Type to search

Make Money

6 Cara Ampuh Menjadi YouTuber Sukses dengan Modal Minim

Share
Cara menjadi YouTuber sukses dengan modal minim

Selain memikirkan skill dasar yang dibutuhkan, banyak orang berpikir ulang menjadi seorang YouTuber dengan pertimbangan modal. Benarkah modal yang minim menjadi kendala serius untuk menjadi seorang YouTuber?

Tidak juga sebenarnya!

Untuk menjadi YouTuber sukses, modal besar tidak selalu dibutuhkan. Artinya, Anda tidak harus menunggu untuk punya banyak uang dulu untuk membeli kamera mahal untuk memulai. Untuk menjadi seorang YouTuber sukses dan terkenal, point penting yang Anda butuhkan adalah kepercayaan diri, kedisiplinan dalam membuat konten, kerja keras, dan juga visi misi yang jelas.

Jadi, sebelum Anda terjun ke dalam kolam YouTube dan bergabung dengan banyak YouTuber sukses lainnya, pastikan Anda sudah mempunyai persiapan yang mantap dan tekad yang kuat. Sudah punya ini semua? Go ahead! Kamu siap melangkah ke step selanjutnya.

Tips Menjadi YouTuber Sukses dengan Modal Minim

Setelah mantap menjadi seorang YouTuber, tentukan lah tema dari konten YouTube yang ingin Anda buat. Selanjutnya, beri nama channel YouTube Anda. Buat lah gambaran jadwal produksi dan jadwal upload video Anda sebagai eksekusi rencana Anda. Rencanakan evaluasi konten dan target setiap bulan atau minimal setiap tiga bulan sekali.

Setelah semua itu oke, berarti Anda sudah punya persiapan yang cukup mantap.

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa peralatan yang dapat Anda siapkan untuk menjadi seorang YouTuber sukses dengan modal minim :

Artikel Menarik Lainnya :   8 Update Algoritma Google 2013 – 2019 yang Wajib Publisher Ketahui

Berburu Kamera Murah Berkualitas

Meskipun modal Anda minim, usahakanlah untuk menyisihkan sedikit uang untuk menabung dan membeli kamera untuk aktifitas vlogging Anda. Jangan bayangkan Anda harus membeli kamera DSLR atau jenis kamera mahal lainnya. Cobalah untuk cari kamera dengan kisaran harga 1 jutaan atau harga di bawahnya.

Kamera yang Anda butuhkan setidaknya adalah kamera mungil yang sudah punya kemampuan dalam mengambil gambar yang sudah 4K at 20fps dan 1080p at 60fps sehingga hasil video pun cukup memuaskan.

Cobalah riset kebutuhan kamera murah berkualitas lebih dulu, kemudian bandingkan harganya di marketplace untuk mendapatkan harga terbaik.

Smartphone Murah Berkualitas

Jika Anda merasa membeli kamera masih cukup memberatkan, cobalah untuk menggunakan smartphone murah berkualitas yang bisa mendukung aktivitas vlogging Anda. Nggak pakai mahal, Anda mungkin sudah bisa mendapatkan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan Anda di rentang harga 1,5 juta hingga 2 juta.

Selain untuk kebutuhan mengambil video, smartphone ini dapat Anda gunakan untuk kebutuhan fotografi, video editing, hingga upload video ke YouTube secara praktis.

Lampu LED 

Lampu LED dibutuhkan untuk memaksimalkan pencahayaan video Anda. Terutama saat proses perekaman video dilakukan di dalam ruangan, seperti di salah satu ruangan rumah atau kantor. Dengan mengandalkan LED, maka video Anda akan terlihat lebih maksimal.

Lampu LED ini sendiri banyak sekali jenisnya. Ada yang harganya jutaan, hingga ratusan ribu. Jika video yang Anda buat nanti adalah tutorial kecantikan, Anda direkomendasikan untuk membeli ring light LED yang harganya berkisar puluhan ribu hingga 150 ribu. Jika membutuhkan lampu LED murah lainnya, Anda bisa mendapatkan di kisaran harga 100 ribu hingga 200 ribu.

Ingin yang lebih murah lagi? Anda bisa mengakalinya dengan membeli lampu LED strip meteran yang kisaran harganya bisa di bawah 50 ribuan. Untuk LED strip meteran ini, Anda perlu untuk melakukan modifikasi lighting saat penggunaan agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mic Eksternal 

Video yang baik bukan hanya bicara tentang kualitas gambar yang baik, tapi juga kualitas audio yang jernih. Maka dari itu, Anda membutuhkan alat tambahan seperti eksternal mic untuk merekam audio.

Untuk budget minim, eksternal mic yang direkomendasikan adalah mic clip on yang harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 40.000.

Memilih Clip On Murah untuk Perlengkapan YouTuber

Jika Anda menginginkan kualitas yang lebih, Anda dapat meng-upgrade pilihan Anda ke eksternal mic yang lebih berkualitas dan dilengkapi dengan penyaring suara angin saat melakukan vlogging di luar ruangan. Untuk kebutuhan ini, Anda dapat mencoba Boya eksternal mic yang harganya berkisar RP 400 ribuan.

Gorilla Pod untuk Smartphone

Gorilla pod adalah tripod multifungsi khusus smartphone yang membantu pengambilan kamera menjadi lebih optimal dengan menahan guncangan akibat tangan yang bergetar saat proses pengambilan video.

Dengan Gorilla Pod, pengambilan gambar baik di indoor maupun outdoor akan terasa lebih stabil. Alat ini juga memudahkan Anda untuk mengambil gambar dalam berbagai sudut. Harga Gorilla Pod ini bervariasi. Ada yang berada di bawah Rp 50.000, ada juga yang di bawah Rp 100.000.

Software Editing Video

Setelah perangkat pengambilan video sudah lengkap, Anda membutuhkan software editing video sebagai penyempurna. Software editing video ini juga sangat beragam jenisnya. Mulai dari yang gratis, hingga berbayar.

Yang gratis dan berkualitas pun ternyata banyak pilihan yang dapat Anda coba. Anda bisa mengintipnya di artikel kami sebelumnya : 5 Video Editor Gratis Terbaik Tanpa Watermark untuk Windows/ Mac

Kesimpulan

Dengan deretan perangkat sederhana di atas, menjadi #YouTuber dengan modal minim sangat mungkin dilakukan. Jika konten YouTube Anda sudah mulai konsisten dan subscriber sudah mulai bertumbuh, Anda bisa meng-upgrade kebutuhan perangkat Anda kapan saja.

Terdengar mudah? Yang Anda perlukan saat ini adalah mulai mempraktekannya. Siap?

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   Sejarah Perubahan Algoritma Google dari Waktu ke Waktu
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.