Mengetahui cara mempercepat internet akan sangat bermanfaat untuk pengguna. Karena tidak bisa kita pungkiri, hampir semua aktivitas kita saat ini berkaitan dengan koneksi internet. Selain mengutamakan koneksi yang aman, kecepatan adalah faktor penting agar aktivitas bisa berjalan lancar.

Sayangnya, tidak jarang masalah internet lemot menghampir pengguna di saat- saat penting. Saat sedang melakukan riset, mengunggah konten, atau melakukan pekerjaan produktif lainnya. Hal ini bisa membuyarkan konsentrasi begitu saja, dan kita juga bisa kehilangan ide- ide menarik yang muncul dan siap dieksekusi.

Penyebab Koneksi Internet Lemot

Sebelum mengetahui cara mempercepat internet, kita perlu mengetahui lebih dulu apa saja penyebab koneksi internet yang kita gunakan lemot. Apakah memang masalah berasal dari jaringan atau ada gangguan dari device kita?

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan koneksi internet terasa lambat : 

1. Kualitas Sinyal

Salah satu penyebab utama dari internet lemot adalah kualitas sinyal. Jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, jarak antara perangkat dan router Wi-Fi, serta adanya gangguan dari dinding atau peralatan elektronik lainnya bisa mempengaruhi kualitas sinyal. Sementara itu, pada koneksi seluler, sinyal yang lemah bisa terjadi karena lokasi geografis atau kepadatan pengguna.

2. Overload Jaringan

Pernahkah kamu mendengar keluhan tentang orang yang kesulitan mendapatkan sinyal internet saat berada di tengah lokasi konser? Bisa dibilang, hal ini cukup umum terjadi.

Saat banyak orang menggunakan internet dalam waktu yang bersamaan di satu area atau jaringan, jaringan bisa menjadi overload. Selain di tempat konser yang memang pengguna jaringannya masif, hal ini juga bisa terjadi di lingkup yang lebih kecil seperti perkantoran.

Semakin banyak pengguna di waktu yang bersamaan di satu area atau jaringan, maka permintaan semakin tinggi. Hal ini akan membuat kecepatan internet menurun drastis karena kapasitas jaringan tidak mampu menampung semua permintaan.

3. Perangkat yang Tidak Optimal

Selain dua hal di atas, perangkat yang kita gunakan untuk mengakses internet juga bisa mempengaruhi kecepatan koneksi. Misalnya, laptop atau smartphone yang sudah tua atau memiliki spesifikasi yang rendah mungkin tidak mampu mengakses internet dengan optimal.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi di Laptop/ PC

Di tips pertama, Panda akan memberikan tips cara mempercepat internet Wifi di perangkat laptop yang kamu gunakan. Cara cukup mudah karena kamu perlu melakukan beberapa konfigurasi di dalam laptop atau PC saja.

Berikut langkah- langkah mempercepat kecepatan internet di laptop atau PC : 

1. Melakukan Reset Jaringan & Flushing DNS

Langkah pertama untuk mempercepat koneksi internet di laptop atau PC adalah melakukan reset jaringan dan flush DNS. Flush DNS sendiri merupakan perintah yang kita gunakan untuk mereset cache DNS client (laptop/komputer).

Lewat flush DNS, DNS client dapat menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi pada sebuah domain, name server dan data terbaru lainnya. Setelah proses ini, biasanya kamu dapat mengembalikan stabilitas koneksi internet yang sebelumnya sempat terganggu.

Cara reset network dan flush DNS : 

Baca Juga :  5 Aplikasi Download Video Instagram Terbaik untuk Android
Cara Melakukan Flush DNS di Windows
  • Save
  • Akses Command Prompt lewat menu Run dengan cara tekan tombol Windows + R dari keyboard.
  • Ketik teks cmd dan tekan OK atau Enter.
  • Setelah Command Prompt muncul, ketik ‘ipconfig /flushdns’ lalu Enter.
  • Beberapa saat kemudian kamu akan mendapatkan informasi bahwa proses flush berhasil dilakukan seperti ini : 
  • Tutup Command Prompt dan coba kembali akses internet.

2. Atur Lokasi untuk Mendapatkan Sinyal Wifi yang Kuat

Tidak jarang, koneksi internet lambat karena memang lokasi yang kurang mendukung untuk mendapatkan sinyal. Untuk Wifi, lokasi yang tepat merupakan salah satu hal krusial dalam mendapatkan sinyal berkualitas.

Beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan untuk mendapatkan sinyal Wifi yang baik : 

  • Hindari menaruh router di tempat yang terhalang besi atau tembok.
  • Jika menggunakan repeater sebagai alat penangkap sinyal Wifi dan memancarkannya kembali, letakkan di daerah yang minim sinyal Wifi.
  • Jauhkan router dan laptop/pc dari peralatan- peralatan yang menggunakan bluetooth atau microwave. Sinyal dari peralatan- peralatan ini dapat mengganggu kinerja sinyal Wifi.

3. Mengoptimalkan IRPStackSize

Cara mempercepat internet Wifi selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan nilai IRPStackSize. Secara default, nilai IRPStackSize ini adalah 15, dan kamu dapat mengoptimalkannya hingga 50. Dengan mangatur nilainya lebih tinggi, kamu bisa menikmati kecepatan internet yang lebih optimal.

Berkut cara menambah nilai IRPStackSize di laptop : 

  • Dari Start, masuk ke menu Run, lalu ketik ‘regedit’.
  • Setelah Registry Editor terbuka, akses direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  • Di folder Parameter, klik kanan di file ‘DWORD’ bernama “IRPStackSize”.
  • Jika file tersebut tidak tersedia, buat file DWORD baru dengan cara klik kanan, lalu New > DWORD Value. Beri nama “IRPStackSize” dan perbarui data Value nya dengan angka 50.
  • Klik Ok dan tutup Registry Editor.
  • Restart komputer dan perhatikan apakah koneksi internet menjadi lebih stabil dan cepat dari sebelumnya.

4. Cek Posisi Antena Router

Jangan lupa juga, posisi antena router juga dapat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Oleh sebab itu, pastikan antena router berada dalam posisi berdiri. Dengan posisi ini, router bisa lebih efektif dalam memancarkan sinyal internet ke berbagai perangkat yang kita gunakan.

5. Periksa Kecepatan Internet

Jika beberapa cara di atas masih belum memberi hasil yang memuaskan, cobalah untuk mencari tahu sumber masalah koneksi. Salah satunya dengan cara cek kecepatan internet.

Pasalnya, jika koneksi internet terasa lambat namun sama sekali tidak mendapati masalah di router, bisa jadi penyebabnya adalah provider internet itu sendiri. Dengan melakukan cek kecepatan internet, kamu dapat melihat berapa kecepatan unggah dan unduh yang tersedia sesuai jaringanmu.

6. Menggunakan Router Berkualitas

Jika ternyata koneksi dari provider internet cukup stabil dan cara di atas sudah kamu lakukan, bisa jadi akar masalahnya terdapat pada router yang kamu gunakan. Mungkin saja usia router sudah cukup lama atau router mengalami penurunan performa. Atau bisa juga, perangkat yang kamu gunakan memang perlu diupgrade.

Oleh sebab itu, pastikan kamu menggunakan router berkualitas baik. Jika tidak, mungkin sudah saatnya kamu berinvestasi dengan router baru yang kualitasnya lebih handal untuk memastikan sinyal internet di rumah akan selalu lancar.

Baca Juga :  Di Tahun 2045, Google Ingin Manusia Secerdas Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android

Selain di laptop, kamu juga bisa mempercepat koneksi internet di HP Android. Dengan cara ini, koneksi internet akan lebih stabil untuk kamu gunakan sesuai kebutuhan.

7. Gunakan Operator Seluler Terbaik sesuai Jangkauan Area

Seringkali operator seluler tertentu mempunyai jangkauan yang baik di satu area tertentu, sedangkan operator seluler lainnya mempunyai kualitas jaringan yang lebih buruk. Artinya, dengan memilih operator seluler tercepat dan berkualitas terbaik sesuai jangkauan area akan mempermudah kita untuk mendapatkan koneksi yang optimal.

8. Pastikan Memilih Model Jaringan Tercepat

Selanjutnya, pastikan konfigurasi internet di ponselmu sudah mengutamakan jaringan seluler tercepat. Di jenis jaringan, akan ada opsi pilihan jaringan 2G, 3G, 4G hingga 5G.

Jika kartu seluler sudah mendukung jaringan 5G dan jaringan tersebut tersedia, maka aturlah pilihan jaringan ke jenis jaringan tersebut. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan opsi koneksi tercepat sesuai dengan provider selulermu.

Untuk melakukan konfigurasi ini, masuk ke menu Setting lalu pilih Kartu SIM & Data Seluler. Di bagian pengaturan jaringan, pilih jenis jaringan paling optimal sesuai dengan ketersediaan di smartphone dan provider telepon.

9. Matikan Pembaruan Software Otomatis

Cara mempercepat internet di HP Android selanjutnya adalah dengan mematikan pembaruan software otomatis. Pasalnya, dengan aktifnya fitur ini, kecepatan internet dapat berkurang drastis karena tindakan pembaruan sedang berjalan diam- diam.

Saat proses pembaruan berjalan, proses pengunduhan akan berjalan sehingga koneksi internet HP Android akan terbagi dan membuat akses yang pengguna lakukan berjalan lambat.

Untuk mematikan pembaruan otomatis ini, masuk ke bagian Setting >> Pembaruan Perangkat Lunak, lalu pilih icon konfigurasi di sebelah kanan atas. Selanjutnya, di bagian Unduh Otomatis, pilih opsi ‘Jangan Izinkan’.

Meski begitu, jangan lupa untuk secara berkala melakukan pengecekan terhadap aplikasi yang membutuhkan pembaruan. Dengan pembaruan berkala, tentunya ini juga berdampak pada kinerja dan keamanan aplikasi.

10. Matikan Hotspot atau Tethering 

Tips selanjutnya untuk mempercepat koneksi internet di HP Android adalah dengan mematikan hotspot atau tethering. Fitur hotspot memang memungkinkan pengguna ponsel untuk berbagi koneksi jaringan seluler ke perangkat lain lewat Wifi.

Kendati begitu, saat berbagi internet hotspot, koneksi internet akan terbagi sehingga jaringan menjadi lebih lambat. Untuk itu, hindari untuk sering menggunakan fitur ini, kecuali memang sangat mendesak. Terutama saat kamu membutuhkan internet cepat, kamu sebaiknya mematikan fitur hotspot ini.

11. Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan 

Pernahkah saat kamu sudah tidak menggunakan sebuah aplikasi kemudian kamu beralih ke aplikasi lain begitu saja tanpa menutupnya? Tanpa kamu sadari, aplikasi- aplikasi tersebut masih berjalan di belakang layar dan menjadi beban koneksi internet yang kamu gunakan. Itu juga menjadi salah satu alasan mengapa internet menjadi lemot.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menutup aplikasi secara keseluruhan saat sudah tidak digunakan. Dengan begitu, aplikasi ini tidak akan menjadi beban koneksi internet dan kamu bisa berselancar dengan jaringan yang lebih lancar.

Baca Juga :  Deretan Aplikasi Berbahaya yang Seharusnya Tak Ada di HP Kamu!

12. Hapus Aplikasi dan Widget yang Tak Penting

Tidak cukup menutup aplikasi, untuk meningkatkan kecepatan internet di HP Android, pengguna juga disarankan menghapus aplikasi dan widget yang tidak terpakai. Beberapa aplikasi ini termasuk aplikasi bawaan dan widget yang terus terhubung dengan koneksi internet meski tidak dibuka.

13. Membersihkan Cache HP Android

Cache atau caching adalah teknologi yang membantu proses menyimpanan data sementaras ehingga browser dan aplikasi tidak perlu mengunduh data berulang kali. Cache biasa tersimpan di setiap aplikasi dan kadang penumpukan cache ini bisa menjadi pemicu beberapa gangguan. Hal ini termasuk mengurangi responsivitas HP android dalam mengakses koneksi internet.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk membersihkan cache ini sesuai kebutuhan, atau saat HP mulai terasa lambat. Proses pembersihan cache di setiap ponsel bisa jadi berbeda, namun metodenya kurang lebih sama. Misalnya di ponsel Xiaomi, pengguna bisa membersihkan cache melalui fitur bawaan Phone Manager dan memilih menu ‘Clean Up’ untuk melakukan penghapusan cache.

14. Restart HP

Jika cara- cara di atas belum berhasil, cobalah untuk me-restart HP Android mu. Tindakan ini akan membantu sistem HP yang sempat terkendala mengalami penyegaran kembali.

Untuk melakukan restart HP Android, lakukan dengan menekan tombol power selama beberapa saat, kemudian pilih Restart. Setelah ponsel hidup kembali, cobalah untuk mengakses internet seperti biasa.

15. Memperbarui Firmware atau OS ke Versi Terbaru

Pembaruan sistem operasi (OS) di HP Android tidak hanya berkaitan dengan perbaikan bug atau peningkatan fitur, tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja koneksi internet. Melalui pembaruan OS, produsen seringkali mengimplementasikan perbaikan dan peningkatan dalam manajemen jaringan dan pengoptimalan koneksi data.

Artinya, dengan pembaruan OS, pengguna HP Android dapat mengalami peningkatan kecepatan internet karena adanya peningkatan efisiensi dalam penggunaan jaringan data. Perbaikan dalam manajemen sinyal, peningkatan keamanan, serta optimalisasi protokol komunikasi juga bisa berkontribusi pada peningkatan kinerja koneksi internet.

Kesimpulan

Ada berbagai cara yang dapat kita terapkan untuk mempercepat internet di laptop dan HP Android. Namun sebelumnya, penting sekali untuk mengidentifikasi apa saja penyebab internet berjalan lambat ini. Pasalnya, hal ini tidak melulu berkaitan dengan kualitas sinyal dari provider dan load jaringan, tapi bisa juga karena faktor perangkat yang digunakan.

Untuk mengatasi kendala ini, cobalah berbagai tips yang Panda rangkum untuk mempercepat koneksi internet di perangkat yang kamu gunakan. Mulai dari melakukan riset jaringan, cek lokasi, pemilihan provider sesuai area jangkauan, hingga melakukan pembaruan firmware atau OS.

Semoga dengan tips di atas, kamu dapat mengatasi masalah internet lemot dan kembali berselancar dengan aman ya!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap