Type to search

SEO

3 Strategi SEO Efektif di Era Modern untuk Bisnis Online

Strategi SEO

SEO selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Ada banyak strategi SEO yang dikumandangkan, namun dalam beberapa saat tergilas dengan ganasnya algoritma Google.

Jika Anda termasuk pegiat SEO dari jaman bahula, tentu dulu sangat familiar dengan penggunaan keyword stuffing atau strategi jaman old lainnya, bukan? Jika masih menggunakan strategi yang sama, itu artinya Anda sedang bunuh diri.

Itulah mengapa pebisnis online wajib untuk terupdate dengan strategi yang work untuk SEO di era modern. Terlebih, SEO masih sangat bisa diandalkan disamping banyaknya orang yang jor- joran menghabiskan budget iklan.

Mengapa SEO Penting?

Marketplace semakin eksis? Yes, itu tidak bisa dipungkiri. Namun, mesin pencari tetap menjadi gerbang utama saat seseorang mencari sesuatu. Disinilah mengapa SEO penting. Untuk membantu pengunjung menemukan Anda dengan mudah di mesin pencari.

Menurut riset sendiri, 70-80 persen orang membutuhkan informasi akan mencarinya melalui mesin pencari, seperti Google, Bing, atau Yahoo. Oleh sebab itu, pebisnis mesti menerapkan strategi yang membuat situs web mereka muncul di halaman pertama.

Kecenderungannya, jika pembaca tidak menemukan website Anda di halaman pertama, kemungkinan mereka tidak akan pernah mengunjunginya. Hanya sedikit dari pengguna internet yang akan melanjutkan pencarian ke halaman kedua, terutama setelah menemukan apa yang dicarinya.

3 Strategi SEO Efektif untuk Pondasi Bisnis Online

Dengan mengerti betapa pentingnya peran SEO dalam sebuah bisnis online, tentu sudah seharusnya kita menerapkan strategi SEO yang efektif. Strategi ini bukan saja untuk mengoptimalkan bisnis online kita, namun sekaligus menjadi fondasi untuk jangka panjang.

Berikut adalah 3 strategi SEO efektif untuk pondasi bisnis online :

Selalu Sajikan Konten Terbaik

Pebisnis perlu memahami bagaimana cara mesin pencari bekerja. Dengan perubahan algoritma dari waktu ke waktu, Google dan mesin pencari lainnya lebih berorientasi pada kualitas konten terbaik untuk disajikan pada pengguna mereka.

Mesin pencari tidak lagi ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Karena jika konten yang disajikan tidak sesuai, pengguna akan kecewa dan berakhir pada minimnya penggunaan mesin pencari dalam jangka panjang.

Dengan kepentingan user experience ini lah, kualitas konten semakin penting. Sajikan konten yang bagus, informatif, dan menjawab kebutuhan pembaca, maka Anda akan menang dari kompetisi.

Seperti apa kriteria konten yang bagus? Secara umum bisa dibilang seperti ini :

  • Informatif dan sesuai (relevan) dengan kebutuhan pembaca
  • Mudah dibaca untuk memastikan informasi tersampaikan dengan baik
  • Lengkap dan ditulis secara mendalam sehingga pembaca tidak perlu mencari referensi bacaan lain untuk pertanyaan yang sama

Apakah konten Anda sudah memenuhi kriteria tersebut? Jika belum, cobalah untuk mulai lebih berorientasi pada user experience. Buat konten berkualitas yang tujuannya membuat pembaca Anda puas dan bahagia.

Penggunaan Kata Kunci/ Keyword yang Tepat

Kata kunci atau keyword adalah vital dalam proses pencarian di mesin pencari. Saat mencari apa yang dibutuhkan, pengguna akan mengetikkan kata kunci untuk mendapatkan jawaban yang relevan.

Itulah mengapa kata kunci tidak bisa dipisahkan dari SEO. Dengan kata kunci yang tepat, pembaca dan calon customer akan menemukan Anda.

Riset keyword dalam strategi SEO
Tahapan dalam penggunaan kata kunci untuk SEO :

  • Lakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang tepat sekaligus monitoring persaingannya
  • Dari hasil tersebut Anda akan mengkaji keyword apa yang strategis untuk diterapkan ke dalam bisnis Anda, namun persaingan rasional
  • Cari lebih lanjut kata kunci turunan yang bisa mendukung konten Anda
  • Terapkan penggunaan keyword tersebut secara ideal ke dalam konten situs web Anda

Link Building

Membangun backlink masih menjadi bagian penting dalam SEO. Backlink ini sendiri secara sederhana bisa disebut sebagai link yang diberikan pihak lain untuk situs web kita. Saat meng-klik link tersebut, maka pengunjung akan lari ke situs yang diberikan.

Dalam SEO, backlink adalah bukti bahwa pihak lain memberikan kepercayaan kepada sebuah situs sebagai referensi. Dari kacamata mesin pencari, backlink adalah salah satu faktor penting untuk merangking hasil pencarian.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun backlink. Ada juga beberapa platform yang mengklaim bisa membangun ratusan backlink secara cepat dengan hasil luar biasa.

Namun, perlu dipahami juga bahwa backlink sebenarnya bukan tentang kuantitas atau jumlah, melainkan kualitas backlink itu sendiri. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan backlink generator secara massal untuk situs web Anda.

Penggunaan backlink generator secara massal sangat rentan terdeteksi algoritma Google yang bisa berakibat fatal, yaitu penurunan ranking di mesin pencari untuk hampir semua keyword, hingga penalti deindex jika spamming backlink dilakukan secara brutal.

Jadi, webmaster disarankan untuk membangun backlink yang berkualitas dengan kriteria kurang lebih seperti :

  • Relevan, yaitu backlink diberikan oleh website dengan niche atau topik yang sejenis.
  • Contextual Link, yaitu backlink berada di dalam konten/ artikel, yang berarti backlink merupakan referensi langsung yang bisa dipercaya karena berkaitan dengan isi konten
  • Situs dengan Authority Tinggi, yaitu backlink dari website- website yang sudah mempunyai authority besar, seperti Moz.com misalnya

Jika selama ini Anda masih melakukan praktek yang salah dalam membangun backlink, cobalah untuk memulainya kembali dengan ketiga hal tersebut.

Kesimpulan

Banyak orang yang sering menyandingkan strategi SEO dengan iklan. Misalnya saja untuk membidik kata kunci yang persaingannya tinggi, maka SEO saja tidak cukup sehingga harus digempur dengan iklan yang jor- joran di saat yang bersamaan. Masuk akal.

Tidak ada yang salah untuk mengkombinasikan keduanya. Namun yang pasti, SEO adalah strategi yang sangat vital untuk bisnis online dalam jangka panjang.

Saat Anda menerapkan strategi SEO yang efektif dan menjadi pondasi bisnis Anda, maka bisnis Anda akan cenderung lebih stabil dalam jangka waktu lama. Karena SEO akan menggiring calon pelanggan yang membutuhkan untuk masuk ke situs website Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   14 Tips SEO untuk Meningkatkan Ranking Blog Anda Dengan Lebih Cepat
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x