Beberapa hari yang lalu SEOCon 2020 selesai digelar di Kota Kasablanka Mall, Jakarta Selatan. Ada banyak hal yang bisa dipelajari milenial, pebisnis muda dan para digital marketer dalam acara ini, khususnya mengenai SEO.

SEO Conference ini sendiri membahas tentang dunia SEO yang merupakan bagian penting dalam digital marketing.

Acara yang digelar pada 26-27 Februari ini mengundang pakar SEO dunia seperti Jon Earnshaw (Owner, Global CTO, dan Co-Founder dari Pi Datametrics & Intelligent Positioning), Neil Patel (CrazyEgg, UberSuggest, KISSmetrics, Neil Patel Digital) dan Jono Alderson (Yoast).

Selain konferensi dan workshop, acara ini juga berbagi banyak informasi seputar dunia SEO. Salah satunya adalah gambaran tentang bagaimana Google menemukan sebuah website, mengindeks, sampai akhirnya melakukan proses rangking untuk sebuah situs.

Baca Juga :  8 Update Algoritma Google 2013 – 2019 yang Wajib Publisher Ketahui

SEO atau Iklan, Mana yang Lebih Baik?

Bicara soal SEO, kita tentu berpikir tentang bagaimana cara efektif untuk mengembangkan bisnis melalui optimasi mesin pencari. Atau mungkin, mana yang lebih baik untuk bisnis, SEO atau iklan?

Neil Patel, yang populer lewat beberapa platform miliknya, seperti CrazyEgg, UberSuggest, KISSmetrics, dan Neil Patel Digital, turut memberikan pandangannya dalam acara ini. Menurut Neil, pebisnis tidak bisa semata- mata mengandalkan SEO. Semua butuh keseimbangan dan saling melengkapi.

“Ini bukan masalah lebih baik menggunakan SEO atau iklan, kamu akan menggunakan SEO, e-mail, iklan, itu bukan lagi permasalahannya,” ungkap Niel via video call di acara SEOCon 2020, Rabu (26/2/2020).

Neil juga mengingatkan pebisnis bahwa hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah membangun brand yang kuat lebih dulu. Setelah itu, founder baru bisa mengoptimalkan brand tersebut dengan berbagai cara marketing & optimasi SEO.

Optimasi SEO ini sendiri harus ditunjang dengan kemampuan membangun kedekatan antara user dengan brand yang kita melalui website. Sekali mereka berkunjung ke website, sebisa mungkin mereka harus kembali lagi.

Baca Juga :  Apa Saja Manfaat Internal Link untuk Website/ Blog?

Video call dengan Neil Patel di SEOCons 2020
  • Save

Kombinasi ini harus terus dilakukan secara berkesinambungan. User experience yang baik akan punya pengaruh yang sangat hebat untuk kelangsungan bisnis kedepannya.

“Tidak ada cara lain lagi, ini harus terus dilakukan. Ini semua tentang user experience. Ketika mereka menggunakan internet, pasti itu adalah untuk hal yang menjawab apa yang mereka cari. Mereka datang karena mencari jawaban, berikan mereka jawaban,” sambungnya.

Jadi  cara pemasaran yang lebih efektif, SEO atau memanfaatkan iklan untuk hasil yang instan? Menurut Neil, membangun brand harus dilakukan dengan berbagai cara dan kerja keras. Satu hal yang pasti, SEO akan menambah nilai.

“Belajar SEO itu adalah hal baik yang bisa dilakukan. Maaf tidak bisa hadir di sana,” ungkapnya.

“Berikan juga konten yang mengedukasi,” pungkas Niel.

Baca Juga :  Sejarah Perubahan Algoritma Google dari Waktu ke Waktu
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap