WA Me Setting (wa.me/settings) sedang ramai menjadi perbincangan netizen karena bisa membuat pengguna panik seketika. Pasalnya, format chat berbentuk link ini bisa menyebabkan aplikasi WhatsApp error dan keluar sendiri (force close) saat seseorang membukanya.

Link “WA Me Setting” ini sendiri mempunyai komposisi yang terdiri dari “wa.me/setting”. Sesaat setelah link ini diklik, aplikasi WhatsApp akan crash dan chat dengan teks tersebut tidak akan bisa dibuka.

Error terkait WA Me Setting ini sendiri tidak terjadi di semua versi aplikasi. Hanya pengguna versi beta di Android yang melaporkan adanya masalah ini. Lantas apa sih WA Me Setting yang membuat heboh ini? Simak selengkapnya di artikel Panda ini ya!

Apa itu WA Me Setting (wa.me/settings)?

Sebelum mencari tahu apa yang membuat link ini mengakibatkan WA error, ada baiknya kita memahami lebih dulu apa itu WA Me Setting, alias wa.me/settings. “Wa.me” sendiri sebenarnya bukan hal baru untuk banyak pengguna WhatsApp.

Tautan “wa.me” merupakan salah satu trik membuat tautan WhatsApp ke chat pribadi.  Dengan cara ini, pengguna bisa langsung membuka ruang obrolan tanpa harus menyimpan nomor telepon terlebih dulu. Dengan membuat link “wa.me” kita bisa dengan melakukan chat langsung karena ruang obrolan WA dengan kontak tersebut dapat terbuka secara otomatis.

Untuk melakukan ini, kita biasanya menambahkan tanda miring “/” dan diikuti dengan nomor telepon yang akan kita chat. Misalnya saja “wa.me/6281934347211”. Dengan tautan ini, kita akan langsung masuk ke ruang obrolan dengan nomor tersebut tanpa harus menyimpan nomornya ke daftar kontak.

Hal berbeda dengan wa.me/setting. Tautan ini bukan ditujukan untuk membuka ruang obrolan dengan kontak tertentu seperti cara di atas. Inilah yang membuat WA Me Setting membuat aplikasi WA mengalami bug dan force close.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop/ PC

Penyebab WhatsApp Eror karena wa.me/setting

Afif Hidayatullah, Threat Hunting Consultant dari ITSEC Asia, menyebut bahwa bug di WhatsApp adalah biang keladi penyebab errornya aplikasi saat membuka tautan wa.me/settings di ruang obrolan.

“Kalau ditanya kenapa hanya pengguna whatsapp versi stabil/beta di HP Android saja yang terdampak, kemungkin karena bug-nya hanya ada di versi tersebut,” ungkap Afif, seperti Panda lansir dari  KompasTekno.

Selain faktor bug, menurut Afif, WhatsApp error karena wa.me/settings juga terjadi lantaran ada masalah pada WebView sistem Android. WebView merupakan aplikasi pre-installed alias bawaan Android, yang memungkinkan pengembang menampilkan laman web di aplikasi.

Saat seseorang mengirimkan tautan, WhatsApp umumnya akan melakukan pembacaan via WebView. WebView ini gagal memuat permintaan untuk membuat tautan WA Me Setting dan terjadilah eror.

Link wa.me ini sendiri memang ditujukan untuk membagikan akun WhatsApp, lalu berlanjut membuka path “setting” di dalam aplikasi WA. Padahal tautan ini sama sekali tidak bertujuan untuk terhubung dengan fitur Setting di WhatsApp.

“Hal itu (penargetan link wa.me/settings) memungkinkan WebView mengalami kebingungan untuk menampilkan, sehingga gagal memproses tampilan. Karena tidak mungkin menampilkan setting menu pada ruang obrolan,” tambah Afif.

Kegagalan WebView dalam memuat wa.me/settings inilah yang akhirnya membuat aplikasi WA menjadi error.

Baca Juga :  Cara Mudah Download Sound Musik dan Video TikTok Tanpa Watermark

Cara Mengatasi WhatsApp Error karena WA Me Settings

Sebenarnya tidak ada trik khusus untuk mengatasi WhatsApp error akibat tautan wa.me/setting. Satu- satunya cara yang bisa pengguna lakukan hanyalah menghapus pesan yang mengandung tautan tersebut, baik di chat personal atau grup.

Setelah pesan terhapus, pengguna tidak perlu khawatir mengalami bug karena terpencet tautan tersebut. Jika sebelumnya sudah terlanjur membuka wa.me/setting, menghapus pesan ini juga membuat ruang obrolan menjadi normal kembali.

Jadi, tidak perlu panik jika mengalami masalah ini. Dengan menghapus pesan lewat “Delete for Me”, “Delete for Everyone” atau clear chat, aplikasi akan menjadi normal kembali dan kamu terhindar dari error aplikasi WA.

Baca Juga :  WhatsApp Bersiap untuk Perubahan Radikal, Simak Bocorannya
2 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap