[ADINSERTER AMP]

Type to search

Apps & Tools

10+ Cara Mengecilkan Ukuran Foto/ Gambar Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Cara mengecilkan atau kompresi ukuran gambar foto

Mengecilkan ukuran foto atau kompresi gambar sering kita lakukan untuk mengoptimalkan gambar di website. Pasalnya, ukuran asli gambar seringkali terlalu besar, sedangkan peran gambar itu sendiri tidak membutuhkan kualitas HD untuk tampil di laman website.

Ukuran gambar yang terlalu besar, tentu akan berpengaruh terhadap performa website. Gambar berukuran besar tanpa kompresi akan membebani server dan membuat website lambat.

Misalnya saat ukuran gambar adalah 360kb. Banyak gambar berukuran besar seperti ini bisa membuat website menjadi lemot.

Melakukan kompresi gambar dengan tepat bisa membuat ukurannya berubah menjadi 90kb atau kurang. Ini akan membuat website terasa ringan, dengan kualitas gambar yang tetap optimal.

Berbagai Cara Mengecilkan Ukuran Gambar/ Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan ukuran gambar atau foto tanpa mengurangi kualitasnya.

A. Mengecilkan Ukuran Gambar dengan Software Komputer

Kompresi gambar bisa kita lakukan dengan mudah melalui berbagai software atau aplikasi komputer. Dua software yang populer untuk kompresi ini misalnya Adobe Photoshop dan Microsoft Paint.

1. Kompresi Gambar dengan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi unggulan untuk mengedit foto dan membuat desain. Meski sangat populer, sayangnya banyak orang menganggap aplikasi ini sebagai tool yang sulit untuk digunakan. Termasuk dalam urusan mengecilkan gambar file JPG.

Kenyataannya, cukup mudah untuk mengecilkan gambar dengan format JPG menggunakan Photoshop. Pertama- tama, Anda perlu mengunduh Photoshop CS6 atau Photoshop versi lain yang kompatibel dengan perangkat komputer Anda.

Berikut adalah langkah- langkah kompresi gambar dengan Photoshop :

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop, klik File >> Open atau tekan Ctrl+O pada keyboard.
  • Pilih gambar yang ingin Anda kecilkan ukurannya.
  • Buka menu File lagi, lalu klik Save for Web atau tekan Ctrl+Shift+Alt+S. 
  • Saat muncul pop-up window, Anda hanya cukup memperhatikan tiga hal, yaitu Quality, Preset dan Image Size.
    Cara Optimasi ukuran gambar di Adobe Photoshop
  • Untuk menyimpan gambar dengan format JPG, pilih kualitas penyimpanan “JPG Medium”. Sedangkan untuk ukuran gambar, bisa diatur sesuai kebutuhan resize atau kompresi gambar.
  • Klik Save.

Setelah menyimpan gambar, coba perhatikan apakah ukuran foto dirasa sudah kecil. Jika masih kurang, coba ulangi setiap langkahnya.

2. Kompresi Gambar dengan Microsoft Paint

Microsoft Paint adalah software yang cukup familiar untuk pengguna sistem operasi Windows. Software ini juga relatif mudah untuk digunakan mengecilkan ukuran gambar dengan mudah.

  • Buka aplikasi Microsoft Windows di komputer Anda.
  • Cari gambar yang ingin Anda kecilkan dengan cara klik File >> Open, dan pilih gambar.
  • Di panel Home, cari menu Resize
  • Saat muncul pop up, atur resize foto sesuai dengan kebutuhan Anda. 
    Mengecilkan ukuran gambar dengan Microsoft Paint
  • Disini Anda bisa mengecilkan gambar berdasarkan pixel atau berdasarkan persentase gambar. Anda juga bisa mengecilkan ukuran gambar dengan mengatur potongan horizontal dan diagonal.
  • Setelah semua selesai, klik Save AS atau menggunakan Ctrl+S >> JPEG Picture.

B. Mengecilkan Ukuran Gambar Secara Online Tanpa Aplikasi

Jika dengan dua cara di atas Anda membutuhkan aplikasi untuk melakukan kompresi gambar, Anda juga bisa mengurangi ukuran gambar secara online tanpa aplikasi. Caranya adalah menggunakan website dengan layanan image compression alias kompresi gambar.

3. Menggunakan IMGonline.com.ua

Imgonline adalah salah satu web kompresor foto yang membangu mengecilkan ukuran gambar dengan mudah. Berikut adalah cara untuk melakukan kompresi gambar dengan situs ini :

Cara mengecilkan ukuran gambar di IMGonline.com.ua
  • Kunjungi website IMGonline.com.ua
  • Di bagian Select Image, pilih file gambar yang akan dikecilkan
  • Di bagian compression setting, pilih apakah Anda ingin mengurangi ukuran file menjadi lebih kecil atau tidak. Untuk bagian Quality, 80 adalah angka default yang bisa Anda ubah sesuai kebutuhan.
  • Setelah semua opsi cukup, klik OK untuk mulai mengkompresi file Anda.

4. Kompresi Gambar Online dengan TinyJPG.com

Kompresi gambar dengan TinyJPG

TinyJPG.com memudahkan siapa saja untuk mengecilkan ukuran foto secara online tanpa harus menginstal apapun. Pengguna TinyJPG ini cukup banyak, terutama untuk pengguna WordPress.

Berikut langkah- langkah menggunakan TinyJPG.com untuk mengecilkan file :

  • Buka situs Tinyjpg.com di browser PC atau pun melalui smartphone.
  • Di halaman utama situs tinyjpg.com, Anda bisa langsung mengunggah atau drop gambar yang ingin dikecilkan .
  • TinyJPG juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah 20 foto sekaligus dengan masing- masing foto berukuran maksimal 5MG.
  • Setelah terunggah, foto akan otomatis terkompres dan siap diunduh.

5. Mengecilkan Gambar dengan Compressor.io

Mengecilkan ukuran gambar dengan Compressor.io

Sama seperti tinyJPG, Compressor.io juga memungkinkan kompresi gambar dengan mudah. Dari situs online untuk kompresi gambar, situs ini adalah favorit Panda dan paling sering kami gunakan.

Salah satu keunggulan tool ini adalah sudah ada automatic setting nya, sehingga Anda bisa langsung memperoleh output dari optimasi gambar yang tool ini lakukan.

Berikut cara untuk mengecilkan ukuran gambar dengan menggunakan Compressor.io :

  • Kunjungi situs Compressor.io.
  • Di bagian Select Files, unggah file atau drop gambar.
  • Setelah terunggah, file otomatis akan terkompresi dan siap untuk diunduh.

6. Mengecilkan Gambar dengan Toolur.com

Mengecilkan gambar dengan Toolur

Tool lain yang bisa Anda gunakan secara online untuk mengecilkan gambar adalah Toolur.com. Untuk menggunakan tool ini, Anda bisa masuk ke laman Toolur.com, lalu unggah gambar yang Anda pilih.

Setelah upload berhasil, pengguna bisa mengatur kualitas hasil kompres di bagian Image Quality, sesuai dengan kebutuhan. Jika pengaturan sudah cukup, langkah selanjutnya adalah pilih Compress Images dan selanjutnya akan muncul hasil kompresi foto.

Langkah terakhir, klik Download untuk mengunduh foto Anda.

7. Kompresi Gambar Online dengan compressjpeg.com

compressjpeg.com untuk kompresi gambar

Compressjpeg.com bisa membantu mengecilkan berbagai format file. Mulai dari JPEG, PNG, SVG, GIF, hingga PDF. Pengguna juga bisa langsung mengkompresi hingga 20 file dengan cara upload atau seret file ke kotak area.

Berikut adalah cara menggunakan Compressjpeg.com untuk mengecilkan gambar :

  • Kunjungi website compressjpeg.com
  • Di kotak area kompresi, akan terdapat empat tab berbeda sesuai jenis file yang akan pengguna kecilkan.
  • Untuk mengecilkan file JPEG pilih tab JPEG, untuk mengecilkan file PDF pilih tab PDF, begitu seterusnya.
  • Unggah file foto yang ingin Anda tambahkan di Upload File atau seret foto ke kotak tersebut.
  • Setelah file diseret, otomatis Compress JPEG akan melakukan proses kompresi. Anda juga bisa mengatur persentase atau kualitas foto dengan mengklik thumbnail foto, lalu menggunakan panel Quality.
  • Jika Anda melakukan kompresi untuk beberapa file sekaligus, Anda bisa mengunduh semua file secara langsung dengan klik button ‘Download All’. Atau, bisa juga mengunduhnya satu per satu dengan klik button Download di thumbnail gambar.
Menggunakan CompressJPEG untuk mengecilkan ukuran gambar

8. Mengecilkan Gambar dengan IloveIMG

Optimasi gambar menggunakan layanan Mengecilkan Gambar dengan IloveIMG

IloveIMG bukan sekedar tool untuk mengecilkan dan kompresi gambar saja. Situs ini juga menyediakan layanan converting file, crop image, watermark dan rotate image. Paket lengkap!

Cara menggunakan tool ini untuk kompresi gambar adalah masuk ke menu Compress Image. Selanjutnya adalah memilih file yang ingin Anda kecilkan di button Select Images.

Setelah itu, klik Compress Images, agar gambar langsung terunduh ke device kita.

Cara melakukan kompresi dengan IloveIMG

C. Mengecilkan Ukuran Gambar di HP

Selain mengecilkan ukuran gambar dengan tool online dan aplikasi laptop, kita juga bisa melakukan kompresi gambar dengan mudah melalui HP. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Android.

Keuntungan dari mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi HP adalah kita tidak perlu repot mengakses website yang Panda sebutkan di atas. Cukup buka aplikasinya, lalu unggah gambar yang akan dikecilkan dan simpan hasilnya.

9. Photo & Picture Resizer

Aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto di HP, Photo & Picture Resizer

Aplikasi Photo & Picture Resizer membantu mengecilkan ukuran gambar dan video dengan mudah dan sederhana. Saat membuka aplikasinya, Anda akan mendapatkan beberapa opsi yang terdiri dari :

  • Select photos
  • Take a photo
  • Resized photos
  • Select video

Untuk mengecilkan ukuran gambar, pilih Select Photos. Pilih foto, kemudian pilih icon resize untuk mengecilkan gambar. Dalam mengecilkan, Anda bisa memilih dimensi yang Anda inginkan sesuai rekomendasi atau ukuran custom Anda.

Setelah memilih dimensi, file gambar yang telah diubah ukurannya akan otomatis tersimpan di perangkat mobile Anda.

10. Lit Photo Compress & Resize

Kompres foto menggunakan aplikasi Android Lit Photo

Aplikasi Android kedua yang bisa kita gunakan untuk mengecilkan ukuran gambar adalah Photo Compress & Resize. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini mempunyai fungsi sederhana untuk mengecilkan dan memotong file JPG.

Ada dua istilah compress dan resize yang mungkin membingunkan pengguna aplikasi ini. Agar tidak salah dalam penggunaan, tentu Anda harus mengetahui perbedaan keduanya.

Secara umum, kedua istilah ini mempunyai arti yang sama. Perbedaannya ada pada perlakuan Anda terhadap dimensi gambar. Dalam kompresi gambar, Anda bisa mengurangi ukuran file tanpa mengurangi dimensinya.

Meski begitu, Anda perlu mempertimbangkan kualitas akhir gambar dari proses ini. Kompresi gambar bisa Anda lakukan berulang kali, namun perlu berhenti saat muncul distorsi pada gambar.

Sedangkan pada resize, berarti Anda mengubah dimensi gambar, yang akan berdampak pada perubahan ukuran file. Beberapa aplikasi memungkinkan penggunanya untuk mengecilkan ukuran file JPG, sekaligus melakukan kompresi otomatis saat pengguna melakukan resize.

Nah, khusus aplikasi ini, Photo Compress & Resize menawarkan kedua opsi ini sekaligus.

Untuk menggunakannya, caranya kurang lebih sama seperti penggunaan aplikasi lain. Anda Anda perlu memilih opsi optimasi gambar yang Anda butuhkan, lalu mengatur ukuran atau kualitas gambar yang diinginkan.

11. Photoczip – comprress resize

Photoczip aplikasi kompresi gambar untuk HP Android

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan foto berukuran 200kb lebih dengan mudah dan cepat adalah Photoczip.

Di dalam aplikasi Anda akan melihat ada opsi dua tab. Yang pertama adalah Album, dan yang kedua adalah Optimized. Optimized menampilkan deretan file gambar yang sudah dioptimasi.

Di bagian Album, pilih gambar yang ingin Anda kecilkan ukurannya. Anda bisa mengecilkan beberapa foto sekaligus. Setelah memilih gambar, tap button Kompress.

Selanjutnya, akan muncul pop up yang mengarahkan Anda untuk mengatur dimensi dan kualitas gambar. Setelah semua selesai, klik OK. Setelah itu, gambar Anda akan berpindah ke bagian dioptimalkan. Mudah sekali, bukan?

D. Mengecilkan Gambar dengan Plugin WordPress

Berbeda dengan cara di atas yang cenderung merepotkan, Anda bisa juga melakukan kompresi gambar website otomatis di website WordPress dengan menggunakan plugin.

Di artikel Panda kali ini, ada dua plugin yang kami rekomendasikan, yaitu Smush Image Compression & Optimization dan Shortpixel Image Optimizer.

12. Optimasi Gambar Website WP Smush Image

Plugin WP Smush untuk optimasi gambar otomatis di WordPress

WP Smush adalah salah satu plugin andalan untuk mengkompresi gambar di website WordPRess dengan mudah dan cepat. Saat plugin terpasang dan aktif, Anda bisa masuk ke menu pengaturan di dashboard WordPress untuk mulai menggunakannya.

Di pengaturan Smush ini, Anda bisa memeriksa semua gambar di dalam Media Library untuk mengetahui gambar- gambar yang belum teroptimasi. Selanjutnya, Anda bisa klik tombol Bulk Smash Now di pojok kanan bawah untuk melakukan optimasi sekaligus.

Setelah proses ini selesai, Anda bisa melakukan pengecekan kembali dengan klik tombol Re-check Images di bagian atas layar.

Selain gambar di Media Library, Smush juga memungkinkan pengguna untuk mengkompres gambar di luar media library WordPress dengan fitur Directory Smush. Di fitur ini, Anda bisa memilih ‘choose directory’ untuk memilih folder yang file- file nya ingin Anda kecilkan ukurannya.

13. Shortpixel Image Optimizer

Plugin ShortPixel untuk optimasi gambar di website WordPress

Plugin kedua adalah Shortpixel Image Optimizer. Fungsi dari plugin ini adalah untuk mengkompresi gambar, termasuk terhadap thumbnail.

ShortPixel baru bisa Anda gunakan setelah mendapatkan API key nya. Kabar baiknya, API key nya ini bisa Anda peroleh secara gratis.

Setelah mengaktifkan plugin ini, masuklah ke bagian pengaturan dan masukkan alamat email yang Anda gunakan sebagai admin WordPress. Kemudian klik tombol Request Key di sebelahnya.

Setelah mendapatkan email dari ShortPixel, masukkan API key yang ada di kolom kedua, dan klik Validate. Voilaa… Anda sudah bisa menggunakan plugin ini untuk optimasi gambar di WordPress.

Untuk mulai menggunakan tool ini, Anda bisa masuk ke menu Shortpixel, lalu klik Media >> Bulk ShortPixel. Tunggu proses nya sampai selesai.

Mengapa Gambar Perlu Dikompresi?

Dalam proses kompresi, kualitas gambar akan ikut menurun karena file gambar yang dikecilkan. Tapi, mengapa sih proses ini penting untuk dilakukan untuk website?

Berikut ini adalah beberapa alasan penting untuk melakukannya :

1. Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Seiring dengan bertambahnya file dan gambar di website, tentu ukuran halaman website akan meningkat dan jumlah file di server juga makin penuh. Saat file diunggah ke website dengan ukuran aslinya, tentu ini akan membebani kinerja performa website.

Terlebih, file di website bukan hanya gambar saja. Tapi juga dipengaruhi oleh berbagai jenis konten di halaman website dan teknologi yang mendukung. Optimasi bukan hanya perlu kita lakukan terhadap script, tapi juga gambar.

Dengan kompresi gambar, tentu akan sangat menghemat waktu load website. Website akan terasa lebih ringan dan bisa berjalan dengan lebih cepat.

2. Kecepatan Website Berpengaruh pada Ranking Website

Dalam optimasi SEO On Page, kita memahami bahwa faktor kecepatan website sangat penting. Website yang lambat pasti akan memberikan pengalaman pengguna yang kurang baik sehingga berpengaruh pada menurunnya ranking website di mesin pencari.

Jadi, tentu saja optimasi SEO On Page tidak lengkap tanpa melakukan optimasi gambar ini di website.

3. Meringankan Kinerja Server

Jumlah dan besaran ukuran gambar yang diunggah akan berpengaruh pada kapasitas penyimpanan hosting. Tentu saja Anda bisa memilih atau upgrade ke web hosting berkualitas dengan kapasitas penyimpanan paling optimal.

Tapi bisa jadi, Anda sebenarnya belum membutuhkan upgrade jika melakukan teknik kompresi gambar ini. Karena dampak dari kompresi gambar ini sendiri adalah menghemat ruang penyimpanan di website. Selain itu, ruang ini bisa Anda optimalkan untuk space bagi file yang lebih penting.

Kesimpulan

Melakukan kompresi atau mengecilkan ukuran gambar/ foto adalah tindakan sederhana membawa dampak besar. Satu tindakan ini bisa menghemat space di hosting, meningkatkan kecepatan dan mengoptimalkan website di mesin pencari.

Bahkan untuk urusan non website, kompresi gambar akan menghemat ruang di penyimpanan smartphone dan laptop.

Untuk urusan kompresi gambar ini pun bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Mulai dari mengecilkan ukuran gambar di Photoshop dan Microsoft Paint, atau menggunakan aplikasi online dan aplikasi mobile. Mana yang menjadi pilihan Anda?

Intinya, ada banyak opsi yang bisa Anda lakukan untuk urusan kompresi ini. Dan pada akhirnya, ini akan membawa dampak positif untuk website dan device Anda.

Selamat mencoba!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.