Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan.

Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan penyedia layanan internet (ISP) biasanya melakukan pembatasan akses ke situs tertentu. Alasannya mulai dari jenis konten yang ilegal, tidak pantas, atau kontroversial sesuai dengan kebijakan di sebuah negara.

Mengapa Ada Situs yang Diblokir?

Beberapa situs yang kerap menjadi korban pemblokiran antara lain adalah situs perjudian, pornografi, torrent ilegal, dan situs yang terkait dengan aktivitas hacking atau pelanggaran hak cipta. Selain itu, situs berita atau media sosial tertentu juga dapat diblokir di beberapa negara karena alasan politik atau sensor.

Pemblokiran situs web biasanya dilakukan dengan memperbarui daftar alamat IP atau domain yang diblokir pada server DNS atau firewall jaringan. Namun, tindakan ini dapat membatasi kebebasan informasi dan menghalangi akses ke konten yang mungkin sah dan berguna bagi pengguna.

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Meski kita mengetahui sebuah situs diblokir karena alasan tertentu, tidak jarang ada situs penting yang sebenarnya kita butuhkan aksesnya. Jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk membuka jenis situs ini.

1. Menggunakan VPN

Virtual Private Network, atau VPN adalah layanan yang menyediakan akses internet aman dan privat dengan membuat koneksi terenkripsi dari perangkat ke server VPN. Saat menggunakan VPN, lalu lintas internet akan disembunyikan dari penyedia layanan internet (ISP) dan situs web yang pengguna kunjungi. Dengan cara ini, kamu bisa membuka situs yang diblokir dengan aman.

Cara menggunakan VPN sangat mudah. Pertama, kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasi VPN. Ada banyak aplikasi VPN di internet yang bisa kamu gunakan secara gratis maupun berbayar.

Setelah terinstal, kamu bisa menjalankan aplikasi VPN dan memilih lokasi server yang kamu inginkan. Saat aplikasi berjalan, koneksi internet yang kamu gunakan akan dienkripsi dan diarahkan melalui server VPN tersebut, sehingga kamu bisa mengakses situs yang diblokir.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir Tanpa VPN di Android & iOS

2. Menggunakan Proxy Web

Proxy web adalah merupakan layanan yang bertindak sebagai perantara antara perangkat yang kamu gunakan dengan situs web yang ingin kamu akses. Saat menggunakan proxy web, permintaan dalam mengakses situs web tertentu akan diteruskan melalui server proxy terlebih dahulu.

Selanjutnya, permintaan akan diteruskan ke situs web tujuan. Dengan cara ini, alamat IP yang kamu gunakan akan tersembunyi, dan situs web hanya akan melihat alamat IP dari server proxy.

Untuk menggunakan layanan proxy web, kamu bisa mengunjungi situs-situs proxy web seperti HideMyAss, KickAssy, atau HideIPVPN. Setelah masuk ke situs proxy, kamu cukup memasukkan URL situs yang ingin kamu akses, dan layanan proxy akan membuka situs tersebut.

Dengan menggunakan proxy web, kamu dapat mengakses situs-situs yang diblokir dengan mudah. Meski begitu, perlu diingat bahwa proxy web tidak selalu menjamin privasi dan keamanan sepenuhnya. Oleh sebab itu, perlu kehati- hatian dalam menggunakannya.

3. Menggunakan Tor Browser

Tor (The Onion Router) browser merupakan peramban gratis dan bersifat open source yang memungkinkan seseorang untuk menjelajah internet secara online. Browser ini berjalan dengan menyamarkan identitas online lewat pemberian beberapa lapisan enkripsi dari trafik. Dengan cara ini, layanan online tidak dapat melacak aktivitas browser atau mengidentifikasi lokasi pengguna.

Untuk menggunakan browser ini, kamu perlu mengunduh dan menginstal perangkat lunak Tor Browser terlebih dahulu. Setelah terinstal, kamu bisa mulai menggunakan peramban ini seperti peramban pada umumnya. Setelah itu, secara otomatis Tor browser akan mengarahkan lalu lintas internet melalui jaringan Tor, menyembunyikan alamat IP dan lokasi pengguna.

Meski bermanfaat untuk melindungi privasi dan membuka situs yang diblokir, Tor Browser juga mempunyai beberapa resiko. Salah satu keluhan yang sering pengguna sampaikan adalah kecepatan browsing yang lebih lambat karena lalu lintas web melewati banyak node.

4. Menggunakan Alamat IP Website

Setiap situs web mempunyai alamat IP yang unik. Jika kamu mengetahui alamat IP dari situs yang diblokir, kamu dapat mengaksesnya langsung tanpa perlu memasukkan URL.

Baca Juga :  Tiru Telegram, WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Hapus Pesan Otomatis

Cara mengakses website melalui alamat IP adalah sebagai berikut :

  • Cari tahu alamat IP dari situs yang ingin kamu tuju dengan menggunakan layanan seperti WhatIsMyIPAddress. Kamu juga bisa mengetahui tips ini lebih lanjut di artikel Panda sebelumnya tentang cara mengetahui alamat IP website.
  • Salin alamat IP yang ditampilkan.
  • Buka browser Anda dan masukkan alamat IP tersebut di bilah alamat. Misalnya, http://192.168.1.100.
  • Tekan Enter, dan situs akan tampil menggunakan alamat IP-nya.

Tips ini sangat berguna jika kamu ingin mengakses situs yang diblokir berdasarkan URL atau nama domain saja. Kendati begitu, beberapa situs juga mungkin diblokir berdasarkan akses alamat IP juga. Dalam kasus ini, kamu perlu mencoba menggunakan metode lain untuk mengakses situs diblokir tersebut.

5. Gunakan Metode Google Translate

Selain cara- cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan situs Google Translate untuk membuka situs yang terblokir. Fitur ini sebenarnya berguna untuk menerjemahkan situs web ke dalam bahasa lain, tetapi kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengakali blokir situs dan mengakses informasinya.

Langkah- langkahnya adalah sebagai berikut :

Menggunakan Google Translate untuk Mengakses Situs yang Diblokir
  • Save
  • Buka situs Google Translate dan pilih tab “Websites”
  • Pada kolom teks sumber, masukkan URL situs yang diblokir.
  • Tentukan bahasa sumber dan bahasa tujuan (Anda dapat menggunakan bahasa apa saja).
  • Klik tombol “Terjemahkan”.

Selanjutnya, Google akan menampilkan tampilan web versi terjemahan dari situs yang diblokir. Meskipun kontennya mungkin tampak aneh karena menggunakan terjemahan otomatis, setidaknya pengguna dapat mengakses situs tersebut. Cara ini sangat berguna jika situs yang diblokir menggunakan deteksi IP atau lokasi tertentu.

6. Menggunakan DNS Alternatif

DNS (Domain Name System) adalah layanan yang mengonversi nama domain (misalnya, google.com) ke alamat IP yang dapat mudah komputer baca. Dengan menggunakan DNS, pengguna akan mudah dalam mengakses situs web dan layanan online lainnya.

Kendati begitu, tidak jarang penyedia layanan internet (ISP) memblokir akses ke situs tertentu. Untuk mengakalinya, pengguna dapat menggunakan DNS publik alternatif.

Baca Juga :  Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC, Ternyata Gampang!

Penggunaan DNS publik alternatif ini sendiri bertujuan untuk menghindari pemblokiran situs dengan mengalihkan permintaan DNS pengguna dari DNS ISP ke server DNS lain yang tidak memblokir situs tersebut.

Beberapa DNS publik populer yang dapat kamu coba adalah :

  • Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4)
  • Cloudflare DNS (1.1.1.1 dan 1.0.0.1)
  • OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220)
  • Quad9 DNS (9.9.9.9 dan 149.112.112.112)

Untuk menggunakan DNS publik ini, pengguna perlu mengkonfigurasi pengaturan jaringan di perangkat dan menggantinya dengan alamat DNS publik yang akan digunakan. Cara melakukannya bervariasi tergantung pada sistem operasi dan perangkat yang Anda gunakan, tetapi pada umumnya melibatkan pengaturan jaringan atau kontrol panel router.

7. Menggunakan Layanan Pembuka Arsip Internet

Terakhir, cara membuka situs yang diblokir yang dapat kamu coba adalah memanfaatkan layanan website arsip internet. Misalnya saja menggunakan Wayback Machine.

Wayback Machine merupakan layanan situs web yang menyimpan versi arsip dari berbagai situs web di seluruh dunia. Saat kamu tidak bisa mengakses sebuah situs karena batasan tertentu atau pemblokiran, kamu bisa mengakses versi arsip web tersebut di Wayback Machine. Dengan begitu, kamu masih bisa mengakses konten tersebut meskipun situsnya sudah tidak aktif.

Kesimpulan

Beberapa situs diblokir oleh pemerintah atau ISP karena beberapa alasan tertentu. Sayangnya, tidak jarang situs- situs tertentu yang bermanfaat juga turut menjadi korban. Jika memang kamu perlu untuk mengaksesnya, jangan khawatir karena ada trik untuk mengakalinya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk membuka situs yang diblokir pemerintah dan ISP. Kamu bisa menggunakan aplikasi VPN, proxy web, tor browser hingga beberapa trik ampuh seperti dns dan akses melalui wayback machine.

Dengan beberapa cara di atas, mengakses situs yang terblokir bukan lagi hal yang sulit. Semoga bermanfaat!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap