Type to search

Entrepreneurship

Tips Menerapkan Article Marketing yang Efektif untuk Bisnis Anda

Share
Strategi menerapkan article marketing

Banyak yang berpendapat kalau daya magis article marketing beberapa tahun yang lalu mulai menghilang.  Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar. Yang terjadi adalah sebagian orang melakukan praktek article marketing dengan cara yang kurang tepat sehingga yang diperoleh bukan keuntungan, tapi justru buang- buang waktu semata.

Masih ingat dengan strategi SEO jaman bahula? Dimana para publisher berlomba- lomba menulis artikel dan diposting untuk di-spin ulang di direktori artikel atau situs lainnya? Tujuannya bukan semata- mata meningkatkan network, namun juga dengan tujuan optimasi di mesin pencari.

Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa manfaat dari article marketing :

  • Publisitas atau untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan jangkauan pembaca
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan direct traffic (lalu lintas langsung ke situs web Anda melalui tautan yang tersedia)
  • Meningkatkan indirect traffic (lalu lintas tidak langsung)

Problem dalam Article Marketing

Yang menjadi masalah, article marketing atau pemasaran artikel ini dilakukan dengan praktek yang kurang baik. Pertama, mereka menulis konten seadanya dan diposting ulang ke beberapa tempat dengan pola yang sama, atas nama backlink.

Dan yang kedua, Google melakukan dua perubahan yang mempengaruhi kinerja content marketing. Kualitas artikel, duplikasi, dan kualitas backlink menjadi hal yang dipertanyakan dalam point ini.

Pasca algoritma Google Panda, Google akan menghukum situs website yang dianggap mempunyai kualitas buruk atau konten tidak sesuai dengan ketentuan Google Panda. Salah satunya adalah menyingkirkan konten yang dinilai spam demi relevansi hasil konten berkualitas tinggi. Pola inilah yang mempengaruhi article marketing dan efektifitas blogging dalam membangun backlink.

Akhirnya, demi menghindari penalti dari Google, banyak webmaster yang mempunyai kesadaran lebih tinggi dalam membangun konten sendiri yang lebih berkualitas atau menambahkan atribut no-follow, yaitu tag yang ditambahkan ke tautan dengan memberitahu Google untuk mengabaikan tautan.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Tips Cerdas untuk Anda yang Ingin Sukses Memulai Bisnis sebagai Pemula

Tips Melakukan Article Marketing yang Efektif

Meski begitu article marketing tidak sepenuhnya kehilangan daya magis. Proses pendistribusian konten unik ke berbagai channel adalah salah satu trik yang diperlukan dalam strategi online. Article marketing yang dilakukan secara efektif bukan hanya membantu optimasi SEO, namun sekaligus membuka pasar baru untuk sebuah bisnis.


Lantas, bagaimana caranya agar bisa strategi pemasaran artikel dapat berjalan dengan sangat efektif? Berikut ini adalah tips melakukan article marketing dari Randy Duermyer, salah satu konsultan bisnis digital populer di dunia. 

  1. Cari blog atau situs web yang sesuai target market Anda dan sedang membutuhkan konten. Meskipun situs tersebut tidak sama persis dengan niche Anda, namun artikel akan dibaca oleh mereka yang relevan dengan konten Anda. 
  2. Temukan informasi di berbagai situs web untuk peluang menjadi seorang penulis tamu atau guest blogger. Kata kunci yang kerap digunakan oleh webmaster yang menyediakan ruang untuk penulis tamu antara lain : Blog for Us, Guest Blog, Write for Us, Blogging Tamu, atau kalimat serupa. Cari tahu syarat dan ketentuan untuk menulis di situs web tersebut
  3. Jika Anda merasa ada sebuah situs web yang menarik untuk menitipkan konten Anda, namun dia tidak menyediakan ruang khusus untuk menjadi blogger tamu, cobalah untuk menghubunginya va email atau kontak form. Sampaikan penawaran Anda.
  4. Tuliskan bio menarik atau informasi efektif seputar bisnis atau konten Anda
  5. Promosikan kembali konten Anda ke media sosial, email, atau channel lainnya.


Untuk mendapatkan insight lain tentang article marketing, Anda juga dapat membaca artikel kami sebelumnya : 4 Langkah Mudah Menjadi Guest Blogger Efektif yang Disukai Google.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mempublikasikan artikel di blog atau situs web orang lain :

  1. Artikel bersifat khusus untuk blog tersebut. Artinya, Anda tidak memunculkan artikel yang sama persis ke blog atau channel yang berbeda. Anda harus tetap menjaga konten tersebut dari duplikasi.
  2. Artikel yang dibuat harus berkualitas tinggi tanpa mengabaikan SEO. Gunakan kombinasi keyword yang dibutuhkan, kualitas informasi yang baik, dan visualisasi media yang sesuai.

 

Artikel Menarik Lainnya :   5 Prinsip Dasar SEO yang Tidak Lekang oleh Waktu dan Algoritma Google

Akan lebih baik juga bila konsep article marketing ini dilakukan secara berkelanjutan. Artinya, bukan sekedar mencoba sekali- kali saja, namun juga direncanakan untuk dilakukan secara konsisten.

Tags:
Panda Gila

Mas Panda adalah seorang blogger pembelajar yang senang berbagi dan meningkatkan diri. Disini Saya sekedar berbagi ilmu yang Saya pelajari dari berbagai literatur dan referensi. Saya banyak menulis artikel seputar blogging, SEO, dan bisnis online

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.