Type to search

Social Media

8+ Tips Ampuh Optimasi Bisnis Online dengan Instagram Story

Optimasi bisnis online dengan Instagram

Instagram punya segudang fitur yang bisa kita manfaatkan untuk mengoptimalkan bisnis online. Salah satunya adalah instagram story.

Fitur story Instagram membuat kita terbiasa untuk melihat aktivitas terkini yang dilakukan oleh teman dan akun- akun lain yang kita follow. Di tengah- tengah story, kita pun sudah sering dijejali dengan berbagai konten iklan.

Namun, untuk bisnis online Instagram story bukan melulu tentang iklan. Kita bisa membuat konten organik yang tetap menarik perhatian follower kita dan membuat mereka tidak ketinggalan info terkini.

Instagram Stories untuk Bisnis Online

Instagram Story mungkin punya durasi yang singkat. Meski begitu, fitur story menjadi salah satu konten yang sering pengguna akses. Konten story hanya bertahan 24 jam sejak tayang. Durasi waktu yang singkat ini lah yang mendorong pengguna tidak ingin ketinggalan info.

Melalui Instagram stories, pemilik bisnis bisa mengunggah konten foto, teks, atau gambar untuk berbagai kebutuhan. Entah itu menginformasikan ke follower tentang konten baru, membuat Q&A singkat, atau spoiler aktivitas.

Bagi pemilik Instagram yang tidak ingin merusak tatan feed mereka, stories adalah fitur yang biasa mereka manfaatkan untuk menginformasikan hal penting. Dari sisi follower, brand yang sering melakukan update story akan membuat mereka merasa lebih dekat.

Itulah mengapa Instagram Story untuk bisnis online ini bisa menjadi salah satu media terbaik untuk meningkatkan brand awareness.

Cara Upload Gambar/ Video ke Instagram Stories

Sebagian besar orang mungkin sudah sangat familiar dengan trik ini, terutama jika sudah sering menggunakan Instagram dalam keseharian. Namun, jika Anda hanya menggunakan Instagram secara terbatas dan bingung cara update Instagram Story, Anda bisa mendapatkan contekan gratis disini.

Di Instagram, konten terbagi ke dalam dua jenis, yaitu konten feed dan konten story. Konten feed adalah konten yang tampil di profil Instagram dan menampilkan keseluruhan konten yang pernah kita posting.

Sedangkan Stories terletak di bagian home paling atas, dengan tampilan berupa lingkaran update. Anda bisa melihat konten story milik following Anda di bagian atas dengan menyentuh lingkaran update tersebut.

Untuk mengunggah Instagram Story baru, berikut ini adalah caranya :

  • Login ke akun Instagram Anda, dan masuk ke bagian home, di panel story bagian atas
  • Klik ikon ‘+’ di lingkaran profil Anda
  • Anda akan masuk ke area kamera yang memungkinkan untuk mengambil gambar atau video secara langsung
  • Selain mengambil gambar secara langsung, Anda juga bisa mengambil gambar atau video yang sudah ada di galeri HP dengan cara swipe up (usap layar ke atas)
  • Lanjutkan dengan pilihan untuk mengirim story ke Facebook atau Instagram saja, atau kedua nya
    Cara Upload Instagram Story
  • Tap button ‘Kirim ke’, lalu pilih ‘Bagikan’ di fitur ‘Cerita Anda’.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa juga membaca artikel Panda sebelumnya : Cara Membuat Instagram Story.

Cara Menggunakan Instagram Story untuk Optimasi Bisnis Online

Instagram bukan hanya bisa kita gunakan sebagai media untuk eksis saja. Namun, kita juga bisa mengoptimalkannya untuk bisnis online agar jualan semakin laris manis.

Jualan ini sendiri bukan berarti melulu update produk jualan ya. Karena jika ini terus kita lakukan, audiens justru bosan dengan konten kita, dan memilih unfollow.

Nah, disinilah optimasi Instagram Story perlu kita lakukan. Hindari menggunakan story hanya untuk jualan saja, tapi bisa kita optimalkan untuk lebih engaged dengan audiens.

Simak tips berikut ini ya :

1. Konten Edukasi Interaktif

Merasa aneh saat melihat konten Instagram, Facebook atau Twitter seperti mentransformasi cara menyampaikan pesan edukatif?

Well, tidak aneh sebenarnya. Konten edukatif selalu menarik perhatian audiens, selama kita sajikan melalui konten visual yang menarik. Nah, disini Anda bisa menggunakan Instagram story untuk menyampaikan konten edukatif yang menarik.

Tujuan konten jenis ini adalah untuk mengedukasi pelanggan baru, sekaligus mempertahankan pelanggan lama untuk terus setia dengan akun Anda. Ada dua manfaat dari konten edukasi ini.

Yang pertama, membuat audiens merasa akun Anda mempunyai value. Dan yang kedua, audiens tidak merasa dipaksa melihat konten berjualan secara terus menerus.

Tips dalam membuat konten edukasi di Instagram Story :

  • Buat versi rangkuman dan poin penting
  • Arahkan pembaca untuk swipe up jika tersedia versi informasi yang lebih panjang dari website Anda

2. Video BTS (Behind The Scene)

Konsumen online tentu tidak tahu persis apakah brand Anda benar- benar kredibel atau tidak. Namun Anda selalu punya trik untuk meyakinkan mereka.

Salah satunya adalah dengan menampilkan video proses behind the scene. Dalam video ini Anda akan menampilkan sneak peak proses di belakang layar tentang proses produksi atau proses pengemasan.

Melalui video ini audiens akan mengetahui bahwa brand Anda benar- benar real, proses packaging dilakukan dengan baik dan pesanan diproses secara aman. Customer yang awalnya masih ragu- ragu, kini lebih siap untuk bertransaksi dengan brand Anda.

3. Video Tutorial Produk

Video tutorial make up Instagram Story untuk Optimasi Bisnis Online

Selain video BTS, video tutorial produk juga penting. Terutama untuk produk yang menggunakan cara tertentu dalam menggunakanya.

Misalnya saja saat produk Anda adalah kosmetik. Ada banyak variasi kosmetik yang konsumen bisa beli.

Untuk mengatasi keraguan mereka dalam menggunakan dan memilih produk, cobalah membuat video tutorial make up. Tonjolkan perbedaan hasil sebelum dan sesudah Anda menggunakan make up satu dan yang lainnya.

Dengan cara ini, pengguna akan semakin yakin dengan kualitas dari produk Anda.

4. Membuat Polling

Membuat polling di Instagram Stories bukan untuk tujuan iseng semata. Polling adalah salah satu cara untuk membangun dan meningkatkan engagement dengan audiens.

Polling membuat audiens merasa terlibat. Mereka akan merasa dekat dengan brand Anda, sehingga selangkah lebih dekat untuk menjadi konsumen loyal Anda.

5. Membuka Sesi Q&A

Sama seperti polling, sesi Q&A juga menjadi cara lain untuk membangun dan meningkatkan engagement. Sesi Q&A juga berarti brand Anda membuka diri untuk menerima pertanyaan dan keragu- raguan audiens.

Dari jawaban yang masuk, jangan lupa untuk mereply pertanyaan mereka di Story ya. Ini akan membuat mereka tahu bahwa pertanyaan mereka telah terjawab.

Saat berhasil memecah keraguan mereka dan berhasil menjawab setiap pertanyaan dengan baik, brand Anda semakin memenangkan kepercayaan calon konsumen. Sudah pernahkah Anda melakukan sesi Q&A ini?

6. Milestone untuk Social Proof

Merayakan milestone di Instagram Story untuk social proof

Setiap milestone layak untuk kita rayakan bersama- sama. Dan tentu saja, story menjadi salah satu media untuk menggembar- gemborkan milestone Anda.

Misalnya saja saat follower sudah mencapai 100.000 atau Pre Order mencapai 10.000. Tentu ini menjadi social proof yang layak Anda gaungkan di feed dan story Instagram.

Social proof adalah bukti untuk audiens bahwa brand Anda kredibel, berkualitas dan layak untuk menjadi rujukan mereka.

7. Optimalkan Konten Video

Image awal Instagram mungkin memang platform untuk berbagi foto. Namun semua berubah sejak Instagram diakuisisi Facebook.

Kini ada banyak konten video bertebaran di Instagram. Bukan hanya di bagian feed saja, namun juga IGTV dan Insta Story.

Selain itu, video memang konten dinamis yang menarik untuk audiens. Jadi, dengan turut mengoptimalkannya di story, Anda akan semakin menarik perhatian audiens.

8. Buat Cover Menarik dari Highlight Instagram Story

Optimasi Cover Instagram Story

Jangan lupa, jika akun Anda adalah Instagram bisnis, Anda bisa meng-highlight setiap story untuk tampil di profil. Caranya adalah dengan membuka story yang telah Anda unggah, lalu klik ‘sorot’.

Nah, fitur ini bisa Anda gunakan untuk menyorot story yang menurut Anda penting dan perlu follower Anda ketahui. Dengan fitur highlight, follower mengetahui bahwa ada konten penting yang bisa mereka akses dengan mudah.

Nah, agar highlight ini terlihat menarik, jangan lupa untuk menambahkan cover. Caranya dengan mengakses story yang sudah kita highlight di bawah profil, tap agak lama, dan pilih edit. Masukkan judul dan klik Edit Sampul untuk memperbarui cover highlight.

9. Mengoptimalkan Fitur Swipe Up

Mengoptimalkan fitur Swipe up Instagram Story

Jika follower sudah banyak, Anda bisa memanfaatkan fitur swipe up untuk mengarahkan follower mengunjungi halaman website Anda. Atau, Anda bisa mendapatkan fitur ini melalui Instagram Ads.

Melalui fitur swipe up di story, pemilik bisnis bisa memperoleh banyak trafik dari media sosial ke landing page website. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengarahkan audiens untuk menghasilkan konversi di website.

Kesimpulan

Instagram Story untuk bisnis online tidak melulu berkaitan dengan promosi produk secara terus menerus. Karena kenyataannya, jika Anda melakukan ini saja, audiens Anda akan kabur karena jengah.

Berilah mereka jeda. Beri audiens Anda kesempatan untuk mengenal brand Anda lebih dekat dan mempercayai brand lebih dulu. Untuk memenuhi hal ini, cobalah style komunikasi dinamis di akun Instagram Anda.

Deretan tips di atas membuat brand Anda tampil dinamis karena memberi lebih banyak value dari sekedar jualan produk. Audiens akan merasa lebih dekat, dan ujung- ujungnya pasti berdampak positif untuk bisnis online Anda.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   7+ Tips Berjualan di Media Sosial dengan Cara Sederhana tapi Efektif
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x