Type to search

Sains & Technology

Cara Mudah Membuat Email di Yahoo, Gmail dan Outlook

Tutorial membuat email gmail, yahoo mail, dan outlook

Email atau electronic-mail ( surat elektronik ) adalah sebuah fasilitas yang menjadi salah satu kontak penting untuk setiap orang di era modern. Email ini dapat kita baca melalui perangkat komputer, smartphone, laptop atau tablet, dengan menggunakan koneksi internet.

Mempunyai email menjadi penting karena pendaftaran di situs web biasanya membutuhkan email sebagai salah satu akses login ke akun terhubung kita. Dengan mempunyai email, akses kita ke website manapun atau ke akun media sosial akan menjadi super mudah.

Membuat Email itu Mudah

Proses pembuatan email itu sangat mudah. Bahkan saking mudahnya, anak- anak SMP pun kini bisa membuat email hanya dengan melihat satu sesi tutorial membuat email saja.

Untuk membuat email, kita perlu mendaftarkan diri di platform penyedia email. Beberapa platform penyedia email gratis dan yang populer digunakan antara lain adalah Gmail (Google Mail), Yahoo, dan juga Hotmail / Outlook.com (Microsoft.com). Di artikel ini, Panda Gila akan memaparkan tutorial membuat email gratis di tiga platform berbeda.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Cara Mudah Upgrade Kartu SIM Lama ke 4G Telkomsel

Cara Membuat Email Gratis di Google ( Gmail )

Gmail adalah layanan email terpopuler di dunia. Dengan satu akun gmail saja, Anda akan mempunyai akses untuk masuk ke produk layanan Google lainnya, seperti YouTube, Google Adsense, Google Webmaster, Analytic, Blogger dan masih banyak lagi.

  1. Masuk ke situs Google Mail atau klik disini.
    Tutorial membuat email di Gmail/ Google Mail
  2. Klik tombol “Create Account” atau “Buat akun” yang terletak di bawah kotak sign-in atau di sebelah kanan atas halaman Google mail.
  3. Isi kolom- kolom yang tersedia pada halaman pengisian data sesuai dengan identitas Anda, klik  “berikutnya”.
  4. Di halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomer ponsel Anda untuk proses verifikasi, klik berikutnya dan masukkan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda.
  5. Selanjutnya masukkan data- data lainnya yang diminta, seperti tanggal lahir, current email address/ alamat email saat ini (isi dengan alamat email yang sudah kita miliki), dsb.
  6. Centang kolom persetujuan terhadap persyaratan dan kebijakan dari Google ( I agree to the …. / Saya menyetujui … ), lalu klik tombol “Berikutnya”
  7. Setelah step tersebut, Anda sudah berhasil membuat email Anda dengan Gmail. Anda bisa meng-update foto profile email dengan cara klik icon foto profile, kemudian ‘Upload’ foto yang ingin Anda jadikan sebagai foto profil.
    Mengganti foto profil di Gmail
  8. Done! Akun email Anda di Google siap digunakan. Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.
Artikel Menarik Lainnya :   Cita- cita Asli Bill Gates Sebelum Terkenal dan Menjadi Seorang Miliarder

Cara Membuat Email Gratis di Yahoo Mail

Selain Gmail, layanan email gratis dari Yahoo juga sangat popular dan digemari. Meski Yahoo sudah tumbang, namun Yahoo mail masih banyak digunakan hingga saat ini.

  1. Kunjungi situs Yahoo mail dan klik Sign Up.
    Tutorial mendaftar email di Yahoo
  2. Masukkan data diri sesuai dentitas yang Anda miliki, seperti nama, alamat email yang diinginkan, kata sandi, no ponsel, tanggal lahir, dan gender.
    Tutorial mendaftar email di Yahoo
  3. Masukkan kode verifikasi sesuai dengan kode yang tersedia, lalu klik “Kirim kode” dan dilanjutkan dengan memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan Yahoo ke nomer ponsel kita.
  4. Selesai! Kini Anda telah resmi memiliki sebuah akun email di Yahoo.
  5. klik “Persiapan Awal” untuk masuk ke halaman email Anda.
Artikel Menarik Lainnya :   Apakah Bill Gates Pernah Menyesal Karena Selamatkan Apple?

Cara Membuat Email Gratis di Hotmail/ Outlook

Layanan email gratis di Hotmail/ Outlook ini disediakan oleh perusahaan raksasa di bidang teknologi, yaitu Microsoft.com. Dibandingkan dengan Gmail dan Yahoo mail, Hotmail memang kalah popular. Namun demikian, provider email ini juga banyak digunakan orang sebagai alternatif email gratis lainnya.

  1. Kunjungi situs Outlook.com, lalu klik ‘Create Free Account’
    Tutorial membuat email di Microsoft Outlook
  2. Masukkan alamat email yang Anda inginkan, lalu klik ‘Next’
  3. Masukkan data password, lalu klik ‘Next’
  4. Sama seperti saat membuat akun email di Google dan Yahoo, kini  tugas Anda adalah mengisi kolom- kolom data sesuai dengan identitas Anda secara bertahap (klik Next sampai data terakhir yang diminta)
  5. Di akhir pengisian data, klik ‘Create Account’
  6. Selesai! Kini Anda memiliki sebuah aku email gratis di Hotmail/ Outlook.
  7. Klik tombol “Continue to inbox” untuk melihat halaman email Anda.

Sangat mudah sekali, bukan? Selamat karena sekarang Anda sudah mempunyai alamat email yang bisa Anda gunakan sebagai akses ke berbagai macam website dan media sosial. Semoga bermanfaat!

Tags:

2 Comments

  1. Panda Gila Jan 25, 2016

    4.5

  2. RK Mei 15, 2016

    4.5