Type to search

SEO

Google : Meng- update Tanggal Postingan Tidak Akan Membuat Ranking Lebih Baik

Share
Tips Meng-update Postingan Lama

Salah satu rekomendasi SEO yang kerap diterapkan oleh publisher adalah melakukan update secara berkala konten yang mereka miliki. Namun, tidak sedikit dari publisher yang melakukan update ini hanya dengan mengubah tanggal postingan ke periode yang lebih baru. Apakah ini cara yang benar?

John Mueller dari Google baru- baru ini menegaskan bahwa memperbarui tanggal penerbitan sebuah halaman website tidak akan berdampak pada peringkat. Topik ini muncul di Hangout Pusat Webmaster Google dimana saat ini pengguna bertanya tentang tanggal terbaru dari sebuah halaman.

Salah satu pengguna mengungkapkan bahwa website mereka mempunyai halaman yang diperbarui secara otomatis sepanjang hari dan bertanya- Tanya apakah mereka harus menampilkan tanggal terakhir yang diperbarui pada halaman tersebut.

Menanggapi pertanyaan ini, Mueller menyatakan tidak ada salahnya menampilkan tanggal terakhir pembaruan konten. Namun ini sebenarnya tidak ada manfaatnya untuk halaman tersebut kaitannya dengan SEO.

Mueller meberi contoh halaman ramalan cuaca yang diperbarui secara konsisten sepanjang hari. Halaman- halaman ini tidak secara tiba- tiba melesat peringkatnya menjadi lebih baik hanya karena tanggal terakhirnya selalu diperbarui.

Jika dilihat dari perspektif pengguna, sedikit masuk akal untuk memberi tahu mereka kapan halaman terakhir diperbarui, terutama untuk niche website tertentu. Namun, ini tidak akan berperan ketika datang untuk mencari. Bisa dibilang, goal nya lebih mengarah ke user experience dibandingkan dengan SEO itu sendiri.

Lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan dari Mueller :

Artikel Menarik Lainnya :   5 Prinsip Dasar SEO yang Tidak Lekang oleh Waktu dan Algoritma Google

“Anda dapat menggunakannya [tanggal terakhir diperbarui], namun saya tidak berpikir Anda akan melihat banyak perubahan berkaitan dengan pencarian – seperti perayapan, pengindeksan, atau perubahan peringkat – jika Anda mengubah tanggal atau cap waktu pada halaman secara teratur.

Misalnya, halaman laporan cuaca mungkin diperbarui setiap beberapa menit, atau setidaknya setiap jam, tetapi itu tidak berarti bahwa halaman ini tiba-tiba mendapat peringkat yang jauh lebih baik jika mereka memiliki cap tanggal yang cocok dengan perubahan terakhir yang mereka buat pada halaman.

Untuk pengguna yang mungkin masuk akal. Tapi saya tidak berharap ini berperan dalam pencarian. “

Seperti Apa Update Konten yang Berperan untuk SEO?

Di sisi lain, kita sering mendengar rekomendasi Google yang menginginkan konten website kita terupdate secara berkala, bukan? Tidak perlu bingung.

Yang dimaksud dengan update konten untuk SEO lebih mengarah ke pemutakhiran informasi di website kita. Saat kita meng-update konten kita, maka konten kita memang harus relevan dengan situasi terkini, lebih lengkap, dan deep sehingga konten tersebut memang benar- benar menjadi rujukan yang baik untuk pembacanya.

Urusan apakah tanggal nya perlu diupdate juga atau tidak, menurut Mueller tidak akan terlalu berpengaruh. Namun yang pasti, mempersenjatai halaman Anda dengan konten yang lebih lengkap dan informative akan lebih menguntungkan dari sisi SEO.

Sebaliknya, tidak ada gunanya hanya meng-update tanggal penerbitan saja jika konten Anda tidak diperbarui dengan tambahan informasi yang relevan.

Bagaimana menurut Anda?

Artikel Menarik Lainnya :   Bagaimana Cara Memilih Jasa SEO Indonesia yang Berkualitas? Ikuti Panduan Berikut Ini!
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.