Menghasilkan uang dengan pekerjaan dari Instagram memang tren yang digandrungi milenial beberapa tahun terakhir ini. Meski awalnya Instagram didesain sebagai platform untuk berbagi foto dan video, kenyataannya platform ini telah membuka banyak peluang baru.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, Instagram menjadi platform yang menarik untuk pebisnis memamerkan produk dan layanan ke audiens tertarget. Seiring dengan bertumbuhnya popularitas Instagram, platform ini menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas sehari- hari kita.

Dan dengan itu pula, peluang menghasilkan uang dari Instagram semakin terbuka lebar untuk siapa saja.

Jenis Pekerjaan untuk Menghasilkan Uang dari Instagram

Peluang Bekerja dengan Media Sosial
  • Save

Untuk para penggila Work from Home, tanpa kita sadari ada banyak peluang mendapatkan penghasilan dari Instagram yang bisa kita lakukan. Berikut beberapa jenis pekerjaan menghasilkan uang dari Instagram yang bisa sobat Panda coba : 

1. Menjadi Influencer

Menjadi influencer merupakan cara terpopuler untuk menghasilkan uang dari Instagram. Influencer berasal dari kata influence, yang artinya adalah mempengaruhi. Artinya, untuk menjadi seorang influencer maka seseorang harus mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan kapasitas yang dimiliki.

Kapasitas ini bisa berarti pengetahuan, popularitas, hubungan dengan audiens, hingga jumlah audiens yang besar. Jumlah audiens alias jumlah follower sering menjadi tolak ukur kualitas influencer. Dengan jumlah follower yang tinggi, diharapkan mereka bisa menggerakkan audiens mereka dan mempengaruhi keputusan pembelian orang lain.

Influencer biasanya menghasilkan uang melalui endorsement, yaitu tindakan menyuarakan dukungan atau mempromosikan sebuah produk atau brand. Dalam melakukan endorsement, selain mempunyai modal follower, kreator harus bisa menciptakan konten yang menarik dan relevan dengan target audiens mereka.

Pelajari cara menambah follower secara instan di Instagram – Klik Di Sini

Baca Juga :  Cara Mudah Mendapatkan Follower Instagram Gratis dari GetInsta

2. Social Media Manager

Peluang selanjutnya untuk mendapatkan uang dari Instagram adalah dengan menjadi social media manager. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah membuat konten yang menarik, menganalisis metrik keterlibatan, dan mengelola reputasi online merek.

Menjadi social media manager artinya kamu bertanggungjawab untuk mengawasi, mengeksekusi, menyortir, menyunting, serta menganalisa semua aktivitas media sosial sebuah brand atau perusahaan.

Social Media Manager bisa dilakukan di berbagai platform media sosial, termasuk Instagram. Jika kamu mempunyai pengalaman dalam manajemen media sosial, kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai social media manager untuk sebuah perusahaan atau sebagai pekerja lepas.

3. Content Creator

Menjadi seorang Content Creator
  • Save

Sedikit berbeda dengan influencer, content creator adalah individu yang fokus dalam memproduksi konten untuk media sosial. Mulai dari membuat konsep konten, meninjau, mengedit, sampai mempublikasikan konten dengan tujuan edukasi, menghibur dan promosi.

Seorang content creator harus berjiwa kreatif dan update dengan tren terkini agar bisa menghasilkan konten yang relevan dan audiens sukai. Jika kamu mempunyai skill untuk jenis pekerjaan ini, kamu bisa bekerja secara freelance atau bekerja untuk perusahaan.

4. Mengikuti Program Afiliasi

Instagram juga bisa menjadi ladang cuan untuk program afiliasi. Program afiliasi adalah program dimana kreator mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi atas penjualan melalui tautan afiliasi.

Banyak brand, toko online hingga marketplace yang mempunyai program afiliasi. Salah satunya adalah program TikTok Affiliate.

Artinya kesempatan untuk bergabung dan mempromosikan produk melalui Instagram adalah peluang yang layak kita olah. Pastikan Anda memilih mereka tau produk yang relevan dengan audiens target. Dan lagi- lagi, Anda perlu mengawalinya dengan membangun base audiens terlebih dahulu.

Baca Juga :  Banjir Pembeli dan Follower dari Instagram untuk Online Shop 2018

5. Fotografi & Videografi

Foto produk menarik
  • Save

Instagram adalah platform visual dan bisnis dimana individu ingin dimanjakan dengan foto dan video berkualitas untuk dibagikan ke feed mereka. Jika kamu mempunyai hobi fotografi dan videografi, Instagram bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan keahlian ini.

Selain individu, perusahaan juga kerap mencari fotografer freelance untuk membantu mereka menghasilkan foto produk yang berkualitas. Punya kemampuan fotografi? Mulai tampilkan portofolio Anda di Instagram!

6. Marketing Specialist

Seorang marketing specialist bertanggungjawab untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran untuk bisnis. Mereka bisa menggunakan berbagai platform, termasuk Instagram, untuk mempromosikan produk dan layanan mereka ke pasar yang luas.

Untuk menjadi seorang marketing specialist, kamu perlu memahami secara mendalam tentang Instagram dan fitur- fiturnya. Termasuk tentang penggunaan hashtag, promosi berbayar, membaca wawasan data dan pos bersponsor.

7. Menjual Produk Sendiri

Selain menjual jasa, kita juga bisa menghasilkan uang dari Instagram dengan menjual produk sendiri. Dengan base pengguna yang besar, Instagram adalah tempat yang sempurna untuk memasarkan produk dari bisnis kecil atau menengah.

Untuk mempromosikannya, Anda bisa membangun base follower atau menggunakan paid promote hingga facebook ads untuk menjangkau pelanggan baru. Pastikan kamu membuat konsep konten yang menarik, menampilkan produk dan konsisten dalam upload ya!

Pelajari cara menambah follower secara instan di Instagram – Klik Di Sini

Baca Juga :  Optimasi Instagram Anda dengan SFS untuk Menambah Follower dan Menguatkan Jaringan Bisnis Online

8. Customer Support Specialist

Seiring dengan pertumbuhan Instagram dan tumbuhnya pengguna di platform ini, semakin banyak bisnis yang menggunakan platform ini untuk berinteraksi dengan pelanggan. Beberapa jenis bisnis mungkin kewalahan jika mereka harus mengurusi produk dan konten, tapi juga harus melayani audiens di Instagram secara langsung.

Layanan dukungan pelanggan atau menjadi admin media sosial bisa membantu pebisnis dalam mengatasi kerumitan ini. Untuk mengisi posisi ini, kamu harus mempunyai keterampilan komunikasi yang baik dan mahir menggunakan Instagram. Jika memenuhi syarat ini, kamu bisa menawarkan jasa sebagai customer support specialist.

Kesimpulan

Instagram adalah platform media sosial yang masih sangat powerful sampai saat ini. Bukan sekedar untuk berbagi foto dan video ke orang terdekat, Instagram juga menawarkan berbagai peluang kerja bagi orang-orang yang mahir dalam menggunakan platform tersebut.

Mulai dari manajemen media sosial hingga pembuatan konten, fotografi, pemasaran, dan dukungan pelanggan, ada banyak pekerjaan yang tersedia yang dapat kamu lakukan dari rumah. Apakah kamu ingin bekerja untuk perusahaan atau sebagai pekerja lepas, ada banyak peluang menghasilkan dari Instagram yang bisa kamu coba.

Semoga bermanfaat!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap