Type to search

SEO

7 Sumber Backlink Gratis untuk Optimasi SEO

Optimasi SEO dengan Sumber Backlink Gratis

Sama seperti artis yang membutuhkan agensi untuk dikenal oleh masyarakat atau produk baru yang menggandeng influencer agar menjadi populer, kurang lebih itulah fungsi backlink. Rujukan link membuat optimasi SEO lebih mudah sehingga situs utama yang Anda kembangkan memperoleh banyak atensi dari pengunjung termasuk saat memanfaatkan backlink gratis

7 Sumber Backlink Gratis dalam Optimasi SEO

Kriteria backlink berkualitas dalam SEO

Menulis artikel dengan optimasi SEO yang baik tidak langsung membuat situs Anda nangkring di peringkat pertama Google. Banyak formula yang harus dipertimbangkan salah satunya penggunaan backlink. Bagi pemula, simak sejumlah rekomendasi sumber backlink gratis berikut ini:

1. Wikimedia Common

Memuat backlink pada Wikimedia Common akan memberikan perubahan yang cukup signifikan terhadap situs Anda. Anak website dari Wikimedia Foundation ini tidak kalah berkualitasnya dari Wikipedia.Org. 

Cara memuat backlink di sini sangatlah mudah. Siapkanlah gambar ilustrasi yang unik untuk Anda publish di situsnya kemudian sisipkan URL website. Pastikan jika Anda menambahkan backlink tersebut pada kolom keterangan.

2. Zoho

Platform ini merupakan salah satu andalan blogger menyelipkan backlink gratis. Jika pada Wikimedia Common Anda harus membuat gambar ilustrasi sebagai wadahnya maka di Zoho Anda membutuhkan artikel yang canggih. Nantinya, backlink akan Anda selipkan pada artikel fresh yang Anda buat. 

Persentase keberhasilan optimasi SEO dengan mengandalkan backlink Zoho cukup tinggi. Anda yang bekerja sebagai content writer tidak akan kesulitan untuk mencoba cara ini. Kuncinya adalah membuat artikel yang unik agar cepat viral di Zoho.

3. ImageShack

Sumber Backlink Gratis dari Imageshack

Selain tulisan seperti novel atau cerpen, banyak orang merasa terhibur ketika melihat gambar-gambar yang unik dan cantik. Salah satu platform yang menyediakan ribuan gambar berbayar dengan kualitas terbaik adalah ImageShack. Walaupun dikenal sebagai situs berbayar, Anda bisa sign up secara gratis di sini.

Bagaimana cara optimasi SEO menggunakan URL website di ImageShack? Cukup mudah, Anda hanya perlu posting sebanyak mungkin gambar yang sebelumnya telah Anda tambahkan link situs. Jika cukup beruntung, gambar yang Anda submit akan terjual sehingga turut meningkatkan trafik ke website. 

4. Dropbox

Mengandalkan memori card untuk menyimpan berbagai file rasanya sudah ketinggalan zaman. Belakangan ini, hampir semua orang lebih suka menyimpan dan berbagi file melalui Google Drive atau Dropbox. Tidak hanya lebih mudah, Dropbox juga gratis dan transparan.

Cara menyelipkan link website di Dropbox mungkin terbilang lebih rumit daripada platform sebelumnya. Step pertama, Anda harus menyiapkan artikel unik sebagai wadah menyelipkan URL. Kedua, akseslah Dropbox untuk memposting artikel sehingga banyak orang yang bisa melihatnya. Bila masih belum cukup, sharing file Dropbox ke berbagai sosial media.

5. Quora 

Platform ini bisa disebut sebagai saingan Brainly yang mewadahi banyak orang untuk saling melemparkan pertanyaan kemudian memberikan jawaban. Target marketing Quora cukup luas mulai dari pelajar, mahasiswa hingga orang dewasa. 

Agar pertanyaan berisi link yang Anda sisipkan pada Quora tidak dihapus, buatlah secerdas mungkin. Saran kami, pilih pertanyaan yang sejalan dengan isi website. Misalnya, Anda membuat blog traveling maka buatlah pertanyaan mengenai traveling. 

6. About.Me

Menjadikan About.Me sebagai website backlink sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri dengan mengisi identitas pribadi yang kemudian berujung pada pengisian URL website. Platform ini banyak dimanfaatkan baik oleh blogger pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Faktanya, pergerakan backlink pada situs ini sangatlah cepat. Setiap harinya About.Me mengelola banyak pendaftaran baru yang tidak hanya bertujuan untuk input portofolio tapi juga meningkatkan optimasi SEO via backlink gratis.

7. Listly

Popularitas Listly tidak perlu diragukan lagi karena platform ini tidak hanya dikenal di Indonesia tapi juga banyak dibicarakan di website luar negeri. Listly memungkinkan banyak orang saling berbagi daftar tips atau daftar website yang mereka sukai sebagai hobi atau untuk kepentingan bisnis.

Cara penempatan URL website Anda pada Listly juga sangat simpel. Anda hanya perlu menambahkan link situs pada list tips yang sengaja Anda buat sebelumnya. Agar hasilnya maksimal, buat list tips yang sekiranya banyak orang sukai.

Menggunakan Sumber Backlink Gratis atau Layanan Jasa Backlink?

Dari semua sumber backlink di atas, masih banyak sumber lainnya yang juga menawarkan kelebihan yang sama. Sebut saja Medium, Myspace.com hingga Asianwiki.com. Yang perlu Anda lakukan cukup memanfaatkan semua platform tersebut untuk membantu pengembangan website dengan optimasi SEO yang lebih baik dan lancar.

Jasa Backlink DiveDigital

Namun jika Anda menginginkan optimasi SEO dengan level advance yang lebih powerfull, Anda bisa mencoba jasa backlink dari divedigital.id pada link berikut ini https://divedigital.id/jasa-backlink-pbn/. Tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam management website, terbukti website mereka sendiri bisa merangking banyak niche, tidak hanya soal dunia SEO saja. Selain itu, portofolio yang dimiliki juga tidak kalah keren, ada banyak perusahaan bonafide yang sudah memesan backlink disana.

Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.