Type to search

Bisnis Online Social Media

Cara Mudah Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Follower Biar Makin Cuan

Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Follower

TikTok Affiliate menjadi favorit baru untuk pemburu cuan di dunia digital marketing. Bukan tanpa alasan, TikTok Affiliate saat ini adalah lahan baru yang masih segar untuk diolah. Ada peluang besar untuk makin cuan melalui TikTok lewat jalur afiliasi ini. Sudahkah Anda mencobanya?

Yes, TikTok yang menjadi platform media sosial yang hits untuk berekspresi kini semakin banyak diminati. Platform medsos ini bukan hanya untuk membagikan momen berharga saja, tapi juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan cuan dari internet.

Mengenal Apa itu TikTok Affiliate

TikTok Affiliate adalah program afiliasi dari TikTok yang memungkinkan kreator untuk memperoleh komisi afiliasi dari produk TikTok Shop. Melalui program afiliasi ini, TikTok menghubungkan penjual dan pembeli untuk memberikan keuntungan pada keduanya.

TikTok Affiliate mempunyai cara kerja yang sama seperti affiliate marketing pada umumnya. Yaitu kreator mendaftar program afiliasi dan menjualkan produk dari merchant atau penjual. Saat ada calon pembeli yang membeli melalui tautan link afiliasi, maka kreator akan mendapatkan komisi dari program ini.

Besaran komisi ini tentunya tergantung dari kesepakatan antara affiliater dan seller di TikTok Shop. Setiap seller bisa memberikan besaran komisi yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Syarat Mendaftar TikTok Affiliate

Jika Anda adalah seorang content creator dan tertarik mendaftar program afiliasi TikTok ini, berikut adalah syarat- syarat yang perlu Anda persiapkan :

  • Rekening Bank
  • KTP/ Paspor
  • Alamat Pengiriman
  • Akun TikTok Shop Aktif
  • Tidak ada syarat minimum follower

Banyak calon kreator yang ragu untuk mendaftar program afiliasi TikTok karena terkendala jumlah follower. Anda tidak perlu khawatir, karena mendaftar program ini tidak perlu ada jumlah minimal follower tertentu.

Kendati begitu, memang ada beberapa perusahaan yang membuka kesempatan untuk menjadi anggota program affiliate dengan mempertimbangkan jumlah follower kreator. Pertimbangan dari perusahaan ini biasanya adalah sebagai proyeksi untuk memaksimalkan potensi pasar yang bisa diperoleh.

Cara Daftar TikTok Affiliate

Nah, sampai di tahap ini, Anda kini sudah siap untuk melangkah ke step berikutnya untuk mendaftar ke program afiliasi TikTok. Simak ulasan Panda berikut ini :

1. Daftar TikTok Shop Lebih Dulu

Langkah pertama untuk bisa mendaftar TikTok Affiliate adalah dengan mendaftar sebagai TikTok Shop Seller. Berikut langkah- langkahnya :

  • Masuk ke TikTok Seller Center dan lakukan pendaftaran.
    Mendaftar TikTokShop lewat Seller Center
  • Anda bisa memilih metode pendaftaran dengan mendaftar sebagai akun baru atau menggunakan akun yang sudah ada. Untuk mendaftar dengan akun baru, isi setiap field tersedia sesuai dengan no HP, email, kode verifikasi dan kata sandi.
  • Sedangkan untuk mendaftar dengan akun TikTok yang sudah ada, Anda tinggal pilih opsi Daftar dengan akun TikTok. Lanjutkan dengan klik Authorize untuk memberi otorisasi akses TikTok Shop ke akun Anda. 
    Setting Authorize TikTok Shop
  • Ikuti petunjuk selanjutnya sampai Anda berhasil masuk ke dashboard TikTok Shop Seller Center.

2. Verifikasi Dokumen

Setelah berhasil masuk ke dashboard Seller Center, langkah selanjutnya adalah verifikasi dokumen. Berikut langkah- langkahnya :

  • Di dashboard Seller Center TikTok, klik tombol Verify Now di bagian Set up Your Shop.
  • Masukkan informasi seller dengan memilih tipe bisnis (Individual/ Business) dan nama toko.
    Verifikasi TikTok Shop - step 1
  • Pilih tipe identitas yang Anda gunakan untuk proses verifikasi, pilih KTP atau Passport.
    Verifikasi identitas TikTok Shop
  • Unggah foto identitas sesuai ID pilihan, dan pilih Submit.
  • Selanjutnya tim TikTok Shop akan melakukan proses verifikasi terhadap pendaftaran Anda. Anda akan mendapat pemberitahuan lebih lanjut setelah proses verifikasi disetujui.

3. Tambahkan Produk

Setelah mendaftar afiliasi melalui TikTok Shop, langkah selanjutnya adalah menambahkan produk terlebih dulu. Setidaknya, Anda harus menambahkan satu produk terlebih dulu agar bisa melangkah ke step berikutnya.

Bagaimana cara menambah produk ke TikTok Shop kita? Berikut langkah- langkahnya :

  • Buka aplikasi TikTok di ponsel.
  • Klik button Masuk pada icon keranjang belanja di menu Profil TikTok
  • Selanjutnya, Anda akan masuk ke laman TikTokShop.
  • Gulir layar dan pilih Tambahkan Produk Afiliasi untuk mulai menambah produk.
    Cara menambah produk afiliasi ke TikTok Shop
  • Selanjutnya, klik Tambah di salah satu produk.
  • Setelah itu, Anda akan beralih ke halaman pendaftaran TikTok Affiliate dimana Anda perlu mengisi nama depan dan nama belakang sesuai dengan nama rekening untuk proses pembayaran komisi nanti. Setelah itu, klik ‘Kirim’.

Yeayyy…. Anda sudah berhasil mendaftar sebagai TikTok Affiliate. Kini Anda bisa berlanjut menambahkan produk afiliasi lainnya.

Kesimpulan

Program afiliasi terus berkembang di era digital. Jika dulu kita hanya mengenal produk afiliasi didaftarkan dan dipromosikan lewat website dan landing page. Kini ada banyak konten yang dipromosikan melalui platform media sosial dengan konten yang lebih interaktif.

TikTok Affiliate adalah magnet baru untuk pencari cuan di internet. Melalui program afiliasi dari TikTok ini, kreator bisa memperoleh komisi afiliasi dengan menjualkan produk dari seller di TikTok Shop.

Tentu saja, agar makin nendang, cobalah untuk membuat konten Anda semenarik mungkin. Artikel Panda sebelumnya, 15+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis Online, mungkin bisa menjadi salah satu sumber inspirasi Anda.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba peruntungan cuan affiliate melalui TikTok? Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.