarukan tentu saja sejalan dengan kampanye tersebut.

Melalui penggunaan Green Data Center, perusahaan akan tetap bisa memanfaatkan Data Center untuk operasional bisnisnya. Namun di sisi lain juga ikut membantu mengurangi jejak karbon yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan.

2. Mengurangi Konsumsi Terhadap Energi

Tidak hanya soal sumber energinya, Green Data Center juga memiliki sistem yang cukup berbeda dengan Data Center konvensional. Misalnya seperti mengurangi penggunaan komputer yang sudah usang, atau memvirtualisasi kontrol yang memungkin staf IT bisa melakukan remote terhadap manajemen Data Center.

Dengan sistem seperti ini, staf IT bisa menjaga suhu tetap optimal dengan pencahayaan minim lebih intent dari jarak jauh. Di sisi lain, kita semua juga tahu bahwa penghematan energi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesuksesan bisnis.

Green Data Center dengan sistem seperti di atas, selama ini sudah terbukti mampu mengurangi konsumsi terhadap energi.

Baca Juga :  WhatsApp Bersiap untuk Perubahan Radikal, Simak Bocorannya

3. Mengurangi Pengeluaran

Ketika kita sudah mulai memanfaatkan Data Center, dan mendapati pengeluaran terus meningkat, salah satu langkah yang bisa kita tempuh adalah mencari tahu kenapa bisa demikian. Ternyata, salah satu penyebab yang membuat pengeluaran pada Data Center meningkat karena konsumsi energi yang juga terus meningkat.

Green Data Center, baik itu untuk Data Center yang sistemnya sudah dalam bentuk virtual. Alhasil, ini memudahkan pemantauan atau sekedar meminimalisir penggunaan cahaya, ternyata sangat efektif untuk mengurangi konsumsi energi yang akhirnya bisa mengurangi pengeluaran.

Selain itu, penggunaan Green Data Center juga akan membuat usaha anda terasosiasikan dengan usaha yang ramah lingkungan. Dengan begitu, nilai dari usaha ramah lingkungan ini tentu saja akan terus meningkat di masa depan.

4. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Seiring berjalannya waktu, konsumen menjadi semakin bijak dalam membelanjakan uang mereka. Beberapa kalangan, sudah mulai ada yang membeli produk tidak hanya sekedar karena butuh. Track record perusahaan juga menjadi penilaian apakah membeli produk tersebut atau tidak.

Baca Juga :  Waspada Social Engineering: Pengertian dan Cara Mencegahnya

Tidak hanya itu, dari sisi Karyawan, mereka juga lebih tertarik untuk bekerja pada perusahaan yang aktif dalam pengelolaan lingkungan. Dengan demikian, penggunaan Green Data Center akan sangat membantu perusahaan untuk memperoleh kandidat dengan mudah, dan juga relevan dengan keinginan konsumen, sekarang, atau di masa yang akan datang.

5. Menyongsong Program Indonesia Bersih 2045

Pada tahun 2045 nanti, Indonesia akan mencapai usia yang ke 100 tahun kemerdekaan, dan salah satu mimpi yang ingin diwujudkan banyak orang adalah memiliki lingkungan yang bersih dan dikelola secara berkelanjutan. Jika hal ini kita kaitkan dengan komitmen pemerintah saat ini, maka hal ini relevan dengan program rendah emisi yang hendak diwujudkan.

Green Data Center yang lebih mementingkan efisiensi energi, penggunaan energi terbarukan, dan mengurangi dampak yang lebih besar terhadap lingkungan, tentu saja sejalan dengan program tersebut. Melalui penggunaan Green Data Center, secara tidak langsung, kita juga turut aktif dalam mewujudkan program Indonesia bersih 2045.

Kesimpulan

Melalui pembahasan di atas bisa kita simpulkan bahwa Green Data Center adalah salah satu solusi penting di era teknologi terkini. Solus ini tidak hanya menjawab tentang isu lingkungan, namun juga bisa membantu perusahaan mengoptimalkan peluang yang dimiliki. Tertarik untuk mencobanya?

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap