Pernahkah Anda begitu ingin mengetahui alamat IP dari sebuah website? Misalnya saat Anda ingin mengetahui IP dari website kantor atau website yang Anda temui saat berselancar di internet.

Dan tentu saja, hal ini cukup mudah untuk dilakukan. Ada beberapa tools dan metode yang memungkinkan kita untuk mengetahui alamat IP sebuah website atau domain.

Apa itu Alamat IP/ IP Address?

Alamat IP alias IP Address adalah sebuah identitas angka yang digunakan semua perangkat komputer untuk saling terhubung dalam jaringan internet. IP Address sering kita sebut juga sebagai seperangkat aturan yang mengatur kegiatan internet dan membantu memberi fasilitas dalam menyelesaikan tindakan di internet.

IP Address terdiri dari serangkaian angka yang dipisah- pisahkan dengan tanda titik. Angka ini terbagi ke dalam empat kelompok. Setiap kelompok angkat terdiri dari 1 hingga 3 digit angka. Setiap angka dalam kelompok ini berkisar antara 0 hingga 255. Contohnya adalah alamat IP 192.148.36.1.

Di sebuah IP Address terdiri dari dua bagian, yaitu Host ID dan Network ID. Host ID adalah bagian dari alamat IP yang merujuk pada identitas perangkat dalam jaringan. Host ID terletak di bagian angka yang terakhir.

Sedangkan Network ID merupakan bagian dari alamat IP yang memberitahu dimana jaringan itu aktif. Dalam serangkaian alamat IP, Network ID ditunjukkan dengan 3 angka di awal.

Dalam analogi sederhana, kita bisa menggambarkan Network ID sebagai perumahan dimana Host ID adalah nomor- nomor rumah yang ada di perumahan tersebut.

IP Address ini juga bisa kita temukan dalam domain- domain website. Karena sebenarnya, website tanpa domain adalah sekumpulan IP Address. Dengan identitas domain, IP Address menjadi lebih mudah diingat karena mempunyai nama yang lebih mudah terlihat.

Baca Juga :  WhatsApp Bersiap untuk Perubahan Radikal, Simak Bocorannya

Mengenal Jenis- jenis IP Website

Untuk lebih memahami tentang IP website, sobat Panda dapat mengetahui jenis- jenis alamat IP berikut ini : 

1. Alamat IP Pribadi (Private IP Address)

Private IP Address merupakan perangkat milik perseorangan yang terhubung ke jaringan internet. Contohnya adalah smartphone, tablet, komputer dan semua perangkat yang operasinya didukung oleh bluetooth, seperti printer, speaker, dan smart TV.

Seiring bertumbuhnya internet, jumlah alamat IP pribadi yang setiap rumah tangga miliki juga ikut bertumbuh. Sehingga, router juga memerlukan cara untuk mengidentifikasi item ini secara terpisah, dan banyak item membutuhkan cara untuk mengenal satu sama lain.

Oleh karena itu, router akan menghasilkan IP address pribadi yang merupakan alat identifikasi unik untuk setiap perangkat yang membedakannya di jaringan.

2. Alamat IP Publik (Public IP)

Selain private IP, ada juga public IP. Public IP merupakan alamat utama yang terkait dengan seluruh jaringan dari semua perangkat. Meski setiap perangkat yang terhubung mempunyai alamat IP sendiri, pada dasarnya mereka juga termasuk ke dalam satu IP address utama.

Public IP Address ini sendiri kemudian dibagi lagi ke dalam beberapa jenis IP, yaitu IP Address Dinamis dan juga IP Address Statis.

Apa bedanya alamat IP dinamis dan alamat IP statis? Simak di bawah ini ya : 

2.1 Alamat IP Dinamis

Sesuai namanya, alamat IP dinamis bisa berubah- ubah secara otomatis secara berkala. Dalam kasus ini, penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider) biasanya sudah membeli sejumlah besar alamat IP dan mengalokasikannya dalam urutan tertentu untuk berkala.

Secara berkala, sistem akan mengalokasikan alamat IP dan menempatkan IP kembali untuk digunakan ke kumpulan IP sehingga nantinya bisa klien lain gunakan secara bergantian.

Baca Juga :  Bye! Jutaaan HP Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Selamanya

2.2 Alamat IP Statis

Kebalikannya dengan IP dinamis, alamat IP statis bersifat statis alias konsisten. Setelah jaringan memberi alamat IP, alama ini akan terus sama dan tidak berubah.

IP Address yang bersifat statis ini dibutuhkan oleh organisasi bisnis yang ingin menghosting server jaringannya. Dengan situs dan alamat email yang terhubung dengan IP address yang konsisten, maka keamanannya lebih terjamin.

Cara Mudah Cek Alamat IP Website

Lantas bagaimana cara cek alamat IP website? Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui IP address sebuah website dengan mudah. Simak beberapa tips berikut ini ya!

1. Cara Cek Alamat IP Website dengan Command Prompt (Windows, Linux, Mac)

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk cek IP address website adalah dengan command prompt di sistem operasi. Tidak butuh keterampilan khusus untuk melakukan ini dan hanya membutuhkan beberapa langkah.

1.1 Cek IP Address dengan Command Prompt di Windows

  1. Buka Command Prompt di Windows
  2. Ketik format : ping+alamat website+huruf “t”. Ganti tanda ‘+’ dengan spasi di setiap bagian perintah.
  3. Enter
Cara mencari alamat IP website dengan Command Prompt
  • Save

1.2 Cek IP Address dengan Network Utility di Mac

  1. Buka Network Utility di Mac
  2. Klik di bagian “Traceroute” dan masukkan alamat website.
  3. Enter

1.3 Cek IP Address dengan Command Shell di Linux

  1. Buka Command Shell di Linux
  2. Ketik format : ping+alamat website. Ganti tanda ‘+’ dengan spasi di setiap bagian perintah.
  3. Enter


Sangat mudah, kan?

2. Cara Cek Alamat IP Website dengan Website IP Checker Tools

Selain dengan command prompt, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencari IP standar dan reverse. Yang tidak kalah mudahnya adalah dengan tool website IP checker.

Ada banyak situs dan tool yang berguna sebagai website IP checker. Berikut beberapa layanan pemeriksa alamat IP website populer yang Panda rekomendasikan : 

Baca Juga :  Saat “Bapak Internet” Membocorkan Dua Kelemahan Besar Internet

2.1 WhatIsMyIpAddress.com

Tool pertama yang bisa Anda gunakan untuk menemukan alamat IP website adalah WhatIsMyIpAddress. Cara cek alamat IP website dengan WhatIsMyIpAddress sangat mudah.

Di bagian Homepage, Anda bisa masuk ke menu Tools, dan pilih sub menu Hostname Lookup. Setelah laman Hostname Lookup muncul, masukan alamat domain di kotak pencarian, lalu tekan tombol “Lookup IP Address”.

Dalam sekejap, Anda akan mendapatkan informasi alamat IP dari domain yang dicari.

2.2 DNS Checker

Tool selanjutnya yang bisa sobat Panda gunakan untuk mencari alamat UP website adalah DNSChecker.org. Saat masuk ke Homepage, Anda bisa langsung memilih menu All Tools, dan pilih “IP Address Lookup – IP Location Finder”.

Setelah masuk ke laman ini, masukan alamat situs yang ingin Anda cari lalu tap Enter. Dalam beberapa detik, DNSChecker akan menampilkan alamat IP website. 

Menelusuri IP address website dengan DNSChecker
  • Save


Selain Whatismyipaddress.com dan DNSChecker.org, ada beberapa tool serupa dengan fungsi yang mirip. Sebagai alternatif, tool sejenis yang dapat Anda gunakan antara lain : 

  • Ipku.in
  • Who.is

Kesimpulan

Setiap situs web mempunyai alamat IP yang bisa diakses melalui internet. Dengan alamat IP ini, kita bisa mengidentifikasi lokasi website atau si pemilik situs.

Ada beberapa metode berbeda yang bisa kita gunakan untuk menelusuri alamat IP website. Dan bisa dibilang, hampir semua metode ini bisa kita gunakan dengan sangat mudah, tanpa keahlian khusus.

Sudahkah Anda mencoba semua metode? Metode mana yang menjadi favorit Anda?

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap