[ADINSERTER AMP]

Type to search

Social Media

Cara Ampuh Membuat Profil Bio Instagram yang Menarik dan Efektif

Membuat profil bio Instagram yang menarik dan efektif

Bio Instagram sering disebut sebagai gateway awal untuk mengantar audiens baru dalam menjelajah konten feed Instagram. Seperti gateway yang semestinya, bio Instagram harus dikemas sebaik mungkin. Jelas dan menarik perhatian.

Meski terkesan mudah, sebenarnya ada tantangan tersendiri dalam menulis bio Instagram yang baik dan menarik. Dengan batasan 150 karakter, penting untuk memperhatikan setiap kata yang kita tulis agar menjadi efektif.

Mengapa sih Bio Instagram yang Menarik itu Penting?

Seperti yang Panda ungkapkan dalam pembuka artikel ini, bio Instagram adalah gateway untuk audiens. Bio yang jelas dan menarik adalah pancingan efektif agar audiens menjelajah akun Anda.

Terutama bila akun Anda bukanlah brand yang sudah punya nama besar. Tidak mudah membuat audiens langsung merasa klik saat melihat profil Anda. Tapi dengan menciptakan gateway bio Instagram yang menarik, Anda telah menapaki langkah awal dengan tepat.

Mereka akan tertarik berkenalan dengan Anda. Mereka akan siap untuk membuka diri. Dengan begitu, peluang untuk follow akun dan berinteraksi akan menjadi lebih besar.

Sebaliknya, saat bio ditulis dengan asal- asalan, peningkatan follower dan interaksi akan terasa sangat lamban.  Terlebih saat gaung tentang akun dan brand Anda sangat minim.

Sederhananya, mereka akan mempertanyakan siapa Anda dan apa pentingnya harus mengenal dan berinteraksi dengan akun Anda. Karena merasa bukan hal yang penting, dan minim daya tarik, akun Anda hanya sebatas dilihat sekilas.

Ciri- ciri Bio Instagram yang Baik

Apapun tujuannya, mengelola akun Instagram bukan hanya tentang upload produk dan menginformasikan panduan teknis atau melakukan pemesanan.

Terutama di Instagram, banyak orang menghindari interaksi dengan akun yang mereka tidak merasa ‘kenal dekat’. Apalagi sampai melakukan pembelian.

Itulah mengapa profil bio Instagram Anda perlu membuat audiens tertarget Anda merasa selangkah lebih dekat. Merasa perlu mengenal Anda. Perlahan Anda akan mendorong mereka untuk masuk lebih dekat.

Untuk bisa melakukan ini, Anda perlu mengenali setidaknya 4 ciri- ciri berikut untuk profil bio IG yang baik :

Menampilkan Tujuan yang Jelas

Sebelum membuat akun Instagram, tentu kita sudah tahu untuk apa akun tersebut kita buat? Apakah ingin membangung brand awareness? Mengumpulkan leads? Atau mendapatkan pembeli?

Nah, tentunya membangun akun Instagram untuk sarana promosi sudah benar- benar Anda pikirkan. Selain untuk kebutuhan profil bio, hal ini juga membantu Anda dalam perencanaan konten yang tepat untuk audiens.

Anatomi Profil Bio yang Efektif

Ciri- ciri bio Instagram yang baik kedua adalah merancang anatomi profil bio Anda. Anatomi ini terdiri dari :

  • Nama akun Instagram
  • Username/ Tagline
  • Deskripsi Bio
  • Link Tautan

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat contoh berikut :

Bio profil Instagram vanillahijab

Dalam contoh akun Instagram vanillahijab tersebut, akun ini menggunakan tagline Inspirasi Harimu, deskripsi bio yang menginformasi setiap belanja Anda sekaligus berdonasi dan tidak lupa link ke katalog dan kontak pembelian.

Mari kita lihat contoh satu lagi :

bio Instagram kopi janji jiwa

Di akun Instagram kopijanjijiwa ini, akun ini memilih menampilkan username nya, deskripsi yang mengandung social proof dan tidak lupa tautan ke store mereka di marketplace, website dan juga channel YouTube.

Cara Membuat Profil Bio Instagram yang Menarik

Setelah mengenali ciri- ciri profil bio yang menarik, langkah selanjutnya adalah membuat versi Anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti :

1. Informasi Singkat dan Kontak

Anda perlu membuat bio yang efektif dalam jumlah karakter yang dibatasi. Anda harus bisa memaksimalkan space yang tersedia dengan sangat baik.

Dalam informasi singkat ini, Anda bisa memanfaatkan space untuk :

  • Informasi singkat tentang produk atau brand
  • Menguatkan tagline dan value perusahaan
  • Menyuarakan social proof

Dan tentu saja, Anda tidak boleh lupa untuk mencantumkan informasi kontak utama bisnis Anda. Entah itu WhatsApp, Line atau bahkan akun Instagram terhubung lainnya.

Mencantumkan kontak sebenarnya bukan hal yang wajib. Namun kebanyakan akun Indonesia, terutama yang berbasis toko online Instagram, melakukan hal ini.

2. Profil Bio yang Lucu

Tertantang untuk membuat eksperimen yang out of the box?

Cobalah membuat bio Instagram yang lucu untuk akun Anda. Menyisipkan unsur komedi dalam tulisan bio akan meninggalkan kesan ‘friendly’ di mata audiens. Ini akan menjadi pendekatan yang menarik untuk dilakukan.

Contohnya seperti bio di bawah ini :

bio profil totinos pizza dengan sentuhan humor

Bisnis pizza ini membuat karakter fiksi untuk brand mereka dengan nama Pete Zaroll. Dalam bio, Pete Zaroll tampil sebagai foto profil dan memperkenalkan diri sebagai bagian penting dari akun totinos.

Bukan di bio saja, Pete juga sering muncul dalam bagian konten akun ini untuk menarik perhatian audiens.

3. Buat Hidup dengan Emoji

Emoji membuat konten Anda terlihat lebih hidup. Hal ini juga berlaku dalam penulisan bio Instagram.

Penggunaan emoji harus tepat dan sesuai porsinya. Beberapa brand menghindari emoji karena memberi kesan kurang profesional.

Namun sebenarnya, kesan ini bisa tidak muncul saat Anda menggunakannya secara selektif dan secukupnya. Jadi, tentu saja Anda perlu bijak dalam menggunakannya.

bio profil The Harvest

4. Penawaran Spesial

Anda juga bisa menggunakan space profil bio untuk menonjolkan aktivitas atau promo yang sedang berlangsung. Misalnya saja vanillahijab yang menginformasikan jika mereka menggunakan sebagian penjualannya untuk donasi.

Jika ada promo tertentu dalam kampanye marketing Anda, suarakan juga informasi promo tersebut melalui bio. Caranya dengan menginformasikan promo dan mengarahkan audiens untuk mengklik link promo di bawah bio.

Jika Anda sering menggunakan trik ini, ada kemungkinan audiens akan sering mengecek akun Anda untuk mengetahui promo atau penawaran baru yang sedang berlangsung saat itu.

5. Kampanye Hashtag

Ada banyak hashtag umum yang digunakan oleh user Instagram membuat postingan sebuah akun mudah tenggelam dalam pencarian.

Untuk mengakalinya, Anda bisa membuat custom hashtag yang sesuai dengan brand Anda sendiri. Dengan hashtag custom ini, pengguna bisa langsung mengakses katalog produk Anda dengan mudah.

Agar hashtag mudah diakses, cobalah untuk menampilkannya di bio Instagram seperti yang Pottery Barn lakukan berikut ini :

profil Instagram Potterybarn

6. Tonjolkan Social Proof

Social proof mempunyai power untuk meyakinkan audiens Anda. Terutama untuk audiens baru yang belum tidak tahu siapa Anda, menonjolkan social proof akan memberitahu mereka bahwa brand Anda kredibel.

Dengan begitu, audiens akan lebih yakin untuk berinteraksi dengan akun Anda, dan bahkan melakukan pembelian. Contohnya dapat Anda lihat di akun Instagram kopijanjijiwa berikut ini :

bio Instagram kopi janji jiwa

Cara Mengganti Bio Profil Instagram

Sampai disini, Panda yakin Anda sudah tahu langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk optimasi akun bio Anda.

Nah, untuk melakukannya, mari mulai mengedit bio profil Anda :

  1. Buka aplikasi Instagram Anda, lalu masuk ke bagian Profil > Edit Profil.
  2. Di bagian bawah foto profil, Anda bisa mengupdate informasi bio Anda. Mulai dari nama pengguna, tautan situs, dan juga deskripsi bio.
  3. Jika sudah, Simpan dengan tap ikon centang di bagian kanan atas.

Kesimpulan

Instagram marketing bukan hanya tentang upload konten yang bermanfaat untuk audiens. Instagram marketing, bahkan sudah dimulai saat bio profil Anda berbicara kepada audiens.

Dengan dasar ini, sudah saatnya Anda mengoptimalkan bio profil Instagram sebagai gateway awal untuk mendekati calon audiens. Audiens yang awalnya tidak kenal dan tidak mau tahu, secara perlahan akan mau bersentuhan dengan brand Anda.

Sudah siapkah Anda mengoptimalkannya?

Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battle😎

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.