Type to search

Trending

Cara Efektif Melaporkan Penipuan Online agar Kasus Cepat Selesai

Cara melaporkan penipuan online

Tak bisa dipungkiri, penipuan online adalah salah satu kejahatan yang banyak terjadi di era digital. Modus yang dilakukan pelaku beragam, dan siap menjebak siapa saja yang tidak teliti dalam melakukan transaksi jual beli atau aktifitas lain secara online. Mencegah tentu menjadi pilihan yang terbaik agar kejadian ini tidak menimpa Anda dan kerabat Anda.

Namun bagaimana jika Anda terlanjur terjebak oleh kasus penipuan online? Anda sudah melakukan transaksi belanja secara online misalnya, namun barang yang ditunggu tak datang juga. Saat mencoba menghubungi penjual, tiba- tiba saja mereka menghilang tanpa jejak. Akun media sosial Anda diblokir, atau akun pelaku berganti nama agar tidak bisa ditemukan.

Cara Lapor Penipuan Online

Jika sudah terlanjur menjadi korban penipuan online, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah melaporkan kasus penipuan yang Anda alami. Pemerintah sendiri kini semakin melek dengan kejahatan dunia cyber dan memberikan layanan yang lebih baik dalam penanganan kasus cyber crime ini.

Artikel Menarik Lainnya :   Google Hentikan Layanan URL Shortener goo.gl

1. Laporkan secara online melalui situs pengawas transaksi online

Saat Anda mengalami penipuan online, langkah cepat yang bisa Anda lakukan tanpa keluar rumah adalah melaporkan penipu ke situs pengawas transaksi online. Beberapa situs yang dapat Anda gunakan antara lain :

–       Kredibel.co.id

–       Lapor.go.id

–       CekRekening.id

Ketiga situs ini mempunyai carakerja yang nyaris sama, yaitu mengumpulkan data informasi dari pengunjung yang menjadi korban penipuan. Saat Anda mengalami penipuan, Anda bisa memasukkan nomer rekening atau nomer ponsel si penjual di fitur ‘lapor penipuan’ yang mereka sediakan.

Di situs Kredibel.co.id dan CekRekening.id, Anda juga bisa melakukan pengecekan rekening bank transfer online. Jika nomer rekening si penjual sebelumnya sudah pernah dilaporkan untuk kasus penipuan, maka history pelaporan tersebut akan tampil saat Anda memasukkan nomer rekeningnya. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk memastikan keamanan rekening transfer sebelum melakukan transaksi online.

Diantara ketiga situs tersebut, situs Lapor.go.id adalah situs web resmi yang dikembangkan oleh Staff Kepresidenan. Website ini bukan hanya untuk menampung jenis kejahatan penipuan online saja, namun juga jenis kejahatan lainnya. Tujuan utamanya adalah mempermudah layanan pengaduan masyarakat secara online. Jika Anda menjadi korban, Anda bisa melaporkannya ke situs ini dengan mempersiapkan kronologi kejadian hingga bukti- bukti telah mengalami penipuan online.

Artikel Menarik Lainnya :   Microsoft Bersiap Memecat Ribuan Karyawan

2. Membuat Laporan Polisi

Seperti yang Saya singgung diatas bahwa pemerintah kini semakin aware dengan kejahatan online, maka layanan pelaporan pun dibuat lebih mudah oleh pemerintah. Saat Anda mengalami penipuan misalnya, Anda bisa melaporkan penipuan tersebut ke kantor polisi atau melakukan pelaporan secara online dengan mengirimkan email ke cybercrime@polri.go.id.

Selain menyertakan data diri, Anda juga perlu menyertakan bukti- bukti yang menunjukkan Anda telah menjadi korban penipuan online, dan data diri pelaku,seperti no HP, rekening, dsb.

3.Membuat Laporan ke Bank Cabang Pelaku

Cara selanjutnya untuk melaporkan penipuan online adalah dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat. Tujuannya adalah agar rekening si pelaku bisa segera diblokir atau di-blacklist oleh pihak bank sehingga pelaku tidak bisa menarik uang hasil penipuannya dan tidak memakan korban lainnya.

Jika Anda beruntung karena si pelaku belum menarik semua uang di bank nya, uang Anda masih bisa kembali dengan mengikuti prosedur bank.

Untuk datang ke cabang bank yang digunakan oleh pelaku, datangkan di jam operasional bank agar proses pengaduan Anda dapat berjalan lancar. Namun jika sekiranya jam operasional bank sudah tutup dan Anda ingin keluhan Anda segera didengar, Anda bisa menghubungi call center bank untuk meminta bantuan.

Artikel Menarik Lainnya :   Penyegaran Baru Mobil Toyota Vellfire di Tahun 2019 yang Sangat Patut Dinantikan

Dengan mengikuti langkah- langkah tersebut dalam melaporkan penipuan online, mudah- mudahan kasus yang Anda alami ini segera selesai dengan solusi terbaik untuk Anda. Selanjutnya, berhati- hatilah dalam melakukan transaksi online.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.