Type to search

SEO

Optimasi Website dengan Jasa SEO? Ini Hal Penting yang Perlu Anda Pertimbangkan

Share
Optimasi website dengan Jasa SEO

Bicara tentang bisnis digital, pembahasan kita tidak akan jauh- jauh dari SEO. SEO memang punya peranan vital, meski tidak selalu disukai pemilik bisnis karena tingkat kerumitannya yang tidak mudah dikuasai. Lalu bagaimana dengan opsi menggunakan jasa SEO? Apakah aman dan direkomendasikan?

Banyak pemilik bisnis yang secara umum tidak melek SEO. SEO memang hal yang terlalu teknis untuk seorang pemilik bisnis. Jika dominasi waktu si pemilik bisnis hanya untuk mengurusi optimasi website semata, bagaimana bisa memikirkan perkembangan bisnis secara keseluruhan yang merupakan scope yang lebih besar?

Untuk kebutuhan SEO ini sendiri, beberapa perusahaan biasanya menambahkan karyawan SEO specialist dalam sumber daya mereka. Tujuannya adalah agar ada satu orang khusus yang mengalokasikan waktu dan keahlian mereka untuk melakukan campaign search engine dengan lebih fokus dan terperinci.

Sedangkan beberapa perusahaan lain cenderung hanya mempunyai staff marketing saja atau bahkan mempunyai staff digital marketing dengan opsi meng-outsourcing nya kebutuhan SEO mereka, alias menggunakan jasa SEO. Dengan begitu, staff digital marketing ini akan berfokus melakukan strategi pemasaran digital secara khusus dan melebar.

Sedangkan yang terlalu teknis akan diserahkan ke ahlinya. Tidak perlu meng-hire asisten marketing atau staf baru lagi. Cukup satu staff marketing atau digital marketing saja.

Jasa SEO dari Sisi Budgeting

Apakah menggunakan jasa SEO tidak boros?
Tidak! Kenyataannya, SEO ini memang cukup memakan waktu dan energi. Terkadang diperlukan satu orang yang duduk manis hanya untuk melakukan riset volume keyword, menganalisa trend SEO, memastikan situs web sejalan dengan algoritma Google, dan banyak hal lainnya. Tidak semua pemilik perusahaan menyukai ide ini.

Terlebih lagi jika dikalkulasikan, ternyata biaya untuk menggunakan jasa SEO terbilang jauh lebih murah dibandingkan harus meng-hire orang khusus di internal perusahaan.

Range harga jasa SEO ini sendiri sangat bervariasi. Mulai dari yang nominalnya ratusan ribu, hingga jutaan dan puluhan juta. Tergantung scope kerja yang disepakati antara pemilik bisnis dan penawar jasa. Dan tentu saja tidak semua serta merta sekali bayar. Karena SEO ini sendiri bukan jenis produk instan, jasa SEO akan berlangsung dengan target hasil kerja beberapa bulan.

Berbeda dengan mempunyai karyawan SEO sendiri yang berarti harus membayar setiap bulan. Entah tercapai atau tidak target optimasi yang diharapkan.

Dengan jasa SEO, jika target tidak tercapai, maka penawar jasa biasanya tidak akan meminta Anda membayar secara full. Padahal, tentu saja mereka sudah melakukan effort untuk melakukan optimasi website Anda. Atau opsi lainnya, mereka biasanya akan meminta waktu lebih untuk bisa menyelesaikan tugasnya dan mendapatkan bayaran secara full.

Tips menggunakan jasa SEO
Jadi lebih hemat mana? Tentu saja dengan menggunakan jasa SEO ini.

Lupakan hal teknis seputar SEO. Pemilik bisnis atau staff marketing dapat lebih fokus lagi mengurusi area yang lebih penting dari bisnis sambil menyadari bahwa salah satu aspek terpenting dari pemasaran online Anda sudah ditangani oleh ahlinya.

Menarik untuk dicoba?

Perhatikan Ini Saat Berburu Jasa SEO

Apakah Anda sudah mempertimbangkan dengan matang dan berpikir bahwa menggunakan jasa SEO adalah keputusan yang tepat untuk bisnis Anda? Jika iya, setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

Spesifikasi Jasa

Pada umumnya jasa SEO menawarkan fitur audit SEO, riset keyword dan kompetitor, SEO On-Page dan Off-Page. Anda dapat membandingkan scope jasa antara penawar jasa satu dan yang lainnya, harga yang diberikan, dan kualitas performa mereka sebelumnya.

Bukan hal mudah untuk mengetahui track record penyedia jasa ini, kecuali Anda melakukan riset kecil- kecilan terlebih dahulu untuk mencari tahu kualitas mereka. Anda juga bisa menghubungi mereka terlebih dahulu untuk membicarakan kebutuhan Anda dalam hal SEO.

Strategi yang Digunakan

Strategi SEO seperti apa yang digunakan oleh Jasa SEO tersebut? Apakah White Hat, Black Hat, atau The Borderline Black Hats. Tentu saja Anda harus memilih pemilik jasa yang hanya menggunakan White Hat. Sebelum ketok palu, Anda bisa menginvestigasi si pemilik jasa ini seperti apa strategi yang akan mereka gunakan nanti, terutama untuk On-Page dan Off-Page.

Menentukan KPI & Harga

Sudah mempunyai gambaran untuk spesifikasi jasa dan strategi yang digunakan? Langkah selanjutnya adalah menentukan KPI (Key Performance Indikator) yang Anda inginkan dan harga. KPI ini biasanya adalah hasil dari kesepakatan kedua belah pihak. Optimasi 5 keyword di halaman satu pencarian tentu akan mempunyai harga yang berbeda dibandingkan dengan 10 keyword di halaman satu pencarian.

Atau Anda menginginkan hal lain untuk menjadi KPI nya? Misalnya saja berapa new visitor organic ke situs web Anda? Jika pemilik jasa tidak keberatan, tentu hal ini juga mungkin terjadi. Dengan perhitungan yang masuk akal dan batasan- batasan tertentu tentunya.

Menentukan KPI dalam Jasa SEO

Garansi Hasil

Berapa lama KPI yang telah disepakati akan dicapai? Berapa lama garansi hasil ini akan dijamin oleh si pemilik jasa SEO? Jika ini tidak dibicarakan dari awal, potensi masalah di belakang tinggal menunggu waktu saja.

Report Bulanan & Progress

Untuk memastikan website Anda benar- benar dioptimasi, jasa SEO biasanya akan mengirimkan report bulanan dan progress optimasi kepada user nya. Jika tidak, Anda berhak memintanya. Jangan lupa untuk menanyakan hal ini terlebih dulu di awal

Bukan Hasil Instan

Hal paling penting untuk dimengerti, SEO ini sendiri bukanlah sebuah produk instan. Proses optimasi untuk mendapatkan trafik organik membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Jadi, jika memang sudah sepakat dengan kontrak jangka waktu tertentu, bersabarlah untuk menunggu waktu panen Anda tiba. Jika

hasil yang Anda peroleh tidak sesuai kesepakatan di awal setelah masa kontrak selesai, Anda mungkin tidak harus membayar secara penuh untuk layanan yang sudah Anda peroleh.

Kemana Mencari Jasa SEO?

Seiring dengan tumbuh suburnya bisnis digital, maka jasa SEO pun ikut menjamur. Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan dalam memilih jasa ini. Setidaknya, ini lah beberapa opsi yang bisa Anda jadikan referensi :

Digital Marketing Agency

Optimasi SEO adalah salah satu produk yang dijual oleh digital marketing agency. Karena sifatnya agency, mereka biasanya bekerja dengan standar yang rapi dan KPI yang jelas. Sayangnya, harga jasa dari Digital Marketing Agency ini cenderung lebih mahal karena klaim- klaim tertentu.

Personal SEO Service

Yang dimaksud personal SEO Service adalah perorangan yang menawarkan jasa mereka melalui forum- forum dan sosial media. Dibandingkan Digital Marketing Agency, standar harga mereka cenderung lebih murah. Namun, seringkali user kesulitan untuk mengetahui track record mereka. Apakah mereka benar- benar bisa dipercaya dan berkualitas? Apakah mereka bisa diajak diskusi tentang KPI dan memberikan garansi tertentu? Bisa dibilang, pilihan ini cenderung abu- abu.

Situs Freelancer

Dibandingkan kedua opsi di atas, opsi ini bisa dibilang jauh lebih ideal. Di situs freelancer, pada umumnya Anda akan menemukan banyak sekali jasa digital marketing yang bisa digunakan. Dan tentu saja, jasa SEO adalah salah satunya.

Sama seperti marketplace pada umumnya, situs freelancer adalah wadah antara pencari jasa dan penawar jasa. Situs ini memastikan Anda mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam mendapatkan jasa yang Anda butuhkan. Banyak perusahaan besar yang saat ini juga menggunakan situs freelancer karena dirasa lebih ekonomis dan hasilnya sangat bisa dipertanggungjawabkan.

Salah satu situs freelance yang layak Anda coba adalah jasa SEO dari Fastwork, salah satu situs freelancer profesional yang saat ini tengah populer. Range harga di situs freelance ini bisa dibilang cenderung standar dan sesuai kebutuhan. Anda bisa melihat track record penawar jasa karena mereka mempunyai profil lengkap, portofolio yang meyakinkan (hasil kerja, pengalaman karir, & menangani klien), dan tentu saja profil yang sudah terverifikasi.

Jasa SEO Fastwork
Penyedia jasa SEO di Fastwork ini dikenal sebagai ahli di bidangnya masing- masing. Umumnya mereka sendiri adalah mantan karyawan dari perusahaan digital agency atau SEO specialist di perusahaan mereka sebelumnya. Dan bahkan tidak jarang, beberapa dari mereka masih bekerja di perusahaan digital agency. Artinya, Anda sebenarnya mendapatkan standar kualitas setara Digital Agency terkenal, namun dengan harga yang jauh lebih hemat.

Manfaat jasa SEO yang Anda rasakan untuk situs web juga bisa mengarah ke scope yang luas dan juga spesifik. Misalnya, Anda saat ini hanya ingin sebatas konsultasi SEO saja atau langsung mengarah ke jasa SEO yang menjanjikan halaman satu, keduanya sangat memungkinkan.

Kontrak SEO di situs freelancer juga jauh lebih fleksibel. Anda bisa memilih durasi kontrak 6 bulan untuk hasil yang lebih baik, atau kurang, atau lebih. Yang pasti, pembayaran Anda akan aman karena Fastwork hanya akan menyalurkan pembayaran Anda setelah pekerjaan benar- benar selesai.

Dengan fleksibilitas yang dimilikinya, situs freelance tentu opsi yang menarik untuk Anda gunakan sebagai jasa SEO. Anda bahkan bisa melakukan riset sekarang juga ke https://fastwork.id/digital-marketing/seo untuk mulai mencari layanan SEO yang sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Menggunakan jasa SEO adalah pilihan menarik. Dengan menggunakan jasa ini, Anda tidak harus meng-hire secara khusus seorang SEO specialist untuk perusahaan Anda. Namun di sisi lain, tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan. Salah satunya adalah dalam memaksimalkan budget Anda dengan layanan SEO yang berkualitas.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   7 Cara Ampuh Agar Website Terindex Google Secepat Kilat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.