Home 9 Make Money 9 Selain Jadi Influencer, Ini 10 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

Selain Jadi Influencer, Ini 10 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

oleh | Make Money, Social Media

Cara menghasilkan uang dari TikTok kini menjadi salah satu cara populer untuk mendapatkan cuan tambahan dari internet. Popularitas TikTok memang sangat melesat beberapa tahun belakangan ini. Karena bukan hanya menjadi media hiburan semata, ada banyak peluang menggiurkan yang sangat sayang dilewatkan.

Sama seperti platform lain, pengguna yang mempunyai banyak pengikut di medsos ini akan mempunyai peluang besar untuk menikmati cuan tambahan. Terlebih, Indonesia saat ini merupakan negara dengan pengguna TikTok terbesar di dunia dengan jumlah pengguna mencapai 127.5 juta pengguna, menurut data Oberlo.

Jika kamu adalah seorang tech savvy atau pengguna platform media sosial ini, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan peluang menghasilkan uang dari TikTok ini, kan?

Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok

Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, TikTok menawarkan peluang besar bagi siapa pun yang ingin menghasilkan uang dari internet. Bagi banyak orang, TikTok bukan hanya platform hiburan, tetapi juga alat yang potensial untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk mendapatkan cuan dari TikTok : 

1. Menjadi Influencer TikTok

Influencer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan popularitas yang ia miliki. Dalam dunia media sosial, menjadi influencer merupakan salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang. Hal ini juga berlaku di platform TikTok.

Dengan menjadi influencer TikTok, atau juga dikenal dengan seleb TikTok, kamu bisa bekerjasama dengan berbagai brand untuk mendapatkan uang dengan mempromosikan produk mereka. Terlebih, TikTok juga mempunyai fitur seperti Brand Takeover, Creator Fund, dan Branded Hashtag Challenge, yang memudahkan influencer dalam menghasilkan cuan.

Untuk menjadi seorang influencer di TikTok, kamu perlu membangun basis audiens terlebih dahulu. Kamu bisa memulainya dengan membangun jumlah follower yang signifikan (biasanya minimal 10.000 pengikut), dan mempunyai konten- konten dengan engagement rate tinggi.

Semakin besar basis follower yang kamu miliki, hal ini bisa meningkatkan harga endorsement atau paid promote yang kamu tawarkan. Selain itu, pastikan kamu konsisten dalam menghasilkan konten yang berkualitas dan disukai follower

Baca Juga :  5 Tips Menjadi YouTuber Hits dari Creative Lead Google Indonesia

2. Mengikuti Program Creator Fund

TikTok Creator Fund merupakan program pendanaan yang TikTok luncurkan sejak 2020 silam. TikTok menawarkan Program Creator Fund untuk memberikan insentif kepada pembuat konten yang berkualitas dan populer di platform tersebut.

Setiap pengguna TikTok bisa menghasilkan uang yang bervariasi, tergantung pada tingkat interaksi konten dan jumlah audiens yang mereka miliki. Untuk bisa bergabung dalam program ini, pengguna harus setidaknya mempunyai 100.000 view video dalam 30 hari terakhir.

3. Melakukan Live Streaming dan Menerima Gift dari Penggemar

Mendapatkan gift dari penggemar TikTok
  • Save

Pengguna TikTok pasti familiar dengan fitur live streaming yang tersedia di platform media sosial ini. Dengan fitur live streaming, seorang TikTokers bisa melakukan siaran langsung dan mendapatkan gift dari penonton.

Gift dari penonton bisa bervariatif nilainya, mulai dari yang receh hingga yang cukup mahal. Gift ini kemudian dapat dikonversi menjadi koin, yang nantinya dapat ditarik menjadi uang tunai.

Untuk bisa melakukan live streaming ini, TikTokers harus berusia minimal 16 tahun dan mempunyai setidaknya 1000 pengikut.

4. Menjadi Affiliate Marketer

Ada banyak platform yang menawarkan untuk cuan dengan menjadi affiliate marketer. TikTok adalah salah satunya.

Pertama- tama, kamu perlu mendaftar menjadi TikTok affiliate terlebih dahulu. Setelah diterima, tambahkan produk- produk yang dapat kamu promosikan di platform tersebut. Selanjutnya, buat konten yang mempromosikan produk tersebut dan tambahkan tautan produk. Setiap ada penjualan yang berhasil dari konten promosi mu, kamu akan mendapatkan insentif yang menguntungkan.

5.  Menjalankan Misi Tiktok

Menjalankan misi TikTok untuk mendapatkan koin
  • Save

Cara selanjutnya untuk menghasilkan uang dari TikTok adalah dengan menjalankan misi. Dalam salah satu programnya, TikTok menyediakan misi yang dapat TikTokers ikut untuk mendapatkan cuan tambahan.

Misi ini bisa berupa menonton video hingga mengundang teman untuk bergabung. Dari setiap misi yang berhasil diselesaikan, TikTokers akan mendapatkan koin atau uang tunai.

Baca Juga :  Cara Membuat Status Terjadwal di Facebook Fans Page

6. Menjual Produk Sendiri

Sejak menjelma menjadi social commerce, TikTok menjadi salah satu platform yang efektif untuk menjual produk sendiri. Melalui TikTok Shop, TikTokers dapat menjual baik produk fisik maupun digital.

Cukup mudah untuk mendaftar menjadi penjual di TikTok Shop. Kamu memulainya dengan mengaktifkan fitur TikTok Shopping di bagian Monetization yang terletak di Creator Tool. Setelah TikTok memverifikasi data- datamu, kamu dapat mulai mengkonfigurasi tokomu dan menambahkan produk di akun tokomu.

7. Menawarkan Jasa atau Layanan

Jika mempunyai keterampilan khusus, kamu juga bisa menawarkan jasa atau layanan mu via TikTok. Misalnya saja editing foto, fotografi, jasa admin tiktok hingga konsultasi bisnis.

Untuk bisa meyakinkan audiens, tentunya kamu juga perlu menyajikan konten- konten yang relevan dengan jasa yang ditawarkan. Buatlah beberapa konten demo yang menampilkan keahlianmu, portofolio, hingga testimoni dari pengguna sebelumnya. Jangan lupa untuk sertakan kontak atau tautan website mu di profil TikTok, ya!

8. Menjadi Musisi 

Jika kamu sedang menjajaki karir menjadi seorang musisi atau artis, kamu bisa mempromosikan karyamu melalui TikTok. Bukan rahasia lagi, ada banyak musisi baru yang terkenal karena musiknya banyak digunakan sebagai sounds konten di TikTok.

Selain musisi baru, tidak sedikit juga musisi yang semakin meroket namanya karena lagunya sering digunakan di TikTok. Semakin banyak TikTokers yang menggunakan sounds besutan mu, hal ini semakin menjadi sumber cuan yang menguntungkan.

9. Berkolaborasi dengan Kreator Lain

Berbeda dengan cara- cara di atas yang cenderung langsung menghasilkan uang, kolaborasi dengan kreator lain mempunyai tujuan yang tidak instan. Berkolaborasi dengan kreator lain dapat membantu meningkatkan jangkauan dan pengikut secara bertahap.

Cara ini bisa menjadi trik untuk meningkatkan eksposur profil dan konten, yang pada gilirannya dapat meningkatkan follower TikTok, engagement rate dan peluang monetisasi.

Untuk menjalankan trik ini, kamu perlu menemukan kreator dengan niche yang sejenis. Selanjutnya, buatlah konten kolaboratif yang menarik dan relevan untuk audiens.

Baca Juga :  21 Langkah Menggunakan Instagram, Basic to Expert

10. Menjual Akun TikTok

Menjual akun TikTok
  • Save

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan berternak akun dan menjualnya. Mulailah dengan membangun akun dari kecil hingga besar, kemudian menjualnya kepada orang lain.

Bisnis ini terbilang unik, tapi tetap mempunyai pangsa pasar tersendiri. Pasalnya, tidak semua orang mau membangun akun dari nol. Terlebih jika akunmu sudah mempunyai jumlah follower yang lumayan dan mempunyai engagement rate tinggi. Bisa dipastikan harga akunnya juga akan mengikuti.

Ingin Mendapatkan Uang dari TikTok? Kapan Waktu Terbaik Memulainya?

Jika kamu tertarik untuk menghasilkan uang dari TikTok, waktu terbaik untuk memulainya adalah sekarang. Dengan popularitas TikTok yang terus meningkat, semakin cepat kamu memulai, semakin besar peluang mu untuk membangun audiens dan menghasilkan pendapatan.

Mulailah dengan memahami algoritma TikTok, membuat konten berkualitas tinggi, dan berinteraksi dengan pengikut secara konsisten. Dengan cara ini, kamu akan secara konsisten berprogres dalam membangun basis audiens, hingga akunmu nanti siap untuk proses monetisasi.

Kesimpulan

Beberapa tahun terakhir, TikTok telah menjadi platform media sosial yang digemari banyak orang. Bahkan lebih dari itu, TikTok juga menjelma menjadi platform monetisasi dan social commerce yang memberikan banyak peluang untuk para TikToker mendulang penghasilan.

Menghasilkan uang dari TikTok memerlukan kreativitas, konsistensi, dan pemahaman tentang cara kerja platform ini. Dengan mengikuti beberapa cara yang telah dibahas di atas, kamu dapat memaksimalkan peluang untuk mengubah hobi menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan.

Yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk selalu mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di TikTok serta menjaga keaslian dan kualitas konten mu. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap