Type to search

Social Media

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp, Instagram & Facebook di Android & iOS

Share
Cara mengaktifkan dark mode WhatsApp, Instagram & Facebook

Dark mode atau mode gelap menjadi fitur baru yang dinanti- nanti di sejumlah media sosial dan pesan teks instan, mulai dari WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Dengan penggunaan mode ini, maka interface aplikasi akan berubah menjadi mode gelap.

Jika awalnya mode gelap ini hanya bisa dinikmati dalam versi terbatas, kini fitur ini sudah bisa digunakan dengan baik oleh pengguna iOS maupun Android.

Selain memberikan opsi untuk pengalaman pengguna yang baik, fitur mode gelap dapat menghemat daya perangkat. Ini lantaran piksel gelap ini menggunakan energi yang lebih sedikit daripada yang lebih terang.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp

WhatsApp mode gelap sudah bisa digunakan di iOS dan Android sejak awal Maret 2020. Dilansir dari WhatsApp.com, fitur mode gelap ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di ruangan cahaya rendah.

Sebelum mengaktifkan fitur dark mode di WhatsApp, pastikan Anda sudah memperbarui aplikasi Anda ke versi terbaru lebih dulu. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah ini.

Dark Mode WhatsApp di Android 10 dan iOS 13

Pengguna Android 10 dan iOS 13 dapat mengaktifkan mode gelap melalui pengaturan dalam sistem. Caranya adalah dengan memilih menu ‘Display’, lalu pilih brightness, kemudian ubah opsi Dark Mode menjadi ON.

Untuk mengembalikan tema ke warna tema yang terang, Anda cukup mengubah opsi Dark Mode menjadi OFF.

Dark Mode versi Android 9 ke Bawah

Sedangkan untuk versi Android 9 ke bawah, Anda bisa menggunakan cara berikut ini :

  • Buka WhatsApp Setting.
  • Lanjutkan dengan pilih menu ‘Chat’ atau ‘Obrolan’, lalu pilih ‘Theme’ atau ‘Tema.
  • Pilih jenis tampilan Dark atau Gelap untuk mengaktifkan mode gelap.
Cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram

Instagram resmi merilis fitur mode gelap untuk pengguna iPhone iOS 13 dan Android 10. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk pengguna versi beta saja. Untuk menggunakannya, pengguna harus mengupdate Instagram ke versi terbaru.

Sayangnya saat ini mode gelap Instagram tidak mempunyai tombol khusus di dalam aplikasi. Sehingga untuk menonaktifkan harus dilakukan secara manual dan mengikuti pengaturan layar yang ada di perangkat secara otomatis.

Cara mengaktifkan dark mode Instagram
Mode gelap Instagram ala Mashable

Dark Mode di iOS

Untuk mengaktifkan mode gelap di Ios, masuklah ke menu ‘Display & Brightness’, lalu pilih ‘Dark’ untuk mengaktifkan mode gelap. Anda juga bisa meminta bantuan dari asisten virtual siri untuk mengaktifkannya.

Dark Mode di Android

Tidak berbeda jauh dengan iOS, Anda bisa mengaktifkan mode gelap di Android lewat pengaturan sistem. Pilih Display, lalu aktifkan ‘Night Mode’ atau ‘Mode Malam’. Maka seketika layar dan aplikasi akan berubah menjadi gelap, termasuk Instagram.

Google Chrome & Facebook Dark Mode

Selain WhatsApp dan Instagram, Anda juga bisa mengaktifkan Google Chrome mode gelap. Namun pertama- tama, pengguna harus lebih dulu memastikan mereka mempunyai versi terbaru dari browser web.

Untuk mengetahui apakah Anda sudah menggunakan versi terbaru browser, masuklah ke bagian pengaturan (ikon tiga titik vertikal), pilih Help/ Bantuan. Dan kemudian klik ‘about Google Chrome’/ ‘Tentang Google Chrome’/

Jika browser yang Anda gunakan belum versi terbaru, maka Anda akan diberi saran untuk melakukan pembaruan.

Selanjutnya, ketik ‘chrome://flags/#enable-force-dark’ di kolom URL (pastikan sama persis, tidak ada spasi, dan tanpa tanda kutip). Di kolom pertama, ‘Force Dark Mode for Web Contents’ dari default ke ‘enabled’.

Mengaktifkan dark mode via Chrome

Sebelum melakukan perubahan ini, usahakan untuk menyimpan lebih dulu pekerjaanmu agar file tidak hilang karena browser cenderung melakukan restart. Saat browser dibuka kembali, maka ia akan berubah menjadi mode gelap, termasuk tampilan Facebook.

Meski begitu, fitur ini belum sepenuhnya sempurna. Masih ada beberapa bagian yang berwarna putih dari gambar yang berubah menjadi hitam. Namun tetap bisa bekerja dengan baik pada umumnya.

Untuk kembali ke versi sebelumnya, Anda bisa mengetikkan kembali ‘chrome://flags/#enable-force-dark’  dan mengubahnya kembali ke pengaturan default.

Cukup mudah, bukan?

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tool Analitik Keren untuk Mengukur Kinerja Twitter Anda
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

Tinggalkan balasan

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of