Type to search

Blogging

5+ Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia 2020

Rekomendasi web hosting Indonesia terbaik

Memilih web hosting Indonesia? Mengapa tidak?

Sejak memulai blogging lebih dari 5 tahun yang lalu, Panda sudah mencoba beberapa web hosting yang berbeda. Baik itu hosting dalam negeri, maupun hosting luar negeri.

Di masa- masa awal, Panda hanya menggunakan hosting luar negeri karena dulu banyak membaca forum tentang layanan hosting terbaik. Tapi pada akhirnya tergoda juga untuk mencoba web hosting Indonesia.

Salah satu pertimbangannya adalah harga yang lebih murah dibandingkan hosting luar yang Panda gunakan saat itu. Dan tentu saja sudah membaca review tentang kualitas hosting terbaik tersebut dan membandingkan fitur, spesifikasi dan harganya.

Dari pengalaman itu, Saya sendiri merasa kalau pemilihan hosting luar maupun dalam negeri sebenarnya tidak berbeda jauh. Semua kembali pada pemilihan spesifikasi, kualitas dan kebutuhan untuk website. Harga pun juga cukup variatif.

Pertimbangan dalam Memilih Hosting untuk Website

Tentu masing- masing dari kita mempunyai tujuan khusus dalam membangun website. Entah itu untuk toko online, branding perusahaan, kebutuhan personal atau monetize blog.

Sebelum membandingkan kualitas dan spesifikasi hosting, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali kebutuhan kita lebih dulu. Beberapa poin ini mungkin akan menjawab kebutuhan kita :

  • CMS apa yang akan kita gunakan untuk membuat website nanti?
  • Seperti apa konsep konten untuk website kita? Apakah akan ada banyak konten animasi, foto- foto beresolusi tinggi atau video? Jika iya, Anda membutuhkan hosting berkecepatan tinggi dan bandwidth yang besar.
  • Dari mana asal target trafik atau pengunjung website Anda?
  • Apakah nantinya Anda membutuhkan backup data secara berkala dengan frekuensi cukup tinggi?
  • Layanan tambahan seperti apa yang nanti Anda butuhkan?
  • Berapa banyak email hosting dan addon domain yang Anda butuhkan?
  • Apakah layanan pelanggan seperti live chat, telepon dan support 24 jam benar- benar Anda butuhkan atau email saja sudah cukup?

Anda mungkin juga bisa menggali lebih banyak pertanyaan sesuai dengan kebutuhan hosting Anda. Simpan jawaban Anda.

Setelah itu, beberapa hal berikut ini adalah poin- poin yang layak Anda pertimbangkan dalam memilih layanan hosting :

Kualitas dan Kecepatan Server Hosting

Kualitas server hosting mempunyai dampak yang sangat besar terhadap performa website Anda. Inilah mengapa sangat direkomendasikan untuk memilih hosting yang sudah teruji kualitasnya.

Baik itu hosting luar maupun hosting Indonesia, Anda perlu memastikan mereka mempunyai server berkualitas, stabil dan cepat. Karena jika tidak, cepat atau lambat situs web Anda akan terdampak. Performa jeblok dan lambat, yang membuat pengunjung malas berlama- lama di blog Anda.

Kecepatan server ini juga bisa dipengaruhi oleh lokasi server hosting. Misalnya saja Anda menargetkan pengunjung Indonesia, namun Anda menggunakan hosting luar negeri yang servernya terletak di US.

Hal ini bisa berpengaruh terhadap kecepatan pengiriman konten dari server ke pengguna. Jika server hosting Anda berada di Indonesia atau negara yang lebih dekat, maka proses transfer data bisa menjadi lebih cepat.

Tentu in tanpa mengesampingkan faktor penggunaan CDN (Content Delivery Network) untuk mengoptimalkan performa server dalam transfer informasi ke pengguna.

Selanjutnya, Anda juga perlu mencermati spesifikasi server pada data center perusahaan penyedia hosting. Hal ini termasuk kapasitas RAM, teknologi server, kecepatan prosesor (cari tahu jenis & core yang dipakai hosting), tipe hardisk (SSD atau tidak), serta kecepatan jaringan.

Jika Anda memperhatikan hal- hal ini dengan jeli, maka Anda akan bisa menjatuhkan pilihan ke hosting terbaik untuk website Anda.

Fitur dan Spesifikasi Hosting

Fitur dan spesifikasi hosting, secara langsung berkaitan dengan yang dibahas di poin kualitas hosting. Sebelum menentukan pilihan, pastikan Anda mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan.

Rekomendasi kami adalah memilih web hosting unlimited yang dilengkapi dengan fitur- fitur tambahan lainnya. Misalnya saja keamanan (SSL dan layanan security/ protection lainnya), optimasi website, backup otomatis, dan lain sebagainya.

Disk space pada hosting adalah faktor yang sangat penting. Jika Anda yakin tidak membutuhkan hosting yang sifatnya unlimited, maka perlu mengkaji seberapa banyak space yang dibutuhkan untuk website.

Jika website Anda menggunakan banyak gambar atau file, disk space yang dibutuhkan sudah pasti lebih besar. Setidaknya hosting yang Anda butuhkan adalah 2GB ke atas. Jika nanti masih kurang, Anda juga bisa membeli space tambahan atau upgrade ke paket yang lebih tinggi.

Layanan Hosting

Sebagai pelanggan, tentu Anda ingin mendapatkan layanan yang optimal. Terutama jika Anda membutuhkan bantuan teknis yang sifatnya urgent dan berkaitan dengan kelangsungan website.

Layanan pelanggan hosting ini sendiri sebaiknya tersedia 24 jam. Dengan begitu, kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkan bantuan, titik terang bisa segera didapatkan.

Selain itu, layanan hosting profesional pasti menyediakan berbagai metode yang memudahkan pelanggan dalam mendapat bantuan. Mulai dari live chat, email, atau media sosial yang aktif.

Garansi Hosting

Selanjutnya adalah tentang garansi atau jaminan. Perusahaan yang mempunyai informasi lugas tentang garansi yang mereka berikan kepada pelanggan adalah perusahaan yang terpercaya.

Hal ini juga berlaku terhadap layanan hosting. Dengan penawaran garansi atau jaminan uang kembali, ini berarti mereka adalah layanan hosting yang percaya diri dengan kualitas layanan yang mereka tawarkan.

Perbandingan Harga

Jangan tergiur dengan hosting yang sekedar menawarkan harga murah. Hosting Indonesia terbaik tentu bukan sekedar melempar sembarang harga.

Biasanya mereka akan mengemas harga mereka dalam bentuk paket dengan spesifikasi tertentu. Nah, selain melakukan riset kualitas, fitur, dan spesifikasi, cobalah untuk membandingkan harga yang mereka tawarkan.

Rekomendasi Hosting Indonesia Terbaik 2020

Seperti yang sempat diungkapkan Panda sebelumnya, pemilihan hosting sebenarnya bukan soal luar negeri atau hosting Indonesia saja. Tapi pilihlah sesuai kualitas dan kebutuhan website Anda.

Jika saat ini Anda membutuhkan rekomendasi hosting Indonesia terbaik, berikut ini adalah daftar rekomendasi Panda yang layak Anda coba :

1. Niagahoster

Fitur Utama – Space unlimited
– Bandwidth unlimited
– Domain gratis*
– SSL gratis
– BitNinja Security
Rata- rata Speed0,773 detik
Rata- rata Up Time99.1%
HargaMulai Rp 40.223/ bulan
Diskon Tambahan 5%
– Masukkan kode ‘pandaxniaga’ untuk diskon tambahan 5% di Niagahoster


Niagahoster mempunyai kecepatan rata- rata secara global sebesar 174md dan 32md saat diakses dari negara- negara Asia dan Oceania. Hosting yang mempunyai beberapa server fisik di Indonesia ini memang memegang status sebagai salah satu hosting terbaik Indonesia.

Niagahoster sudah digunakan oleh lebih dari 52.000 dan berada dibawah naungan hosting internasional yang menangani 500 server di seluruh dunia. Dalam paket hostingnya, layanan hosting yang satu ini menawarkan range harga yang beragam.

Sehingga siapapun cocok menggunakan hosting ini, dan membeli hosting sesuai skala kebutuhannya.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Cepat Mengatasi 504 Gateway Time-out di WordPress

Layanan lain yang diberikan Niagahoster :

  • Gratis SSL selamanya
  • Domain gratis untuk hosting paket Pelajar ke atas
  • Pilihan server di Jakarta atau Singapore
  • Instant backup
  • Garansi 30 hari uang kembali
  • Softaculous installer, aplikasi web builder, dan fitur pendukung lainnya.
  • Cloud VPS, email, hosting, pendaftaran domain dan lain sebagainya.
Pricelist Niagahoster, hosting Indonesia terbaik

Kelebihan :
Niagahoster dipersenjatai dengan BitNinja Server Smart Security yang memberikan perlindungan situs web Anda dari serangan- serangan siber yang tak diundang. Niagahoster juga mempunyai cPanel lengkap dimana pengguna bisa mengkonfigurasi hosting web mereka sesuai kebutuhan.

Kekurangan :
Semua paket yang ditawarkan Niagahoster adalah untuk berlangganan selama minimal satu tahun. Jadi bisa dibilang, paket hosting ini adalah untuk Anda yang ingin membangun kerajaan online Anda secara serius.

2. Dewaweb

Fitur Utama– Gratis domain selamanya
– Legendary Ninja Support 24/7
– Built for Performance
– Free Secure SSL Grade A
– MailChannels Cloud SMTP Relay
– Cloud backup
Up Time99.99%
HargaMulai Rp 20.000/ bulan


Dewaweb menyediakan 3 pilihan lokasi data center, yaitu di Singapore, San Jose (USA) dan Jakarta. Ketiganya mempunyai kualitas server yang sama baiknya, yang bisa Anda sesuaikan dengan profil geografis trafik pengunjung Anda.

Di Indonesia sendiri, Dewaweb memilih lokasi data center Tier-4 terbaik di kelasnya, yaitu Equinix DCI, yang merupakan data center yang sama yang dipakai oleh Google dan Alibaba. Dengan kualitas server dan datacenter yang dimilikinya, bisa dibilang Dewaweb adalah layanan hosting yang tangguh dan bisa diandalkan.

Layanan lain yang diberikan Dewaweb :

  • Domain gratis selamanya
  • Legendary Ninja Support 24/7
  • Cloud & security
  • SSL certificate
  • Cloud backup
  • Domain provider
  • Cloud
Harga hosting Dewaweb

Kelebihan Dewaweb :
Dewaweb didesain sebagai built for performance hosting. Untuk membuat performa website optimal, layanan hosting ini menggunakan enterprises Enterprise Class Servers dari Dell EMC dan Hewlett-Packard yang ultra-reliable dan fully-redundant (2N architecture).

Mereka juga menggunakan protokol web generasi terbaru untuk membuat akses menjadi lebih cepat dan aman. Kesimpulannya, Dewaweb sangat bisa diandalkan dalam hal kecepatan data transfer.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Login ke cPanel Hosting dengan Mudah Tanpa Mengingat Link

Kekurangan Dewaweb :
Beberapa pelanggan menyebut Dewaweb kurang responsif merespon pesan lewat WhatsApp. Tentu ini sangat disayangkan sekali.

3. Domainesia

Fitur Utama– Gratis domain
– Enterprise-grade SSD
– MailChannels Spam Filter
– CloudFlare® Railgun
– Anti-virus & Anti-malware
– Cloud backup harian
Up Time99.99%
HargaMulai Rp 16.000/ bulan
Diskon Tambahan 20%
– Masukkan kode ‘pandaxdomainesia’ untuk pembelian hosting
– Masukkan kode ‘pandaxdomainesiavps’ untuk pembelian VPS


Domainesia mempunyai server fisik di beberapa negara, yaitu Indonesia, Singapura, Amerika Serikat, dan Jepang. Layanan domain ini sudah beroperasi sejak 2009 dan mengklaim sudah mempunyai lebih dari 95 ribu pelanggan, baik itu dari Indonesia, maupun dari luar negeri.

Selain faktor lokasi server, pertimbangan lain menggunakan Domainesia adalah paket dan fitur yang mereka tawarkan. Hosting ini sudah mengimplementasikan teknologi SSD di semua paket hosting nya.

Dengan teknologi ini, mereka idealnya dapat memberikan load time website yang lebih cepat dibandingkan layanan hosting yang masih menggunakan teknologi hard drive lama. Pengguna juga mendapatkan CloudFlare Railgun, bahkan untuk paket termurah sekalipun.

  • Domain gratis
  • MailChannels Spam Filter
  • CloudFlare® Railgun
  • Anti-virus & Anti-malware
  • Backup harian ke teknologi Cloud
  • SSL certificate
  • Domain provider
Harga hosting Domainesia

Kelebihan Domainesia :

Seperti yang kami informasikan sebelumnya, Domainesia sudah menggunakan SSD berperorma tinggi dalam infrstruktur cloud. Teknologi ini dapat Anda manfaatkan untuk membangun website yang cepat dan tangguh.

Mereka juga dikenal mempunyai tim support yang responsif dalam merespon pelanggan.

Kekurangan Domainesia :
Dengan teknologi SSD, banyak yang menyebut jika Domainesia seharusnya bisa lebih cepat lagi dalam hal performa. Selain itu, Domainesia menawarkan garansi hanya 10 hari saja. Tentu ini waktu yang relatif singkat untuk menikmati masa testing.

4. idCloudhost

Fitur Utama– Gratis domain
– Gratis SSL Certificate
– Unlimited bandwidth
– Attracta SEO tool
– Cloud server technology
– Auto backup
– SpamExpert Pro
Up Time99.99%
HargaMulai Rp 15.000/ bulan


Bicara soal hosting, idCloudhost sebenarnya adalah pemain baru. Layanan hosting yang satu ini baru memulai bisnis dunia hostingnya di tanah air sejak Juni 2015. Meski begitu, jumlah pelanggan mereka kini sudah berjumlah lebih dari 80.000 di Indonesia dan mancanegara.

Sesuai dengan namanya, idCloudHost sudah menggunakan teknologi cloud terbaru. Yang berarti, web server, kecepatan, dan up time stabil dan bisa diandalkan dibandingkan hosting dengan teknologi yang lebih klasik.

idCloudhost juga menyebut bahwa mereka sudah menggunakan proses paling cepat, yaitu E5 Processor, dan dilengkapi dengan SDD di ruang penyimpanan. Tidak heran, banyak perusahaan besar yang terdaftar menjadi pelanggan idCloudhost. Sebut saja Sucofindo, Pupuk Kaltim, J&T, Pertama, dan Mandiri.

Layanan lain yang diberikan idCloudhost :

  • Server VPS
  • Domain provider
  • Cloud server
  • Premium email marketing
  • SSL certificate
  • Email hosting Zimbra
  • SpamExpert Pro Mail
  • Cloudflare Railgun
Promo diskon hosting idCloudhost

Kelebihan idCloudhost :

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Memilih Domain Murah dan Berkualitas untuk Website

idCloudhost adalah layanan hosting dengan teknologi cloud yang mempunyai performa relatif stabil dibandingkan hosting dengan teknologi klasik. Selain itu, layanan dukungan mereka termasuk yang terbaik dan responsif terhadap pelanggan.

idCloudhost juga mempunyai paket hosting yang fleksibel dan harga yang rasional. Tidak peduli apakah Anda mengambil paket bulanan atau tahunan, tidak ada selisih harga yang terlalu menjulang yang kerap menjadi trik penjualan.

Kekurangan idCloudhost :
Tentu ada ekspektasi besar terhadap teknologi cloud yang digunakan oleh idCloudhost. Sayangnya, dalam uji coba 10 bulan terakhir, rata- rata load time hosting ini adalah 1,02 detik. Termasuk kategori OK, tapi belum yang paling memuaskan.

idCloudhost juga menggunakan fitur JetBackup Premium dimana file website akan dilakukan backup otomatis secara berkala 4x dalam seminggu dan file tersimpan 30 hari. Untuk Anda yang rajin mengupdate konten secara harian, tentu ini perlu diperhatikan.

5. Exabytes

Fitur Utama– Gratis SSL Certificate Comodo DV SSL
– Daily backup
– Anti Malware Immunify 360
– Brotli Compression
– 100 hari uang kembali
Up Time99.71%
HargaMulai Rp 15.000/ bulan


Exabytes adalah perusahaan hosting yang awalnya berdiri di Malaysia pada 2001. Kini, layanan hosting ini mempunyai pusat data yang berlokasi di Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, Exabytes mengklaim punya data center terbaik, yaitu NEX Data Center. NEX data center sendiri dikenal menyediakan premium neutral-carrier colocation server, dan sudah beroperasional di Indonesia sejak 2009.

Dengan klaim ini, tentu saja Exabytes adalah salah satu layanan hosting yang cukup menjanjikan dan layak untuk dicoba.

Layanan lain yang diberikan oleh Exabytes :

  • Domain provider
  • Sertifikat Comodo DV SSL
  • Web desain
  • VPS Server
  • Dedicated Server
  • Brotli Compression
  • Anti Malware Immunify 360
Harga hosting Exabytes

Kelebihan Exabytes :
Exabytes mempunyai variasi paket hosting yang cukup lengkap. Mulai dari WordPress untuk berbagai kebutuhan, hingga VPS ke cloud hosting dan server khusus.

Dari sisi layanan pelanggan, mereka mempunyai tim profesional yang baik dalam membalas pertanyaan dan memberikan bantuan teknis. Ditambah dengan keberanian memberikan jaminan uang kembali hingga 100 hari.Kekurangan Exabytes :
Rata- rata up time Exabytes adalah 99.71% yang berarti sedikit kalah dibandingkan layanan hosting yang kami ulas di atas.

Selain itu, meski mempunyai tim profesional yang menangani layanan pelanggan, tim support mereka kerap disebut kurang responsif dalam menangani keluhan.

6. Hostinger

Fitur Utama– Gratis SSL Certificate
– Gratis domain mulai untuk paket Premium
– Litespeed cache
– WordPress Acceleration (LSCWP)
– Jaminan 30 hari uang kembali
Up Time99.40%
HargaMulai Rp 8.900/ bulan*


Hostinger Indonesia adalah induk dari perusahaan hosting Niagahoster. Hostinger ini sendiri adalah perusahaan hosting yang sudah mendunia. Dengan jaringan yang luas ini, Hostinger mempunyai 6 pusat data di seluruh dunia. Yaitu di Belanda, Singapura, Brasil, UE, Indonesia, dan Lithuania.

Hostinger juga mempunyai tim layanan dukungan yang profesional dan cakap dalam memberi bantuan. Mereka bahkan menawarkan untuk penyelesaian masalah 100% lewat live chat.

Dari sisi teknis, Hostinger menyediakan dasbor yang sangat ramah pengguna, bahkan untuk mereka yang masih awam dengan dunia web hosting. Hostinger juga kerap menawarkan promo menggiurkan berupa diskon hingga 90% untuk menggaet pengguna baru.

Layanan lain yang diberikan oleh Exabytes :

  • SSL Certificates
  • Domain provider
  • Cloud hosting
  • Email hosting
  • VPS
  • Zyro website builder
Harga web hosting di Hostinger

Kelebihan Hostinger :Hostinger menyediakan paket harga hosting yang benar- benar murah. Harga hematnya akan semakin Anda rasakan saat Anda mengambil paket berlangganan selama 3 tahun.

Selain itu, karena mempunyai lokasi server di beberapa negara, Anda bisa memilih lokasi server yang paling sesuai dengan target lalu lintas website. Bersama dengan Niagahoster, layanan customer service Hostinger sangat bisa diandalkan karena responsif dalam fitur live chat.

Kekurangan Hostinger :
Hostinger memang menyediakan fitur backup harian dan mingguan. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk Paket Web Hosting bisnis yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dua paket lainnya.

Kesimpulan

Saat memilih layanan penyedia hosting, begitu banyak pilihan memang kerap membingungkan. Selain soal hosting luar negeri atau hosting terbaik Indonesia, kita masih dibingungkan dengan banyaknya pilihan jenis hosting dari masing- masing kategori.

Panda sendiri sudah melakukan testing layanan hosting dalam dan luar negeri. Secara kualitas, baik hosting luar maupun dalam negeri bisa berimbang asal kita jeli memilih hosting berdasarkan spesifikasi yang kita butuhkan.

Kuncinya adalah mengidentifikasi kebutuhan kita lebih dulu, kemudian dengan teliti membaca paket yang ditawarkan oleh layanan hosting. Hindari untuk hanya terpaku dengan promo- promo tertentu. Promo memang menyenangkan, tapi apakah ada jaminan kalau kualitasnya tidak mengecewakan?

Di akhir artikel ini, Panda akan menyampaikan resume dan FAQ atau hal- hal yang sering ditanyakan terkait layanan hosting.

Apa itu web hosting?

Pengertian web hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan sumber daya untuk menyimpan data website agar bisa diakses secara online di internet.

Pilihan mana yang lebih baik, hosting luar negeri atau hosting lokal Indonesia?

Secara kualitas, baik hosting luar maupun dalam negeri bisa berimbang asal kita jeli memilih hosting berdasarkan spesifikasi yang kita butuhkan. Artinya, keduanya bisa sama baiknya, atau bisa juga jebakan batman saat kita hanya tergiur dengan harga promo. Di artikel ini, Panda akan memberikan rekomendasi hosting terbaik Indonesia yang bisa menjadi rujukan Anda untuk memilih hosting lokal.

Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x