Type to search

Bisnis Online Social Media

7 Jurus Memanfaatkan IGTV untuk Optimalkan Bisnis Online

Memanfaatkan IGTV untuk Bisnis Online

IGTV wajib Anda optimalkan jika menggunakan Instagram untuk menunjang bisnis online Anda. Dengan IGTV, video promosi akan menjadi lebih maksimal dalam menjangkau audiens tertarget.

Berbeda dengan Instagram story atau video di feed biasa, video IGTV bisa tampil di kanal atau platform tersendiri. Baik di aplikasi Instagram atau aplikasi IGTV, ada beragam video IGTV yang bisa pengguna nikmati.

Nah, disinilah celah yang bisa kita manfaatkan. Jika memang selama ini kita menggunakan Instagram untuk kebutuhan bisnis dan branding, memanfaatkan fitur Instagram yang satu ini wajib hukumnya.

Apa itu IGTV?

IGTV atau Instagram TV adalah fitur aplikasi turunan milik Instagram dimana penggunanya bisa berbagi konten video dengan durasi yang lebih panjang. Jika Instagram story dibatasi hanya 15 detik saja, Instagram TV ini bisa lebih dari 10 menit.

Dengan durasi yang lebih lama, pengguna bisa memanfaatkan platform ini untuk membuat konten video yang lebih berkualitas, yang selama ini tidak bisa pengguna lakukan via Insta Story.
Anda juga bisa mengoptimalkan IGTV untuk konten bisnis online Anda.

IGTV resmi diluncurkan Instagram
IGTV saat diluncurkan pertama kali

Mengapa Penting Mengoptimalkan IGTV untuk Bisnis Online?

Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk berpromosi atau menjangkau audiens. Dari sekian banyak media, peran video telah bergeser menjadi lebih dan lebih penting lagi.

Di sisi lain, Instagram adalah platform yang bukan hanya berperan untuk mewadahi berbagi foto secara personal. Faktanya, Instagram adalah platform media sosial yang sangat efektif untuk branding dan promosi, baik itu hard selling maupun soft selling.

Dengan memanfaatkan IGTV u
ntuk bisnis online, berarti Anda memaksimalkan dua hal sekaligus. Yang pertama adalah menggunakan media promosi yang super efektif. Dan yang kedua, memanfaatkan platform terbaik dengan cara yang optimal untuk membangun bisnis Anda.

Menggunakan konten video yang lebih panjang di Instagram sama artinya Anda memanfaatkan ruang yang besar untuk campaign promosi Anda. Jadi, mengapa tidak melakukannya?

Contoh tampilan IGTV

Cara Menggunakan IGTV untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

IGTV mempunyai power untuk menghasilkan lebih banyak interaksi audiens di akun Anda. Meski begitu, ini tidak serta merta terjadi tanpa usaha.

Sebaliknya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan penggunaan Instagram TV ini sudah optimal dalam menunjang bisnis online Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan :

1. Update Info Terbaru yang Menambah Wawasan

Follower kita tidak selalu ingin tahu tentang info produk tertentu saat melihat sebuah video. Terkadang, mereka ingin memperoleh informasi penting yang menambah wawasan mereka. Misalnya saja fakta menarik, info yang viral (filter sesuai topik), atau DIY.

Terutama untuk akun baru, cobalah untuk menarik follower atau bahkan calon follower dengan memberikan value lebih dulu. Artinya, Anda akan menggunakan trik soft selling lebih dulu, seperti dalam teknik Sales Funnel.

Dalam tahap ini, Anda sedang membangun kepercayaan follower terhadap akun Anda. Follower Anda akan merasa bahwa akun Anda adalah akun yang layak di-follow, menyenangkan, dan memberi manfaat.

Teknik ini bukan hanya untuk Anda terapkan di IGTV saja. Dalam list building, teknik ini sudah lebih dulu familiar. Hanya penempatannya akan Anda sesuaikan kembali dengan platform kontennya.

2. Membuat Vlog secara Berkala

Vlogging bisa dilakukan di berbagai platform, bukan hanya di YouTube. Dengan IGTV, Anda pun bisa Vlogging dengan cara yang lebih sederhana.

Vlog terbukti menjadi salah satu jenis konten yang banyak menarik peminat karena membuat penonton merasa terlibat.

Misalnya saja saat ada event Harbolnas, Anda bisa membuat vlog tentang kesibukan tim yang overload saat packing pesanan. Secara tidak langsung, ini juga menjadi cara yang smooth untuk social proof bisnis Anda.

Ide Vlog lain yang bisa Anda coba adalah saat membuat materi untuk paid to promote. Mungkin bisa dari pengalaman customer yang sudah mencoba produk Anda sebelumnya. Yang pasti, konsepnya adalah Vlogging.

Bonusnya, hal- hal seperti ini akan membangkitkan rasa penasaran follower untuk mulai mencoba produk dari brand Anda. Yang dulunya hanya sekedar follower, eh akhirnya hijrah menjadi customer.

3. Membuat Video Behind The Scene

Video Behind The Scene juga menjadi salah satu trik untuk menarik perhatian calon follower. Anda bisa membagikan video saat proses foto shoot produk misalnya atau saat proses pembuatan produk, jika memungkinkan.

Video BTS ini akan mudah meyakinkan follower jika bisnis Anda benar- benar real, no tipu- tipu. Jika sebelumnya ada yang punya pengalaman buruk dengan toko di Instagram, Anda selangkah lebih maju untuk memupus keraguan mereka.

4. Membuat Sesi Q&A di IGTV dengan Follower

Jika di Instagram story Anda hanya bisa melakukan Q&A sederhana, Anda bisa melakukan Q&A dengan lebih leluasa. Follower Anda bisa bertanya secara bebas tentang bisnis dan produk, dan Anda berkesempatan untuk menjawabnya.

Sebisa mungkin, cobalah untuk memberi penjelasan yang detail dan mudah dimengerti. Pertanyaan yang terjawab dengan baik ini akan berhasil meyakinkan follower Anda untuk ikut menjadi pelanggan Anda.

5. Cross Promote Video di Feed & Story

Jika Anda sudah membuat konten video IGTV, jangan lupa untuk cross promote konten di akun Instagram Anda. Artinya, Anda bisa mempromosikan konten Instagram TV di feed dan story Instagram.

Pasalnya, tidak semua pengguna Instagram selalu mengakses fitur IGTV. Jadi, untuk memaksimalkan eksposur konten, Anda perlu membagikan cuplikan konten ke feed Instagram dan story.

Untuk menarik perhatian follower Anda, jangan lupa untuk membuat cuplikan konten Anda cukup membuat orang penasaran ya!

6. Gunakan Thumbnail Video yang Menarik

Sama seperti di YouTube, Anda perlu melakukan optimasi thumbnail video di IGTV. Buatlah thumbnail video Anda menarik dan memancing perhatian untuk menonton.

Sangat disayangkan sekali jika konten yang sudah Anda kemas sebaik mungkin, ternyata kurang mendapat perhatian follower karena gambar thumbnail yang sangat biasa. Thumbnail harus punya cukup magnet untuk meningkatkan persentase viewer video Anda.

7. Optimasi Judul dan Deskripsi Video

Selain thumbnail, judul dan deskripsi video juga menjadi poin penting untuk Anda optimasi. Dengan judul dan deskripsi yang baik, akan banyak yang tertarik menonton video Anda.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat judul video IGTV antara lain :

  • Perhatikan banyak karakter dalam judul video. Instagram memperbolehkan maksimal 75 karakter, namun akan terpotong menjadi 50 karakter saat tampil di halaman feed Following atau Popular.
  • Jangan lupa menambahkan keyword, dan taruhlah di bagian depan atau di 50 karakter awal. Tujuannya adalah agar terbaca maksimal dalam cuplikan konten.
  • Kolom deskripsi bisa memuat hingga 220 karakter.
  • Jangan lupa untuk menambahkan hashtag yang relevan untuk memperluas jangkauan video.
  • Jika ada, jangan lupa untuk menambahkan link ke halaman website atau landing page yang relevan.

8. Hindari Membuat Video Terlalu Panjang

Konten video memang lebih engaging. Namun perlu kita akui juga, penonton tidak suka konten video yang terlalu panjang.

Durasi video sebaiknya tidak lebih dari 10 menit. Konten video yang terlalu lama biasanya akan menimbulkan banyak skip oleh follower.

Jangan lupa juga, 10-20 detik pertama selalu menentukan apakah video Anda menarik untuk follower atau tidak. Jika di durasi awal terlihat kurang menarik, penonton biasanya mudah skip atau beralih ke konten video lain.

Kesimpulan

Video IGTV adalah salah satu fitur terbaik Instagram yang layak Anda manfaatkan, terutama untuk tujuan bisnis. Dengan IGTV, Anda bisa membuat video berdurasi lebih panjang untuk keperluan promosi, soft selling, dan juga membangun keakraban dengan audiens. Intinya, IGTV sangat penting untuk bisnis online!

Dengan deretan tips di atas, ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. Selain interaksi, Anda bisa mengoptimalkan strategi soft selling dan hard selling untuk bisnis online Anda.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memulai Bisnis Online Mudah dan Menguntungkan Untuk Pemula
Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.